Feb 14, 2011

Jejaring Sosial Buatan Anak SMP Salingsapa.com

Jejaring Sosial Buatan Anak SMP Salingsapa.com


Setelah melihat berita di televisi dan memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung, saya langsung tertarik ingin mengulas siapa pembuat jejarig sosial Salingsapa.com ini. Walaupun banyak situs-situs pertemanan yang sudah muncul dan banyak yang tenggelam lagi tapi situs pertemanan ini menarik karena yang buat adalah seorang anak SMP Sekolah Alam Bandung kelas 1 namanya Muhammad Yahya Harlan. Anak ini memang tidak terlepas dari pengaruh seorang ayah yang lulusan Arsitek ITB yakni Yan Harlan. Sejak usia 2 tahun, Yahya memang menyukai komputer. dan juga suka akan robot.

Salingsapa.com adalah situs yang dibuat atas dasar kewajiban Islam untuk bersilaturahmi. Banyak silaturahmi banyak rezeki, dan SalingSapa bertujuan untuk membantu mempermudah itu. Kelebihan SalingSapa adalah memiliki berbagai konten islami, seperti fitur Al-Quran (di fitur ini kita bisa dipandu agar membaca Al-Qur’annya baik dan benar), fitur khazanah (fitur ini berisi tentang dakwah islami), dan fitur radiosalingsapa (radio yang berisikan siaran islami).

SalingSapa ini memang terlihat seperti facebook, karena memang situs ini dibangun untuk memberikan alternatif media social network kepada muslimin dan muslimat untuk menggunakan sarana pertemanan/jejaring sosial milik sendiri. SalingSapa.com yang dirilis pada 1 Muharram 1423 H atau 7 Desember 2010 ini memang masih dalam tahap pengembangan (development) namun sudah diakses lebih dari 46 negara, seperti Amerika Serikat, Belanda, Norwegia dan Malaysia, dengan hit 3.620.000-an saat penulis mendaftar dan telah memiliki lebih dari 6.000-an member.

SalingSapa memiliki server sendiri di Jakarta sehingga bisa diakses dengan lebih cepat (untuk melihat/mengunggah foto atau naskah. Khusus video masih menumpang di Youtube) dan memiliki kontrol penuh dalam hal data member, serta konten yang di-upload. Konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam jelas akan bisa dihilangkan dengan mudah.


Dikutip dari Indonesiaproud.wordpress.com, Sekalipun baru berusia 6 tahun, di SalingSapa boleh mendaftar. Beda dengan Facebook yang membatasi usia pendaftar, dimana anak-anak yang ingin punya account di facebook ‘terpaksa’ harus berbohong mengenai usia ketika melakukan registrasi. SalingSapa.com ini akan terus dikembangkan sehingga bisa menjadi situs silaturrahmi yang menarik, dan para pengakses SalingSapa mendapat manfaat yang banyak dari sisi pencerahan spiritual, mengkaji ilmu agama, dan bertukar fikiran dengan para sahabat. Salut untuk karya anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia.

Jejaring Sosial Buatan Anak SMP Salingsapa.com
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon