ads

Berkurban Dengan Tulisan

Jumat, 26 Oktober 2012
(Penyerahan hadiah sapi kurban dan iPad 2 Wifi 32 GB oleh Mas Tony dari pihak Extra Joss)

Hari ini seluruh umat muslim merayakan Idul Adha 1433 Hijriah dan wukuf di Arafah bagi saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah haji. Lebaran Idul Adha kali ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena Hari Raya Idul Adha sekarang saya bisa berkurban bukan kambing atau domba tapi langsung sapi. Bukan karena saya kaya dan banyak uang, tetapi ini berkah dari Allah SWT melalui jalan lomba foto blogging VIVA.co.id yang bekerjasama dengan Extra Joss. 


Bagi saya membeli sapi dengan harga diatas 10 juta sepertinya harus mengumpulkan uang gaji saya selama 17 bulan dengan tidak menggunakan uang gaji tersebut. Maklum saya hanya seorang guru honorer dengan pendapatan pas-pasan yang harus membiaya sekolah ketiga anak dan istri saya. 

Tapi Allah Maha Mendengar termasuk doa saya. Beberapa bulan yang lalu saya punya keinginan untuk berkurban, tapi apa daya uang tidak ada. Tiba-tiba disalah satu situs berita VIVA.co.id mengadakan Lomba Foto Blogging dengan hadiah sapi. Jiwa penulis dan blogger saya muncul untuk bisa mendapatkan sapi untuk kurban melalui tulisan. Lalu saya berburu tempat yang layak mendapat hewan kurban sebagai persyaratan untuk mengikuti lomba tersebut. Akhirnya saya pilih kampung Kemped Kidul Desa Karangmulya Kec. Kandanghaur kabupaten Indramayu sebagai objek tulisan saya. 

Setelah tulisan saya dipublikasikan melalui VIVAlog – VIVA.co.id, tulisan saya mendapat pengunjung yang signifikan bahkan mencapai hits hingga 1.000 orang lebih dalam satu hari untuk tulisan itu saja. Setelah beberapa minggu pihak VIVA mengumumkan 10 Nominasi Extra Joss Berani Berkurban dan Alhamdulillah tulisan saya masuk ke dalam 10 besar. 

Setelah pengumuman 10 Nominasi Extra Joss Berani Berkurban, dari pihak mengadakan voting penyelenggara selama tiga hari melalui berbagai cara yaitu tanda like di facebook, vote di forum dan vote di halaman depan situs VIVA.co.id. Voting ini akan menentukan 3 pemenang dan juara 1 berhak mendapat seekor sapi. 

Karena keinginan untuk berkurban sangat besar, saya sebagai guru meminta bantuan siswa pada jam Teknologi Informasi dan Komunikasi serta pada jam selepas sekolah untuk memberi tanda like di facebook. Karena murid di tempat saya mengajar jumlahnya lebih dari 1.000 siswa, maka banyak tanda like di foto sebagai dukungan murid  kepada gurunya. 

Selain itu saya juga meminta bantuan rekan-rekan blogger dari Kalimantan, Jakarta, Tangerang, Sukabumi dan Indramayu, yang mempunyai akun di VIVAlog dan Forum VIVA untuk memvote tulisan saya tersebut. Di samping itu beberapa siswa diluar jam belajar setelah pulang sekolah ada yang saya tugaskan untuk mengklik tanda vote di halaman depan situs VIVA.co.id

Pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2012 saya mendapat telepon dari Admin VIVA.co.id bahwa saya memenangkan Lomba Foto Blogging Jiwa Laki Berani Berkurban. Saya sangat senang dan bersyukur sekali, karena hadiah sapi ini akan saya berikan kepada orang-orang yang masih membutuhkan di kampung Kemped Kidul yang makan daging hanya setahun sekali pada saat lebaran Idul Adha. Selain hadiah sapi ternyata saya juga mendapat hadiah hiburan berupa iPad 2 Wifi 32 GB yang mudah-mudahan bermanfaat buat saya dan keluarga saya. 

Dalam hati kecil saya kalau kita mempunyai niat yang tulus untuk berbuat baik, Allah pasti akan memberikan jalan dari jalan yang tidak kita sangka dan kita duga sebelumnya. Nah itulah sekelumit cerita saya yang bisa berkurban melalui tulisan. Mudah-mudahan tulisan ini menginspirasi anda untuk terus berbagi dan peduli kepada siapa saja yang membutuhkan.

23 komentar for Berkurban Dengan Tulisan:

  1. Baik banget...semoga dapet berkah yang lebih baik lagi pak. Salam penulis sukses

    BalasHapus
  2. 1. Allah Maha Tahu siapa yang harus dikabulkan doanya
    2. Allah Maha Tahu siapa yang memenuhi syarat doanya terkabul
    3. Allah juga Maha Tahu siapa yang telah memenuhi hati dan cita-citanya dengan keikhlasan

    Tiba saatnya Allah menentukan pilihan... dan Andalah yang menurut Allah layak untuk mendapatkan hadiah itu.

    congratulations to you!

    BalasHapus
  3. wah senangnya,,,
    selamat ya om,,,

    BalasHapus
  4. Proficiat dan layak dijadikan teladan

    BalasHapus
  5. Selamat ya Pak atas pencapaiannya, kerja keras anda selama ini ternyata membuahkan hasil yang manis bagi banyak pihk.

    BalasHapus
  6. Selamat Hari Raya Idul Adha, Pak Guru. Proficiat atas kemenangannya dlm lomba foto blog. Ikut bangga ketika membaca berita tentang Anda di vivanews.com Moga makin maju dan sukses.

    Salam kenal dari seorang guru di Flores.

    BalasHapus
  7. terima kasih semuanya... komentar andapun memacu saya untuk terus berkarya dan memberi kebahagiaan buat orang banyak

    BalasHapus
  8. wah kang saya turut berbangga lho ... akhirnya prediksi saya benar, kang didno yang memenangkan sapi kurbannya ... Congratz ya bro!

    BalasHapus
  9. oke kang terima kasih atas bantuannya melalui forum viva

    BalasHapus
  10. kang didno yang pakai baju batik ya? hehehe
    selamat mas.. salut deh.. :)

    BalasHapus
  11. iya saya pake baju batik... terima kasih ya..

    BalasHapus
  12. sesuatu yang berniat ikhlas membantu orang lain, pasti Tuhan akan membalasnya dengan nikmat yang lebih..
    muridmu ini merasa tersanjung pak'
    :)
    selamat ya pak, teruslah berkarya masih ada langit di atas langit itu..

    BalasHapus
  13. Selamat ya kang Didno :D
    Saya ikut deg-degan waktu masa perhitungan . hihihi
    Rejeki emang gak kemana. Semoga berkah ya...

    Mau donk tulisan proses acara kurbannya...

    BalasHapus
  14. niat saja sudah berpahala... apalagi benar2 terlaksana. selamat ya mas...

    BalasHapus
  15. terima kasih ya... Adyt, Galoeh dan Irma

    BalasHapus
  16. Wah selamat ya Kang Didno, alhamdulillah semoga senantiasa berkah dan tambah sukses, amien ya Rabb

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam