Oct 31, 2011

Meriahnya Kopdar 1000 Blogger Nusantara

Meriahnya Kopdar 1000 Blogger Nusantara


Tanggal 28 -30 Oktober 2011 kota Sidoarjo yang lebih dikenal dengan nama kota Lumpur Lapindo ini, menjadi saksi perhelatan akbar para blogger seluruh Indonesia. Nama acara ini adalah Kopdar Blogger Nusantara. Acara ini begitu istimewa karena bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Sumber inspirasi para pemuda Indonesia saat itu untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Acara ini menjadi istimewa karena dihadiri oleh rekan-rekan blogger dari seluruh penjuru Indonesia. Ada yang datang bersama komunitasnya ada yang datang sendiri dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, Bali, Nusa Tenggara, dan lain-lain. Semua blogger bersatu dalam tanpa membeda-bedakan suku, agama, rasa dan antar golongan.

Acaranya diadakan di Sun City Convention Hall dan GOR lapangan tennis Indoor Sidoarjo sebagai tempat istirahatnya. Inilah yang membedakan acara Blogger Nusantara dengan acara blogger yang lain. Peserta dan panitia tidur bersama di kasur gulung dengan bantal layaknya pengungsian korban lumpur Sidoarjo tetapi hikmahnya sungguh luar biasa. Kita bisa merasakan bagaimana beratnya nasib pengungsi korban lumpur Lapindo atau korban bencana lainnya. Ikut merasakan antri mandi dan nikmatnya makan nasi box bersama teman-teman sesama blogger.

Di malam hari peserta mengikuti kegiatan bincang-bincang santai dan lesehan dari berbagai komunitas blogger yang hadir di acara Blogger Nusantara. Selain itu diisi oleh para pembicara seperti Donny BU dari Internet sehat, Mubarika Darmayanti dari Idblognetwork dan pembicara yang membikin perut terpingkal-pingkal yakni Karel Anderson dari Blogdetik.

Penggagas acara ini yakni Anjari, Gempur, dan Suryaden yang mendapat dukungan dari Pendiri Idblognetwork Mubarika Darmayanti dan Kukuh T Wicaksana, berhasil menggapai mimpinya untuk mengumpulkan 1000 blogger se-nusantara. Ini terbukti dari daftar hadir peserta yang melampaui target 1000 blogger.

Acara ini banyak diminati oleh blogger se-nusantara karena menampilkan pembicara-pembicara Internasional seperti Willis Wee pendiri Penn-Olson, dan Vinny dari Google. Selain itu acara ini menampilkan orang-orang yang inspiratif dalam menulis blog seperti Budi Hermanto dari Suara Komunitas, dan JustSilly dari Blood4Life, Yansen Kamto mengenai Industri Digital.


Ditengah-tengah acara itu saya dan teman-teman dari blogger Depok, Bogor, dan Banten diajak Cak Wigi blogger dari Sidoarjo mengunjungi lokasi Lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo. Dengan menggunakan sepeda motor milik Dila dan Intan Blogger Sidoarjo, Saya dan teman-teman akhirnya dapat melihat secara langsung dahsyatnya bencana Lumpur Lapindo yang telah menenggelamkan ratusan rumah dan sawah penduduk Porong Sidoarjo dan telah menjadi berita hangat beberapa waktu lalu di media masa nasional.

Selama tiga hari acara tersebut banyak sekali hikmah dari acara ini. Acara Blogger Nusantara telah berhasil menyatukan blogger Indonesia untuk menumbuhkan rasa persaudaraan, kebersamaan dan sikap-sikap positif untuk menjadi blog enterpreneur di bidang yang disukainya. Maju terus Blogger Nusantara. Jadikan Blogger Nusantara sebagai pemersatu blogger di Indonesia.

Meriahnya Kopdar 1000 Blogger Nusantara
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon