ads

Informasi Donor Darah Melalui Ponsel

Rabu, 14 Desember 2011

Di seluruh dunia tingkat permintaan darah dari dari hari ke hari semakin meningkat. Begitu juga dengan negara adi daya Amerika Serikat. Untuk layanan di kawasan seperti Seattle saja dengan jumlah penduduk sekitar 3-4 juta jiwa, dibutuhkan darah sekitar seperempat juta donor aktif setiap tahunnya. Permasalahan klasik biasanya muncul karena tidak adanya stok darah sesuai dengan yang dibutuhkan atau kehabisan stok. Oleh karena itu di Amerika sana dibuat aplikasi informasi donor darah melalui ponsel.

Aplikasi itu diberi nama Blood Sprint yakni sebuah aplikasi dan layanan untuk meningkatkan pelayanan donor darah. Aplikasi ini diciptakan dengan bantuan jaringan sosial untuk mereka yang memerlukan informasi donor darah. Prototipe aplikasi pertama ini diciptakan di Nokia World Hackathon pada bulan Oktober lalu.

Sebenarnya aplikasi Blood Sprint ini memiliki dua sisi, yang pertama ada layanan web yang terhubung dengan rumah sakit dan dinas kesehatan untuk pendaftaran. Di sini mereka dapat memposting kebutuhan darah pada saat ini dengan perangkat khusus untuk informasi donor darah, yang kedua pendonor harus mempunyai aplikasi mobile dengan data lokasi, alamat email, account facebook, account twitter, dan golongan darahnya. Jika golongan darah dan lokasinya berdekatan maka mereka akan mendapat peringatan melalui aplikasi tersebut, dan andapun mendapat pemberitahuan melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter.


Selain itu aplikasi ini sudah berkolaborasi dengan Foursquare yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi mengenai lokasi tempat donor darah dan anda akan mendapat lencana khusus bagi pendonor darah. Aplikasi ini sudah bisa didapat melalui Windows Phone Marketplace untuk handphone Nokia dengan sistem operasi Symbian dan Series 40, iPhone dan Android.

Bagaimana dengan Indonesia?. Jangan khawatir di Indonesia walaupun belum ada aplikasi tentang donor darah tetapi sudah ada organisasi yang peduli dengan donor darah. Bagi anda atau keluarga anda yang membutuhkan darah dimana saja di seluruh Indonesia silakan follow twitter @Blood4LifeID atau facebook www.facebook.com/Blood4LifeId dan sampaikan informasi tersebut melalui ponsel atau gadget lainnya, maka organisasi ini akan menyebarkan informasi tersebut ke twitter dan facebook. Biasanya tidak berapa lama akan ada pendonor yang datang ke rumah sakit dimana si pasien berada. Organisasi yang didirikan oleh Valencia M. R atau lebih dikenal dengan @justsilly ini memang sangat membantu sekali bagi orang yang membutuhkan darah di Indonesia.

Sumber

6 komentar for Informasi Donor Darah Melalui Ponsel:

  1. Nah, ini baru info yang bermanfaat.
    saya hingga hari ini, mau donor tapi masih nanti-nanti saja.
    inilah sifat jelek manusia,

    salam kenal brother

    BalasHapus
  2. informasi yang sangat bermanfaat sekali gan.
    ciiph deh, Indonesia pun gx kalah bersaing, meskipun belum secanggih AS.. :D

    BalasHapus
  3. tetep ajja mendonorkan darahnya ke rumah sakit atau PMI,heheh

    BalasHapus
  4. tapi memang tetep aja harus mendonornya ke ruma sakit mana ada lewat sms kan

    BalasHapus
  5. wah tambah maju aja teknologi...
    nice info

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam