ads

Fitur-fitur Andalan Bawaan Android

Selasa, 04 September 2012

Sistem operasi Android sebenarnya memiliki fitur-fitur bawaan yang sangat mengagumkan. Namun karena banyaknya tawaran aplikasi yang menarik khususnya melalui Google Play, akhirnya fitur-fitur bawaan itu agak terlupakan. Fitur-fitur ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi pengguna Android, karena dapat menunjang aktivitas sehari-hari seperti peta jalan raya lengkap dengan lokasi-lokasi terdekatnya, fitur pencarian dengan suara, tulisan tangan tanpa harus mengetik dan lain-lain yang memanjakan kita sebagai penggunanya. 


Nah kali ini saya akan menulis tentang fitur-fitur bawaan Android yang tanpa disadari sebenarnya sangat membantu dan menunjang kegiatan kita sehari-hari. Berikut ini fitur-fitur andalan bawaan Android : 


  1. Google Voice Action. Yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya menggunakan perintah suara ketika akan mencari kata-kata tertentu di mesin pencari, mengirim email, mengirim sms, mencari petunjuk jalan atau mendengarkan musik. Caranya geser homescreen hingga anda menemukan Google Searchbar, lalu sentuh ikon mikrofon dan pilih “voice action” lalu anda tinggal bicara sesuai yang anda inginkan. 
  2. Google Handwrite. Yaitu fitur yang memungkinkan penggunaan Android menggunakan tulisan tangan di perangkatnya tanpa harus mengetik. Caranya buka google.co.id/preferences?hl=id dari browser bawaan ponsel anda, lalu pada menu “tulisan tangan” pilih aktifkan, kemudian scroll ke bawah dan tekan “Simpan” lalu coretkan sesuatu maka Android anda akan mengubahnya menjadi tulisan ketik. 
  3. Google Goggles. Yaitu fitur yang memanfaatkan hasil jepretan yang menggunakan teknologi pengenalan citra (image recognition technology) untuk melakukan pencarian produk, landmark, karya seni, nama toko serta gambar populer langsung dari internet. Selain itu teknologi pengenalan citranya dapat digunakan untuk menemukan terjemahan kosa kata asing dari Bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Portugis dan Rusia. 
  4. Latitude. Yaitu layanan berbagi lokasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi teman serta memperlihatkan lokasi anda kepada teman dalam daftar kontak latitude anda. 
  5. Navigation. Yaitu fitur yang memberikan informasi mengenai rute atau jalan yang anda inginkan agar anda lebih cepat mencapai tujuan yang anda harapkan tersebut. 
  6. Local. Yakni aplikasi bawaan Google yang menampilkan point of interest (tempat tujuan) yang berada di sekitar lokasi anda berada. Aplikasi ini berisi informasi tempat-tempat seperti restoran, kafe, bar, ATM, hotel dan sebagainya. 
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Dikutip dari Tabloid Pulsa Edisi 241

2 komentar for Fitur-fitur Andalan Bawaan Android:

  1. Ansroidku blm aku oprek, tapi cukup puas dgn fitur2 dasar

    BalasHapus
  2. iya mas kalo dioprek semua bisa2 ga kerja-kerja nih... keasyikan sih...

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam