Jun 6, 2012

Pengertian Link, Manfaat dan Bahayanya

Pengertian Link, Manfaat dan Bahayanya


Secara sederhana Link adalah alamat website. Link aktif berwarna biru akan menuju ke sebuah website setelah diklik. Link dari sebuah halaman tertentu dari suatu website bisa sangat panjang. Contohnya: http://didno76.blogspot.com/2012/06/nissan-evalia-mobil-keluarga-penuh.html. 

Beberapa tahun terakhir, muncul inovasi bernama "URL Shortener" yang fungsinya memangkas link yang terlalu panjang menjadi lebih pendek. Beberapa contoh URL Shortener yang populer adalah : http://bitly.com, ow.ly, dan goo.gl. Sedangkan yang buatan lokal ada de.tk, dan pendek.in. 

Semakin banyknya URL Shortener yang ada di Internet membantu kita dalam berbagi link dengan teman atau kerabat. Sayangnya, ada orang atau pihak tertentu yg memanfaatkan URL Shortener ini untuk menyebarkan link jahat yang bisa merusak komputer kita. Karena setelah dipangkas, sebuah link tidak bisa dideteksi website aslinya. Contoh: http://bit.ly/K9WacD. Celah inilah yg digunakan untuk menyebarkan link jahat. Apalagi pengguna Internet di Indonesia termasuk gampang terpancing untuk mengklik. Penyebaran link jahat semakin marak sejalan dengan pertumbuhan pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Di Facebook, link jahat biasanya berupa gambar atau video sensual yang dilengkapi dengan thumbnail preview. Sementara di Twitter, link jahat bisa berupa iming-iming hadiah atau imbalan dari account tertentu atau sama seperti yg disebarkan di Facebook. Link seperti itu dibuat semenarik mungkin dan memancing rasa penasaran kita untuk mengkliknya. 

Padahal, setelah diklik akibatnya bisa fatal. Setelah dibajak, aplikasi yg ngumpet di balik link jahat menyebarluaskan dirinya ke setiap account yang ada di friend list. Jadilah spam. Akibat paling parah yg bisa ditimbulkan Link jahat adalah account kita dibajak secara total sehingga kita tidak bisa mengaksesnya lagi. 

Kalau sudah dibajak total, pembajak bisa mengambil semua informasi penting dari account kita dan membuat posting palsu atas nama kita. Dengan kata lain, link jahat bisa dipakai untuk meng-hack account kita, baik di media sosial maupun account e-mail. Ke depannya, bisa jadi link jahat digunakan untuk mengakses komputer kita dan merusaknya, seperti yang dilakukan beberapa virus komputer. Oleh karena itu, jangan pernah mengklik link foto atau video yang "menggiurkan" yang disebarkan melalui media sosial. 

Klik hanya link yang berasal dari sumber terpercaya. Kalau ragu, tanyakan kepada pengirim link apakah dia benar-benar mengirimkan link itu. Sebagai tindakan pengamanan, install antivirus original di komputer. Update database virusnya supaya bisa mendeteksi ancaman dari link jahat. Ingat! Secanggih dan semahal apapun sebuah antivirus, tidak bisa melindungi secara optimal jika database virusnya jarang di-update. 

Berteman atau follow account di media sosial yang bisa dipercaya. Pastikan account merek atau perusahaan adalah account resmi. Banyak akun-akun palsu di media sosial yang berpotensi menyebarkan link jahat. 

Pengertian Link, Manfaat dan Bahayanya
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon