Nov 19, 2011

ASEAN Blogger Conference 2011 Mempererat Persahabatan Antar Blogger ASEAN

ASEAN Blogger Conference 2011 Mempererat Persahabatan Antar Blogger ASEAN

Pada tanggal 15 Nopember 2011 saya dan rekan-rekan blogger dari Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah berkumpul di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta. Kami para para komunitas diundang oleh ASEAN Blogger Community untuk mengikuti acara ASEAN Blogger Conference 2011 di Bali. Semua akomodasi seperti tiket pesawat, hotel dan makan semuanya ditanggung oleh panitia.

Beberapa blogger memang sudah saya kenal sebelumnya melalui acara-acara kopi darat blogger, tapi beberapa lainnya memang masih baru sehingga kita tidak saling sapa. Tapi kekuatan blogger memang luar biasa. Biarpun kita baru pertama kenal tetapi kehangatan dan suasana meriah langsung terasa begitu para blogger berkumpul. Di Bandara kita sudah saling tukar-menukar oleh-oleh berupa makanan khas yang sengaja dibawa oleh para peserta ASEAN Blogger.

Rombongan Blogger yang berangkat dari Jakarta sekitar 30 orang. Kami berangkat pada pukul 14.50 dengan menggunakan Pesawat Sriwijaya Air. Sampai di Bandara Ngurah Rai Bali sekitar pukul 17.35 WITA. Perjalanan dari Jakarta ke Bali hanya memperlukan waktu 1 jam 35 menit. Di Bandara kami disambut oleh Panitia ASEAN Blogger 2011 dengan diberi kalungan bunga ciri khas Bali. Setelah itu kami menuju lokasi penginapan ASEAN Blogger yakni di Hotel Pop Harris Bali di jalan Teuku Umar.

Setelah kami dibagi kamar dan kunci kamar, kamipun bergegas ke kamar kemudian mandi dan kumpul lagi untuk makan malam di Bale Bengong. Di perjalanan saya sempat berbincang dengan Chairwomen acara On Off yakni Ollie mengenai kesuksesannya menjadi seorang penulis, enterpreneur dan juga blogger. Pembicaraannya sangat menarik sampai-sampai tidak terasa sudah di lokasi makan malam. Di Bale Bengong ini kami makan bersama ASEAN Blogger lainnya sambil menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Bali Blogger yang ke-4. Acaranya sangat sederhana sekali dengan konsep pesta kebun. Di acara ini ada music live yang menampilkan nyanyian Bali, dan lagu pop, serta game dari para anggota Bali Blogger.

Setelah makan malam kami pun kembali ke Hotel lagi untuk beristirahat. Di hotel yang unik ini kami sekamar dengan teman blogger dari kota lain yakni Estiko dan Ahmad Hidayatulloh. Panitia sengaja mencampur dengan peserta yang baru dikenal untuk mempererat persahabatan sesama blogger. Keesokan paginya setelah mandi kamipun sarapan pagi di restoran Hotel Pop Harris. Setelah makan pagi kamipun berangkat ke lokasi konferensi di Museum Pasifika Nusa Dua Bali.

Di perjalanan ini saya mempromosikan makanan khas dari Indramayu yakni “Emping Tike” dan mendapat respon yang sangat baik dari blogger dari Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Sepanjang perjalanan kami melihat ada perbedaan dengan hari sebelumnya, karena pengamanan di Pulau Bali sangat-sangat ekstra ketat. Hampir setiap 100 meter berdiri polisi dan TNI. Sampai-sampai bis yang kami tumpangi saja harus di putar balikkan oleh petugas Polisi karena harus memasuki lokasi acara melalui pintu khusus yang menggunakan metal detektor dan kamera CCTV. Padahal bis kami sudah menggunakan logo ASEAN.

Setelah sampai di Museum Pasifika kamipun langsung menuju ke ruang konferensi. Acara kemudian dibuka oleh MC Eka Situmorang. Acara diawali sambutan dari Ketua Panitia ASEAN Blogger yakni Bapak Iman Brotoseno. Setelah sambutan dari bapak Iman Brotoseno acara dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informasi Bapak Tifatul Sembiring. Pada kesempatan ini intinya pemerintah mendukung ide-ide kreatif dari para blogger atau siapapun untuk mendukung perkembangan IT di Indonesia. Setelah sambutan dari Menkominfo acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Haz Pohan. Selain sebagai Duta Besar Bapak Haz Pohan juga seorang blogger. Dalam sambutannya Bapak Haz Pohan memerikan penjelasan mengenai implementasi ASEAN Blogger terhadap perkembangan ASEAN.

Setelah sambutan-sambutan acara dilanjutkan dengan perkenalan perwakilan dari negara-negara ASEAN yang dimoderatori oleh Onno W. Purbo. Peserta dari luar ASEAN ada 14 orang yakni dari Thailand, Malaysia, Laos, Vietnam, Filipina, Myanmar, Brunei Darussalam, Singapura, dan Kamboja. Setelah perkenalan dari perwakilan ASEAN Blogger, acara dihentikan sejenak untuk coffee break.

Acara dilanjutkan kembali dan Donny BU yang menjadi pembicara mengenai perkembangan internet, jejaring sosial, dan Blogger di Indonesia. Menurut Donny di Indonesia ada 5 provider blogger yang paling banyak digunakan yakni Blogger, WordPress, Blogdetik, Kompasiana dan Dagdigdug. Dan jumlah blogger di Indonesia diprediksi mencapai 5,3 juta.

Setelah informasi dari Donny BU mengenai internet sehat dan perkembangan internet di Indonesia acara dilanjutkan dengan pembagian peserta konferensi ASEAN Blogger menjadi 3 grup yakni Grup A, Grup B dan Grup C. Setiap grup ini diberi tugas untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh blogger ASEAN dan pemecahan masalahnya serta ide-ide kreatif dari para blogger ASEAN. Selain itu dibahas pula mengenai deklarasi ASEAN Blogger yang nantinya akan menjadi landasan para blogger untuk bersosialisasi baik secara online maupun offline.

Saya kebetulan bergabung dengan grup C. Banyak sekali ide-ide yang muncul dari pertemuan ini saya. Ada beberapa hasil yang menurut saya ide yang bagus, diantaranya acara kopdar ASEAN Blogger diharapkan dilaksanakan bergilir antar negara-negara ASEAN setiap satu tahun sekali, mengadakan training atau pelatihan untuk para blogger atau masyarakat luas, kopi darat bulanan sesama ASEAN Blogger menggunakan Google Voice atau jasa video call lainnya, membuat situs yang berhubungan dengan perkembangan ASEAN, mengusulkan adanya hari Blogger ASEAN, membuat forum seperti kaskus, dan terakhir membahas mengenai draft deklarasi ASEAN Blogger. Dalam Grup ini saya sempat berkenalan dengan Bali Blogger yang bernama Kadek Ridoi Rahayu untuk menanyakan hal-hal yang menarik tentang Bali.

Selesai pertemuan tersebut kami pun makan siang dengan rekan-rekan ASEAN Blogger. Kali ini makanan yang disajikan secara buffet. Setelah makan dan shalat dhuhur kami dan rekan-rekan ASEAN Blogger memasuki kembali ruang pertemuan untuk mengikuti sesi berikutnya yakni mengumpulkan hasil-hasil dari ketiga grup tersebut dan dibahas bersama Bapak Iman Brotoseno dan Bapak Haz Pohan. Hasil-hasil tersebut kemudian dibacakan oleh Herman Saksono.
Sesi pembacaan hasil selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan Talkshow yang menampilkan pembicara-pembica handal yakni Nukman Luthfie, Shinta Bubu, dan Mike Orgill dari Google yang dimoderatori oleh Bapak Onno W. Purbo. Banyak sekali inspriasi dari ketiga orang tersebut seperti ide-ide kreatifnya, masukan-masukan mengenai cara-cara meningkatkan pembaca di blog kita dan pembahasan masalah privacy dari Google ini yang banyak menyedot perhatian dari peserta wanita ASEAN Blogger karena si Mike orangnya “cute” habis bahkan trending topik di twitter peserta ASEAN Blogger banyak yang ngetwit Mike “Ganteng”.

Setelah acara Talk show acara dilanjutkan dengan materi Kebebasan berekspresi yang dibawakan oleh Anggara Suwahyu dan Enda Nasution. Banyak sekali permasalahan yang timbul di dunia internet diantaranya adalah masalah hak cipta, hak kekayaan intelektual, pornografi dan lain-lain. Kalau saya sendiri sebagai blogger sebaiknya kita memang mempunyai prinsip “Bebas Bertanggungjawab”. Kita bebas menulis tentang apa saja tetapi kebebasan itu harus bisa dipertanggungjawabkan terhadap manusia, lingkungan sekitar dan Sang Pencipta.


Acara kemudian dilanjutkan dengan touring ke Museum Pasifika yang dipandu oleh pemandu dari Museum tersebut. Kita dijelaskan tentang Museum Pasifika dan koleksi benda-benda seni yang ada di Museum Pasifika. Di Museum ini banyak sekali lukisan-lukisan dari pelukis nasional dan internasional, seperti Antonio Blanko, Lee Man Fong, Georges Groslier, Raden Saleh, Affandi dan lain-lain. Pada kesempatan tersebut bertepatan dengan pameran Seni ASEAN yang menampilkan lukisan dan benda-benda seni dari negara-negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Kamboja, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, Singapura, Thailand dan Myanmar. Serta dari negara-negara China, Jepang dan India.


Belum juga selesai semua dijelaskan oleh pemandu wisata, kita diharuskan memasuki ruangan konferensi lagi untuk membahas tentang draft deklarasi ASEAN Blogger. Ternyata draft ini masih diperdebatkan oleh masing-masing peserta ASEAN Blogger dari negara-negara lain sehingga cukup memakan waktu. Disisi lain sebagian peserta ASEAN Blogger sudah banyak yang meninggalkan ruangan untuk mandi dan shalat maghrib.

Selesai pembahasan draft deklarasi ASEAN Blogger seluruh peserta mengikuti acara Gala Dinner di halaman tengah Museum Pasifika. Acara ini dihadiri oleh para tamu undangan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia dan seluruh peserta ASEAN Blogger. Acara ini dimeriahkan oleh penari-penari dari Bali. Selain itu pada Gala Dinner ini dibacakan deklarasi oleh salah satu peserta ASEAN Blogger dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba penulisan blog ASEAN Blogger 2011 yang diterima oleh Unggul Sugena dari Bogor. Sebelum kembali ke hotel seluruh peserta ASEAN Blogger 2011 mengikuti sesi foto bersama.

Usai acara gala dinner seluruh peserta ASEAN Blogger kembali ke Hotel Pop Harris. Selesai mandi dan shalat kami bersama rekan-rekan blogger lainnya dikumpulkan kembali di restaurant tempat kita makan karena ada pengarahan dari panitia. Tapi ada kejadian lucu disini, peserta yang datang terlambat diberi tepuk tangan sambil nyanyi “Happy Birthday to you” oleh peserta yang lain yang sudah datang lebih awal, begitu juga peserta dari negara lain yang terlambat. Akhirnya peserta ASEAN Blogger yang hadir tertawa terbahak-bahak atas ide dadakan ini.
Setelah dari restauran kami bersama rekan-rekan lainnya menuju ke Pantai Kuta. Ini terpaksa dilakukan pada malam hari karena acara ASEAN Blogger sangat padat dan tidak ada waktu luang pada siang hari. Lokasi Pantai Kuta ini tidak terlalu jauh dari Hotel hanya sekitar 15 menit. Saya satu taxi dengan Ibu Desi Fitri Diana, Kang Baban dan Misno. Ongkos taxi dari hotel ke Pantai Kuta hanya 39 ribu dan dibayar oleh Kang Baban. Sebelum menuju ke Pantai Kuta kami diberi secangkir kopi capucino oleh Ibu Desi dan memang sangat sesuai dengan suasana pantai dengan deburan ombak dan angin malam yang dingin.
Saya mengelilingi pantai bersama Jay, Erfano, Else, Misno, bu Desi, Mang Jazi dan Kang Baban. Kami seru-seruan menikmati keindahan pantai dengan foto bersama sambil mengambil berlari menjauhi kejaran ombak Pantai Kuta. Tidak terasa malam sudah larut dan gerimis membasahi di sekitaran Pantai Kuta membuat kami bergegas meninggalkan pantai. Ada kenangan tersendiri seru-seruan di Pantai Kuta beserta para ASEAN Blogger dan tidak akan terlupakan seumur hidup. Acara ASEAN Blogger 2011 ini terselenggara berkat dukungan dari Bank Mandiri.

Pagi harinya setelah makan pagi kami dan rekan-rekan blogger menuju ke obyek wisata Garuda Wisnu Kencana dengan menggunakan bis. Walaupun agak terasa lama menunggu rekan-rekan yang masih di hotel tapi akhirnya bis yang kami tumpangi berangkat juga menuju GWK. Tiba di lokasi wisata sekitar pukul 10-an beberapa peserta sudah keluar duluan dari bis menuju ke lokasi wisata tapi dipanggil kembali oleh panitia karena ada pengarahan. Padahal setelah ditunggu-tunggu ternyata kita hanya disuruh jalan menuju pintu masuk obyek wisata GWK.
Di GWK kami dan rombongan dihibur dengan pagelaran tari dari Bali. Setelah itu kita melihat-lihat keindahan alam di sekitar GWK. Tebing yang tinggi dengan cadas yang berwarna putih menambah keindahan pemandangan GWK. Kami dan rekan-rekan biasa saling mengabadikan momen yang jarang terjadi tersebut dengan foto bersama disekitar patung Garuda dan Patung Wisnu. Nantinya kedua patung tersebut akan disatukan menjadi patung Garuda Wisnu Kencana yang menjadi patung tertinggi di dunia mengalahkan patung Liberty di Amerika Serikat. Di posisi paling dekat patung Wisnu terdapat mata air yang tidak pernah habis airnya walaupun pada saat musim kemarau lama. Air ini dipercaya oleh penduduk sekitar dapat mendatangan rejeki, memberi berkah dan mendapatkan apa yang kita inginkan.


Setelah lelah mengelilingi Patung Garuda Wisnu Kencana dan Sekitarnya. Seluruh peserta ASEAN Blogger beristirahat sambil makan dan minum di sekitar lokasi tersebut. Berkenalan, bercanda, bergurau dan lain sebagainya kita lakukan disitu. Tidak berapa lama kita duduk-duduk di sekitar tempat makan, kamipun disuruh kembali ke bis untuk menuju tempat tujuan wisata berikutnya. Kali ini tempat tujuan wisata berikutnya adalah tempat wisata belanja Krisna. Tempat belanja yang buka 24 jam ini menyediakan cindera mata khas dari Bali baik berupa makanan atau minuman, pakaian, atau pernak-pernik ciri khas Bali lainnya.


Beberapa rekan blogger banyak yang membeli oleh-oleh disini. Beruntung sekali kami dan rombongan memiliki tiket penerbangan sore. Sehingga kami bisa menikmati pemandangan kota Bali lebih lama. Sedangkan rekan-rekan lainnya sudah ada yang harus take off jam 9, 11, atau jam 2 siang. Dari Toko Krisna kami kembali ke bis dan di bis sudah disediakan makan siang. Kebersamaan makan di dalam bis sungguh sangat berkesan apalagi dengan rekan-rekan blogger.

Setelah makan siang di bis kami pun melanjutkan ke Bandara Ngurah Rai Bali untuk kembali ke daerahnya masing-masing. Disini kita menunggu sekitar dua jam lebih karena banyaknya tamu VVIP (Very Very Important Person) yang datang ke Bali termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Foto diatas merupakan pesawat Air Force One yang ditumpangi Presiden Barack Obama. Akhirnya sekitar pukul 8 malam kami dan rekan-rekan kembali ke Jakarta dan menuju ke rumahnya masing-masing. Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa yang tidak pernah terlupakan. Dengan ASEAN Blogger ini secara tidak langsung mempererat persahabatan antara sesama blogger ASEAN. Dan secara tidak langsung blogger berperan menyuarakan Indonesia menuju komunitas ASEAN 2015 nanti. Maju terus blogger Indonesia, Maju terus Blogger ASEAN. Terima kasih kepada seluruh Panitia ASEAN Blogger 2011 dan Bank Mandiri yang telah mendukung acara ini terlaksana dengan baik. Kekurangan adalah manusiawi dan tujuan mulia adalah silaturrahmi. Salam hangat dari Blogger Indramayu.

(Foto-foto diatas adalah foto pribadi, Wisnu Dewobroto, dan rekan blogger lainnya)
ASEAN Blogger Conference 2011 Mempererat Persahabatan Antar Blogger ASEAN
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon