ads

3 Tahun Blogger Bekasi Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan

Selasa, 28 Agustus 2012

3 tahun kalau diibaratkan manusia berarti masih anak-anak yang baru bisa bisa mengeksplorasi kata dan bahasa, berjalan perlahan,sering bertanya, tertarik dengan perbedaan dan persamaan. Begitu juga dengan suatu organisasi atau perkumpulan masih terlalu muda untuk dikatakan sebagai organisasi yang solid atau kuat. Tapi tidak begitu dengan Blogger Bekasi yang memasuki usia ketiga pada tahun ini. 

Blogger Bekasi yang saya tahu adalah suatu organisasi atau perkumpulan blogger yang berbasis wilayah di Bekasi dan sekitarnya yang mempunyai kegiatan-kegiatan yang positif tidak hanya untuk anggotanya, tetapi untuk kepentingan masyarakat luas, seperti pelatihan-pelatihan kepada guru dan siswa, pemberian bantuan kepada anak-anak yatim piatu dan kurang mampu, dan pelestarian lingkungan.

Selain itu Blogger Bekasi diisi oleh anggotanya yang memiliki semangat kebersamaan yang tinggi, ramah, saling menghargai satu sama lainnya, tidak mementingkan ego pribadi dan kompak satu sama lainnya. Hebatnya lagi walaupun baru berumur 3 tahun, tetapi Blogger Bekasi sudah dua kali mengadakan acara blogger berstandar nasional yang diberi nama “Amprokan Blogger” yang dilaksanakan pada tahun 2010 dan 2011 tahun lalu. Dan peserta yang hadir di acara ini sangat banyak dari berbagai daerah yang mengatasnamakan komunitas blogger, blogger atau onliner. 

Walaupun usianya baru tiga tahun tetapi keberadaan komunitas Blogger Bekasi sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar dan berhasil meraih penghargaan sebagai Komunitas Blogger Terbaik pada acara Pesta Blogger tahun 2010 di Jakarta. 

Keberhasilan Blogger Bekasi tentunya ditunjang dengan yang namanya dana. Saya salut dan patut mengacungkan jempol kepada seluruh pendiri dan pengurus Blogger Bekasi yang berhasil menggalang dana dari sponsor besar yaitu Indosat. Perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia ini selalu mendukung kegiatan-kegiatan Blogger Bekasi. Bagi Indosat kegiatan-kegiatan ini tidak hanya promosi produk-produknya tetapi mengembangkan brand image positif kepada blogger dan onliner yang merupakan ujung tombak terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas. 

Blogger Bekasi juga diisi oleh orang-orang hebat dan profesional, tidak hanya dalam bidang tulis-menulis di blog saja, tetapi juga banyak yang menjadi penulis buku terkenal dan bukunya menjadi best seller. selain itu ada pengusaha, dokter, guru, ibu-ibu dan anak-anak muda yang selalu mendukung dan aktif dalam kegiatan-kegiatan Beblog sebutan untuk Blogger Bekasi

Organisasi yang baik dan berkembang biasanya tidak mengenal istilah “anti perubahan”. Karena dengan perubahan itu biasanya organisasi semakin maju dan berkembang. Blogger Bekasi sebagai organisasi blogger yang berbasis wilayah selalu terbuka dengan yang namanya “Perubahan”. Salah satu perubahan yang dialami oleh Blogger Bekasi adalah perubahan acara Amprokan Blogger dari tahun ke tahun yang mengambil tema yang berbeda, sehingga tidak membuat peserta menjadi bosan untuk datang dan datang lagi ke acara tersebut. 

Perubahan yang lainnya adalah pergantian pengurus untuk setiap acara yang diadakan oleh Blogger Bekasi. Sehingga setiap anggota dapat merasakan bagaimana suka dan dukanya menjadi panitia, menjadi seksi tertentu dan menjadi anggota dari suatu acara. Jadi apabila ada kekurangan atau keluhan dari peserta, semuanya ikut merasakan dan bagaimana memecahkan permasalah tersebut. 

Blog yang awalnya digunakan untuk menulis tentang catatan pribadi, kini blog dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti media promosi, jual-beli, media berbagi, dan juga bisa mendapatkan penghasilan. Selain itu blog juga bisa sebagai media kontrol sosial terhadap apa yang ada, dan terjadi di sekitar kita. Seperti peristiwa-peristiwa atau informasi terbaru, masalah-masalah sosial, politik dan lain sebagainya. 

Blogger kini harus bisa menjadi penggerak perubahan zaman yang terus bergerak dengan cepat melalui tulisan-tulisannya. Tetapi tentunya tulisan tersebut harus menggunakan bahasa dan kata-kata yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang kini semakin sulit ditemukan blog yang mengkritik tentang kebijakan atau memberi masukan dengan bahasa yang halus dan sopan. 

Tapi perubahan itu harus ada baik oleh kita sebagai blogger atau dalam berorganisasi. Dalam berorganisasi jangan memperlebar pertentangan diantara anggotanya, tetapi mencari persamaan untuk melakukan perubahan yang positif. Karena perubahan itu akan menjadi suatu harmoni yang indah untuk menjadikan membuat kita tetap eksis, bisa berkembang dan semakin maju. 

3 Tahun Blogger Bekasi Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan menurut saya tema yang sangat sesuai untuk merayakan ulang tahun Blogger Bekasi yang ketiga. Untuk itu saya mengucapkan “Selamat Ulang tahun yang ketiga untuk Blogger Bekasi semoga Blogger Bekasi terus berkarya dan selalu memberi manfaat bagi orang banyak”.

14 komentar for 3 Tahun Blogger Bekasi Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan:

  1. Sudah mulai dikampanyekan, kang? ::SUKSES BUAT BLOGGER BEKASI::

    BalasHapus
  2. Siap tenang aja saya siap untuk mempromosikan acara Amprokan Blogger 2012

    BalasHapus
  3. sukses buat orang bekasi dan bloggernya!

    BalasHapus
  4. Pergerakan blogger akan merubah dunia!

    BalasHapus
  5. sya boleh gk pak daftar di blogger bekasi , padahal syaratnya hrus berdomisili diwilayah bekasi sja?

    BalasHapus
  6. hmm.. pak gimana tahun ini kita ikutan amprokkan blogger lg aja ? kan tahun kemarin tidak jadi, pak.. mumpung kesempatan ulang tahun tuh pak`

    BalasHapus
  7. ayo kalo mau ikutan nanti kita bareng2 ke Bekasinya...mudah-mudahan bpk juga bisa ikutan

    BalasHapus
  8. wuuahh... kalo tulisannya seperti ini sudah di pastikan bakalan menang lomba menulis dan lomba twitter :P

    ayo Kang ke Bekasi, puluhan hadiah sudah menantimu :)

    heehe...

    Salam

    BalasHapus
  9. Sukses ya mas Didno !:-)

    Sayang saya bukan juri, jadi hanya bisa ngasih support.

    Menang atau kalah tidak jadi hal penting, tetapi bagaimana tulisan ini bermanfaat bagi pembacanya itu yang lebih penting

    Salam sehati

    BalasHapus
  10. iya terima kasih mas atas dukungannya...

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam