ads

Headset Telepati Emotiv EPOC

Minggu, 22 Juli 2012

Satu lagi gadget futuristik kini sudah hadir. Gadget yang berupa headset ini dapat membaca pikiran kemudian diterjemahkan dalam berbagai tindakan. Gadget ini diberi nama EPOC dibuat oleh Emotiv. Alat ini dapat menangkap sinyal-sinyal listrik dari otak anda dan menyalurkannya melalui headset nirkabel menggunakan 16 sensor.

Alat ini sudah dilengkapi dengan 16 pak bantalan kontak yang ditempatkan dalam soket pada headset untuk melakukan kontak dengan kepala anda, USB untuk menghubungkan dengan komputer, kabel mini USB, buku petunjuk dan CD perangkat lunaknya dalam paket pembelian.

Headset Epoc ini seluruhnya terbuat dari bahan plastik yang pada prinsipnya mirip sepasang headphone biasa. Cuma perbedaannya adalah dua bagian lengannya memiliki bentuk seperti gurita yang mencengkeram kepala Anda. Alat ini sangat fleksibel untuk mendapatkan kontak terbaik di kepala anda pada bagian atasnya ada saklar untuk menyalakan headset atau menonaktifkannya. 

Emotiv telah merancang sebuah perangkat lunak khusus, yang menunjukkan kemampuan Epoc ke dalam beberapa bagian yang berbeda: 

Yang pertama bertindak sebagai memeriksa semua bantalan kontak. Mereka memiliki empat warna yang berbeda : hijau untuk koneksi yang besar, kuning koneksi baik , merah untuk koneksi yang buruk dan hitam tanpa koneksi sama sekali. Seharusnya semua lampu yang menyala berwarna hijau, tapi headset masih dapat bekerja baik meskipun sensor berwarna merah atau kuning saja. 

Kedua “Expressiv suite", menampilkan warna biru, yang sebenarnya meniru ekspresi wajah yang Anda lakukan saat ini. Seperti berkedip, tersenyum dan sebagainya. 

Ketiga adalah "Affectiv suite". Seperti namanya dapat mendeteksi apa yang mempengaruhi Anda saat ini dan menampilkan emosi Anda saat ini di layar. Seperti kebahagiaan, ketidakpedulian, dan lain lain. 

Keempat “Cognitiv suite” Anda bisa mengontrol kubus virtual hanya menggunakan pikiran Anda. Anda dapat mengoperasikan berbagai kegiatan seperti menarik ke depan belakang, naik atau turun atau bahkan memutar ke berbagai arah. 

Sehingga alat ini dapat menjalankan hal-hal yang sangat menarik seperti bermain game dengan hanya menggunakan pikiran anda,  mengontrol karakter utama dengan headset tersebut tanpa menggunakan keyboard, mouse atau perangkat input lainnya. Sehingga sangat sesuai untuk orang-orang yang difabel dan keterbatasan lainnya. 

0 komentar:

Poskan Komentar test