ads

Informasi Hujan Bisa Diakses Lewat SMS, Twitter dan Android

Selasa, 13 Maret 2012

Satu lagi inovasi karya anak bangsa lahir, kali ini datangnya dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT melalui produknya yang diberi nama Sijampang. Sijampang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Hujan dan Genangan Berbasis Keruangan. Dengan sistem ini kita bisa mengetahui daerah mana yang sedang diguyur hujan dengan kategori ringan, sedang dan lebat. 

Teknologi ini dikembangkan oleh BPPT dengan bantuan radar yang ada di Serpong Indonesia dan kontributor yang ada di berbagai daerah. Menurut Bapak Hartanto salah satu peneliti dari BPPT Sistem kerjanya sangat mudah, informasi dari kontributor masuk ke server, kemudian server mengecek berdasarkan data real dari radar, apabila sesuai dengan kenyataan maka ditampilkan di twitter dan sms. Data yang muncul tidak hanya untuk kota atau kabupaten tetapi juga hingga wilayah kecamatan di seluruh Indonesia.

Informasi hujan ini menggunakan akun twitter @infohujan untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh pengguna twitter. Sistem akan menginformasikan secara langsung melalui radar di Serpong kemudian akan ditwit sendiri oleh sistem. Jeda antara informasi dengan kenyataan kurang lebih selama 6 – 7 menit dengan waktu sesungguhnya. Jadi kalau di daerah Bogor hujan maka akan di twit sekitar 7 menitan berikutnya. Teknologi yang digunakan memang cukup sederhana, tetapi manfaatnya sangat banyak bagi anda yang sering traveling, bertani, pedagang, para pelajar dan lain-lain. 

Selain melalui twitter informasi hujan dapat diakses melalui SMS. Caranya sangat mudah cukup registrasi dengan format : HUJAN#REG#NAMA#ALAMAT#KOTA kirim ke 085287867427 

Sedangkan bagi anda yang ingin menjadi kontributor Info Hujan cukup mengirim dengan format : HUJAN#lokasi#INFO#C/B/R/S/L#Keterangan tambahan 
Contoh : HUJAN#Padang#INFO#R#Hujang gerimis di Padang sejak pagi hari  
SMS dikirim ke : 0852 8786 7427 

Keterangan kondisi hujan : 
C : Cerah (awan hampir tidak ada) 
B : Berawan (berawan sebagian atau tertutup semua) 
R : Hujang Ringan (gerimis, atau masih dijalani oleh pejalan kaki) 
S : Hujang Sedang (motor cenderung menepi, orang berteduh) 
L : Hujang Lebat (mobil berjalan pelan, menghidupkan lampu). 

Beberapa hari kedepan akan diluncurkan aplikasi Info Hujan untuk perangkat Android. Sekarang masih ujicoba dan digunakan oleh beberapa kontributor dan kalangan terbatas dari BPPT. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera diluncurkan untuk publik.

6 komentar for Informasi Hujan Bisa Diakses Lewat SMS, Twitter dan Android:

  1. mantap! saya menunggu android nih

    BalasHapus
  2. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya Indonesia

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  3. mohon info cara setting di android ya Pak, terimakasih.

    BalasHapus
  4. untuk android belum diluncurkan untuk umum masih terbatas utk kalangan BPPT

    BalasHapus
  5. waaaahh, keren ni, bisa tahu cuaca donk, biar gx keujanan, hihiii

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam