ads

Panduan Memilih Tablet

Rabu, 15 Agustus 2012

Sebagai gadget baru, perkembangan penjualan tablet di Indonesia termasuk yang paling pesat. Bahkan diperkirakan dalam waktu yang tidak begitu lama, jumlah pengguna tablet bisa mengalahkan pengguna notebook. Banyak tablet PC yang beredar di pasaran dari yang merek lokal hingga yang branded membuat calon konsumen kebingungan saat memilih tablet yang sesuai antara harga, fitur dan kemampuan tablet tersebut. 


Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mencoba menurunkan artikel tentang panduan memilih tablet, tapi nantinya semua pilihan ada di tangan anda. 


Berikut panduan memilih tablet : 

  1. Kesesuaian Harga Dengan Fitur. Masalah harga memang sangat peka untuk masyarakat Indonesia. Kisaran harga dari 1/2 juta hingga 2 jutaan rata-rata dibanderol oleh merek-merek lokal, seperti IMO, Beyond, dan Mito, sedangkan untuk harga 3 jutaan ke atas dibanderol oleh merek-merek branded seperti Huawei, Acer, Samsung, Sony, dan Apple. 
  2. Ukuran Layar. Ada banyak ragam ukuran layar di pasaran, dari yang 5 inci hingga 10 inci, tergantung selera anda yang menentukan. Saat membutuhkan portabilitas dan mobilitas, tablet ukuran 7 inci dirasa sudah cukup, namun pengguna lain menginginkan able berukuran lebih besar untuk keperluan editing dokumen, menonton film resolusi tinggi, hingga browsing agar lebih nyaman. Pilihannnya jatuh pada tablet berukuran 9 atau 10 inci. 
  3. Fitur Unik. Satu kelebihan dan jadi nilai tambah bagi tablet lokal yang tidak dimiliki oleh ablet branded adalah kapabilitas dalam memuat dua kartu dan TV analog. 
  4. Jenis Kamera. Rata-rata table lokal hanya mengusung kamera 2 megapiksel, tetapi ada beberapa yang sudah mengusung kamera 3,2 sampai 5 megapiksel. Sementara tablet branded kebanyakan sudah mengadopsi kamera 5 megapiksel, tetapi Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus dan 7,7 memiliki kamera 3,15 megapiksel tetapi hasilnya tidak usah diragukan lagi. 
  5. Prosesor. Kecepatan prosesor akan berpengaruh terhadap kinerja dan kecakapannya dalan membuka banyak aplikasi secara bersamaan/multitasking. Semakin tinggi kemampuan prosesor maka semakin baik tablet tersebut. Tablet branded biasanya sudah memiliki prosesor diatas 1 GHz.  
  6. Teknologi Layar Kapasitif/Resistif. Tablet yang menggunakan layar resistif biasanya menggunakan stylus atau pen untuk pengoperasiannya, sedangkan kapasitif sudah menggunakan jari untuk navigasi di layarnya. Hanya saja tablet lokal layar sentuhnya kurang peka, sedangkan merek-merek branded layarnya sangat peka sehingga untuk mengaksesnya tidak usah terlalu keras saat menekan layar. 
  7. Perhatikan Sistem Operasi. Sebagian besar tablet yang beredar mengusung sistem operasi Android kecuali iPad yang menggunakan iOS dan Lenovo ThinkPad yang sudah menggunakan Windows 8. Beberapa tablet sudah ada yang menggunakan sistem operasi Ice Cream Sandwich, sedangkan sisanya masih menggunakan Sistem Operasi Gingerbread, dan Honeycomb. 
  8. Tablet SIM atau Non SIM. Seiring berjalannya waktu dan permintaan pasar, tablet PC yang semula untuk mengolah data dan berkerja, kini mulai didukung dengan fungsi telefoni dan SMS. Tapi masih ada beberapa tablet yang mengkhususkan untuk kerja dan hiburan semata. 
  9. Baterai Tahan Lama. Tidak bisa dihindari untuk mereka yang aktif biasanya mereka membutuhkan gadget dengan kemampuan baterai yang tahan lama. Oleh sebab itu sebaiknya cari tablet yang memiliki kemampuan mAh yang besar. Semakin besar mAhnya maka semakin lama daya tahan baterainya. 
  10. Layanan Purna Jual. Faktor yang tidak kalah penting adalah Layanan Purna Jual (after sales service) dimana tempat servis center dan masalah garansi jadi perhatian.

8 komentar for Panduan Memilih Tablet:

  1. Thanks infonya,Kang Didno :D
    Tips di atas berguna agar kita gak salah pilih tablet pc yang akan dimiliki

    Oh iya,kasih opini,dll juga ya kang di Survei Sekaligus Bahan Renungan Para Pengunjung

    Thanks

    BalasHapus
  2. Ikut menyimak artikelnya Gan :-)

    Salam,

    BalasHapus
  3. sy br beli axioo pico pad 7 inch, bgmn ya?

    BalasHapus
  4. Tinggal disesuaikan dgn kebutuhan dan keuangan saja... Satu lagi tergantung pemakaian, klo makenya asal2an bisa cepat rusak walaupun tablet branded

    BalasHapus
  5. kalo kekurangannya tablet lokal apa tuh sob?
    tipsnya berguna banget, lumayan bisa nambah teliti buat beli tablet.

    BalasHapus
  6. kelemahan dari tablet lokal yg pernah saya alami adalah layar sentuhnya kurang peka jadi harus agak ditekan beda dengan yg branded seperti samsung galaxy tab 7.0 plus sangat peka...

    BalasHapus
  7. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam