ads

Berkat Ngeblog Banyak Teman, Tambah Pengalaman, Pengetahuan Dan Penghasilan

Kamis, 27 Oktober 2011

(Foto dengan Serkan Toto Koresponden Techcrunch.com di Acara Asia Pacific Mobile Learning 2011)
Awal mula saya ngeblog sebenarnya gara-gara ada program gratisan dari operator seluler yang memberikan penawaran paket internet gratis selama setahun untuk pembelian handphone atau lebih dikenal dengan istilah bundle. Dengan paket internet gratis ini saya mulai belajar ngeblog dengan guru saya Mbah “Google”. Saya baca-baca dari para pakar yang sudah berpengalaman dalam hal dunia blogging. Mulai dari membuat tulisan, mengganti template, menambahkan widget, dan lain-lain. Kemudian mulai senang ikutan lomba-lomba yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu seperti Lomba Kontes SEO atau writing contest.

Sudah berulang kali ikut lomba menulis atau kontes SEO tapi tidak pernah menang. Baru pada bulan Pebruari 2011 dari seringnya kita belajar dan membaca dari blog orang lain saya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Juara pertama Lomba Menulis Cirebon Blogger Competition 2010 yang diadakan oleh PT Telkom Indonesia Cabang Cirebon. Inilah penyemangat dan motivasi saya untuk terus “ngeblog”

Dengan penghargaan itu saya mulai menularkan ilmu ngeblog saya pada anak didik saya. Saya mengajarkan kepada anak didik saya tentang “cara membuat blog” dan yang ada hubungannya dengan blog dan pendidikan. Blog saya kemudian saya isi dengan yang hal-hal yang hubungannya dengan pendidikan seperti tutorial blog, soal-soal semester, ujian nasional, perangkat pembelajaran dan soal online.

Berkat Soal Online yang saya posting di blog saya akhirnya saya diminta oleh Universitas Pendidikan Indonesia untuk memberikan materi di hadapan guru-guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indramayu. Ada perasaan senang dan grogi saat memberikan materi tersebut dihadapan guru-guru yang sehari-hari bergelut dengan komputer dan internet.

Karena seringnya saya ngeblog dan posisi blog saya di peringkat pertama di Topsertus.com saya mendapat undangan gratis acara Asia Pasific Premier MLearning Conference 2011 yang diadakan di Hotel Hyatt Regency Bandung selama 2 hari dari tanggal 8-9 Juni 2011. Undangan itu saya dapatkan dari Ibu Rani Wemel dari LTT Global Group Malaysia. Pembicara pada acara ini adalah praktisi dibidang ICT tingkat regional Asia Pasific dan dunia. Seperti Prof. John Traxtler professor of Mobile Learning dari Universitas Wolverhampten Inggris, Dr. Serkan Toto Konsultan Web dan Industri Seluler Jepang dan Koresponden Techcrunch.com, Kashminder Singh CEO One World Solution, Prof. Emeritus Anuar Ali Rektor Universitas Terbuka Malaysia, Ir. Syamsul Aliah Konsultan Pengembangan Infrasruktur Elektronik, Muhammed Imran Kunalan Bin Abdullah GM K-Worker Development Department, Daniel Chun Head of E-Learning di Art Group Limited Hongkong, Richard Castle GM Skill-pill Melbourne Australia, Prof. Dr. Mansor Fadzli Wakil Presiden Universitas Terbuka Malaysia.

Dengan mendapat undangan dari luar negeri membuat saya semakin semangat untuk ngeblog lebih bagus lagi. Kemudian pada hari sabtu dan minggu lalu tepatnya tanggal 25-26 Juni 2011 saya mengikuti acara idblogilicious Jakarta dan Milad deblogger ke-2 yang dilaksanakan di Gedung Telkom Jl. Sisingamangaraja No. 4-6 Lantai 8 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Saya tertarik dengan acara ini karena temanya menarik “Mendapat Penghasilan Dari Blog”. Disini saya banyak mendapat teman baru dan belajar mendapatkan penghasilan dari blog. Disini pula saya mulai daftar dan baru tahu yang namanya Idblognetwork dengan PPC (Pay Per Click), PPA (Pay Per Action), dan PPP (Pay Per Post) dan apa itu Job Review. Kebetulan saya bertemu dengan CEO Idblognetwork Mas Kukuh T Wicaksana jadi permohonan saya langsung disetujui.

Tidak berapa lama setelah menjadi anggota Idblognetwork saya dapat telepon dari IBN untuk Job Review produk otomotif dari Malaysia yakni Proton Exora Star. Inilah pengalaman saya merasakan mendapat kesempatan untuk mereview produk. Setelah mengirim tulisan dan tulisannya disetujui akhirnya tulisan itu diposting di blog saya. Ternyata saya mendapat penghasilan dari Job Review yang jumlahnya lumayan dan pendapatannya langsung masuk ke rekening saya. Inilah pengalaman pertama kali saya mendapatkan penghasilan dari blog.

Untuk memperkenalkan blog kita dan menambah pengetahuan pada tanggal 17 dan 18 September 2011 lalu saya mengikuti acara Amprokan Blogger di Bekasi. Disini saya bisa bertemu dan kenal lebih banyak teman-teman blogger tidak hanya dari Bekasi tetapi dari kota lainnya. Selain banyak teman kita juga dapat pengetahuan dan pengalaman baru. Apalagi kita tidur di satu ruangan yang sama bisa berbagi cerita dan berbagi hal tentang blog dan lain-lain. Keesokan harinya kita diajak jalan-jalan ke Kota Jababeka dan pusat penambangan pasir menggunakan bis. Di dalam bis kita ngobrol, bercanda, curhat dengan teman baru kita yang semakin menambah keakraban antar sesama blogger.

Selain mengikuti acara offline blogger, sayapun terus belajar menulis dan memperbaiki kekurangan saya dalam hal menulis di blog. Karena blog saya berkategori informasi dan teknologi saya terus berusaha update informasi teknologi terbaru setiap saat hingga akhirnya ada penulis yang menginginkan tulisan saya untuk postingan di situsnya. Sayapun akhirnya menjadi kontributor di beberapa situs tersebut. Berkat ngeblog dan sering menulis bisa menjadi kontributor yang ujung-ujungnya menambah pundi-pundi keuangan saya.

Bulan berikutnya penghasilan dari Idblognetwork terus mengalir ke rekening saya, karena banyak pengunjung yang mengklik iklan di blog saya. Jadi kuncinya blog kita harus kita urus sehingga semakin banyak pengunjung ke blog kita. Dengan semakin banyaknya pengunjung ke blog kita maka kemungkinan besar pula pundi-pundi keuangan kita.

Pada bulan Agustus lalu saya mengikuti lomba menulis Asean Blogger. Dari lomba tersebut akan dipilih peserta terbaik yang akan mengikuti acara ASEAN Blogger di Bali. Dan saya terpilih sebagai peserta yang di undang untuk mengikuti acara tersebut pada tanggal 16 – 18 Nopember 2011 nanti. Ini semua berkat ngeblog dan seringnya kita aktif bergaul dengan teman-teman blogger. Acara ASEAN Blogger ini menanggung semua akomodasi, makan dan tiket pesawat pulang pergi ke Bali. Jadi Berkat Ngeblog kita bisa banyak teman, tambah pengalaman, pengetahuan, dan juga penghasilan. Oleh karena itu Ayo kita Ngeblog. Rasakan nikmatnya jadi Blogger.

14 komentar for Berkat Ngeblog Banyak Teman, Tambah Pengalaman, Pengetahuan Dan Penghasilan:

  1. Sukses pertamax
    keren sob, jadi nambah saudara blogger.Di sidoarjo ada sob.tanggal 28.silahakn di simak jika berkenan.

    BalasHapus
  2. semangads mas.. pengen kenalan juga nih dari seorang blogger pemula.. salam kenal :)

    BalasHapus
  3. Banyak teman akan banyak rejeki ya......makasih Bang.........Sukses selalu

    http://ratiz-hiburan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. makin banyak temen kakin banyak keluarga yang bersilaturahmi

    BalasHapus
  5. wah... slmat ya blognya masuk top seratus. blog sya g prnah ikutan kontes :D submit ke vivanews ja jrg, dulu rutin waktu VLog bru diluncurkan :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  6. slam kenal yaaaa....,
    postingannya keren bgtz......
    jd inspirasi buas saya.......
    mksh bnyk yaaa


    kommen balik yaaa,
    follow ntker link jg yaaa

    BalasHapus
  7. Lam kenal Kang, salut buat sampean mau berbagi.slamat ya... kebetulan saya baru atau di bawah pemula utk jd bloger. sukses terus ya...tks

    BalasHapus
  8. bersilaturahmi...keren banget mas bisa masuk TOP 100, banyak info yang saya baca di sini. salam kenal, sukses senantiasa menyertai

    BalasHapus
  9. Mas ... Jadi Ngiri Bagi Tipsx Dong Untuk bisa Trus Eksis...

    BalasHapus
  10. Sukses pak, keep blogging, keep sharing. Selalu semangat ngeblognya pak.

    BalasHapus
  11. hehe bener tuh, ngeblog emang banyak untungnya yaa..

    salam kenal

    http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. wah terima kasih yang sudah komen

    BalasHapus
  13. wuihh mantap sekali,sukses ya,,saya jadi kepengen :)

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam