Jun 26, 2012

Aplikasi Untuk Merespon Ancaman Bom

Aplikasi Untuk Merespon Ancaman Bom


Manusia terus berinovasi untuk membuat hidupnya lebih mudah, praktis, aman dan nyaman. Beberapa tahun terakhir di Indonesia sering dikagetkan dengan ledakan bom yang membuat kita merasa tidak aman. Bayangkan jika anda adalah seorang polisi atau orang biasa yang tiba-tiba menyadari bahwa kendaraan atau gedung yang anda tempati berisi bom. Meskipun anda mungkin telah mengikuti pelatihan tentang bagaimana cara menangani situasi seperti itu, tetapi kepanikan biasanya selalu muncul dan bingung harus mengambil langkah apa dulu. Tapi sekarang ada aplikasi pertama dari US Department of Homeland Security yang mengembangkan aplikasi untuk merespon ancaman bom, dan panduan langkah-langkah untuk mengatasi ancaman bom. 

FiRST (First Responder Support Tools) atau peralatan pendukung dengan menggunakan alat-alat responden pertama seperti Google Maps, Google Search, email, telepon, ditambah jalan dan data cuaca. Ini untuk menghemat pengguna untuk mempelajari sistem baru sementara anda di bawah tekanan. Pengguna mulai dengan memasukkan apa yang mereka ketahui tentang bom, termasuk lokasi geografisnya. Aplikasi ini kemudian akan menyarankan kepada anda tentang jarak antara bom dengan anda, lokasi terbaik untuk memblokir jalan sehingga harus mengosongkan lokasi tersebut, orang-orang yang harus dievakuasi, atau daerah-daerah yang beresiko akibat ledakan bom.

Selain itu aplikasi ini memberikan informasi kepada personil lain menggunakan email. Sehingga mereka dapat mengetahui dan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing. Aplikasi ini juga dapat digunakan jika terjadi tumpahan zat beracun, termasuk informasi tentang penanganan lebih dari 3.000 bahan berbahaya. Menggunakan fitur cuaca, pengguna dapat menambahkan cara menentukan rute karena kemungkinan zat berbahaya terbawa oleh angin dan kemudian memperingatkan masyarakat atau mengevakuasinya. Aplikasi ini dapat berjalan pada IOS, perangkat Android, dan PC. Aplikasi ini dapat diunduh dengan harga 12 dolar Amerika untuk versi mobile, atau 100 dolar untuk versi desktop. 

Aplikasi Untuk Merespon Ancaman Bom
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon