ads

Alangkah Lucunya Sekolah Negeri Ini

Selasa, 01 November 2011

Kejadian lucu bisa terjadi dimana saja baik di rumah, di jalan, di kantor atau dalam kegiatan pendidikan sekalipun. Bahkan ada beberapa tontonan atau film yang sengaja dibuat untuk mengocok perut penontonnya. Tapi yang akan dibahas pada kesempatan bukan kelucuan di dalam film atau serial drama yang kita tonton, melainkan kelucuan-kelucuan yang terjadi di dunia pendidikan kita.

Kelucuan ini tidak hanya membuat terpingkal-pingkal perut kita melainkan karena tidak sesuainya antara praktek dan kenyataannya di lapangan. Misalnya ada siswa yang mabuk di kelas karena broken heart dan berlagak seperti guru. Gurunya ketakutan keluar kelas karena murid yang mabuk ini membawa senjata tajam dan dia anak kepala suku di daerah pedalaman. Sedangkan teman-temannya tetap di dalam kelas karena ketakutan sehingga tidak ada yang berani keluar kelas sampai si murid yang mabuk ini menyuruh teman-temannya pulang.

Cerita lainnya adalah ada ritual kepala sekolah yang mengumpulkan murid-muridnya untuk menolak bala atau roh jahat hanya gara-gara kegagalan dalam manajemen keuangan sehingga antara pendapatan dan pengeluaran tidak sesuai dan banyak kebocoran. Padahal bukan karena roh jahat atau setan melainkan karena buruknya sistem keuangan di sekolah tersebut.

Selain itu ada kelucuan-kelucuan lainnya seperti sistem manajemen sekolah identik dengan hubungan kekeluargaan. Kepala sekolahnya mempunyai seorang istri guru yang mengajar di sekolahan tersebut, kemudian mertuanya bekerja sebagai penjaga sekolah, dan saudaranya bekerja di bagian Tata Usaha. Jadi sekolah sebagai sarang nepotisme baru yang bekerja di sekolah direkrut bukan berdasarkan kemampuannya melainkan berdasarkan hubungan kekeluargaan.

Cerita tadi merupakan sebagian kecil saja yang saya ungkap dari sebuah buku terbitan Progressio Publishing Jakarta Tahun 2010 dan buku ini di distribusikan oleh SYGMA. Karya dari ketiga penulis yakni Toto Suharya, Herlan Firmansyah dan Asep Iin. Buku ini menggambarkan dunia pendidikan di Indonesia. Menurut ketiga penulis ini dia ingin menungkapkan bahwa dunia pendidikan di Indonesia ini ada fakta lucu yang terjadi di lapangan yang pernah dialami oleh ketiganya. Mereka ingin memberikan sumbangan pemikiran bagi pembangunan bidang pendidikan di Indonesia. Supaya pendidikan di Indonesia mempunyai kualitas yang lebih baik di masa yang akan datang.

Buku ini kenang-kenangan dari rekan saya Ade Truna rekan blogger dari Bandung yang mengikuti acara Blogger Nusantara di Sidoarjo pada tanggal 28 – 30 Oktober 2011 lalu. Buku ini sudah bisa dibeli di toko buku terdekat atau menghubungi alamat penerbitnya yaitu Progressio Jl. Kejaksaan No.20, Pondok Bambu, Duren Sawit Jakarta 13430 Telepon 021 86126556 atau fax 021 86607020 dengan harga yang terjangkau dan menarik untuk disimak.

5 komentar for Alangkah Lucunya Sekolah Negeri Ini:

  1. cerita lucu adalah ketika kita diminta nyontek masal

    BalasHapus
  2. wah sepertinya seru nih bukunya karena memang banyak kelucuan2 yang terjadi di sekolah :)

    BalasHapus
  3. Alamat penerbitnya deket rumahku nih.. :)

    BalasHapus
  4. wah deket dong mas kalo mau belinya..

    BalasHapus
  5. hehehe urutan pertama di pejwan gugel dengan kiwod: ---» “Alangkah Lucunya Sekolah Negeri Ini”

    terima kasih kang.. KEREN!

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam