ads

Makerbot Perkenalkan Printer 3D Replicator 2

Kamis, 20 September 2012

Era 3D atau tiga dimensi sepertinya sudah dimulai. Diawali dari gambar 3 dimensi, kemudian film 3 dimensi, suara 3 dimensi, dan kini hadir teknologi baru printer 3 dimensi. Printer 3D buatan dari Makerbot Industries ini diberinama Replicator 2. Printer ini dapat mencetak sesuatu yang mirip dengan aslinya dalam bentuk tiga dimensi. 


Replicator 2 ini mempunyai ukuran 11,2 x 6,1 x 6,0 inci (410 inci kubik), framenya tidak lagi dilapisi kayu tetapi sudah dilapisi rangka baja dengan sisi plastik PVC untuk membantu melindungi bagian yang bergerak. Printer ini memiliki resolusi 100 mikron dan menggunakan bahan plastik baru yang bernama PLA Filament yang diklaim tidak akan mengembang saat terkena panas, tidak berkontraksi saat sudah dingin. Harga printer 3 dimensi ini dibanderol dengan harga 2.199 dolar dan 2.799 dolar untuk Replicator 2X. 


Untuk menjalankan perangkat ini diperlukan perangkat lunak baru, yang disebut MakerWare yang sangat menyederhanakan tindakan obyek pencetakan. Printer ini sudah mendukung sistem operasi Windows XP/7, Ubuntu Linux dan Mac OS X. Anda bahkan dapat drag dan drop beberapa model menjadi sebuah platform bangun virtual, dan skalanya secara simultan. Sehingga dengan printer ini anda dapat membuat mainan anak seperti yang diinginkan dari gambar aslinya. 

2 komentar for Makerbot Perkenalkan Printer 3D Replicator 2 :

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam