Sep 19, 2011

Layanan Terpopuler Ketika Mengakses Internet

Layanan Terpopuler Ketika Mengakses Internet


Hampir setiap hari kita selalu terintegrasi dengan yang namanya “internet”. Baik melalui PC, tablet PC, notebook/netbook, smartphone atau handphone. Seperti makan sayur tanpa garam hidup tanpa internet atau bahasa anak mudanya “mati gaya” sehari tidak mengakses internet. Nah tahu kah anda bahwa di Indonesia jumlah pengguna internet sudah mencapai lebih dari 25 juta orang atau 10,5 % populasi Indonesia. Dari jumlah tersebut pengguna internet paling dominan di Indonesia berasal dari kalangan remaja yang berusia antara 15 - 19 tahun sebanyak 64 %.

Apa saja sih layanan yang terpopuler atau yang banyak digunakan ketika mengakses internet di Indonesia. Berikut daftarnya :

Pertama, Social Networking yaitu jejaring sosial atau komunitas secara online dimana antar individu dapat saling berbagi konten seperti informasi personal, foto, video, musik dan saling memberi komentar. Di Indonesia layanan sosial media paling populer adalah Facebook dan twitter.

Kedua, Searching yakni kegiatan dalam rangka mencari arti, atau artikel yang ingin diketahui oleh pengguna internet. Di Indonesia layanan di mesin pencari yang paling sering digunakan adalah Google dan Yahoo.

Ketiga, Reading/Updating News yakni kegiatan membaca atau mencari berita atau informasi terbaru baik lokal maupun internasional. Di Indonesia situs berita terpopuler adalah Detik dan Vivanews.

Keempat, Instan Messaging/Chat yaitu aktifitas percakapan real time melalui internet berbasis teks antar dua orang atau lebih, tapi kini sudah berkembang ke layanan komunikasi audio video. Layanan yang paling banyak digunakan di Indonesia untuk Chatting saat ini adalah Yahoo Messanger, Google Talk, Skype dan Facebook.


Kelima, File/Media sharing yakni aktifitas berbagi file dan media antar pengguna melalui internet, seperti dokumen, software, gambar, musik, film dan lain-lain. Di Indonesia media penyimpanan yang paling sering digunakan oleh penggunanya adalah 4shared dan ziddu.

Keenam, Blog yakni suatu jenis kegiatan jenis halaman web yang biasanya menampilkan entri-entri yang diberi tanggal dalam urutan kronologis yang terbalik. Diperbaharui dalam selang waktu tertentu yang terdiri dari teks, gambar, audio, video atau kombinasi dari semuanya dengan tujuan untuk menyampaikan dan berbagi informasi. Di Indonesia layanan blog internasional yang paling banyak digunakan adalah blogspot, wordpress dan layanan blog lokal adalah blogdetik dan kompasiana.

Ketujuh, E-mail yakni surat elektronik yang dikirim dan terima di komputer atau seluler melalui jaringan internet. Di Indonesia layanan yang paling sering digunakan adalah Yahoo dan Gmail.

Sumber

Layanan Terpopuler Ketika Mengakses Internet
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon