ads

Cara Memantau Keluarga Menggunakan Tablet

Selasa, 16 Oktober 2012

Tablet sebagai perangkat canggih sudah sewajarnya dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal. Jika anda memiliki tablet, banyak hal yang dapat dilakukan dengan perangkat canggih yang satu ini. Salah satunya memanfaatkannnya menjadi kamera pengawas. Anda dapat memantau aktifitas di suatu tempat dengan webcam atau CCTV yang ada pada PC dan melihatnya di tablet dimanapun anda berada. 

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Gotocamera, aplikasi gratisan yang diinstal pada PC atau laptop ini dulunya bernama HomeCamera. Aplikasi ini dapat dikoneksikan dengan 4 webcam atau kamera CCTV ke PC/laptop anda dan dapat menggunakannya secara bersamaan untuk mengawasi keadaan rumah, toko atau yang lainnya. Anda dapat mengakses webcam tersebut dari internet di tablet atau perangkat lainnya.

Berikut cara memantau keluarga menggunakan tablet

  1. Download Aplikasi Gotocamera disini 
  2. Instal di PC atau laptop yang memiliki kamera webcam atau yang tersambung dengan CCTV. 
  3. Jalankan aplikasi dan pastikan PC anda sudah terhubung dengan internet dan mengklik “Connect” 
  4. Anda dapat melakukan pengaturan dari fitur yang tersedia mulai dari menentukan nama kamera yang akan terlihat di layar. Bila anda menggunakan lebih dari satu kamera, masukkan jenis kamera, video input, output pin hingga picture quality. 
  5. Fitur motion detection berisikan pengaturan sensitivity control hingga alarm setting. Anda juga dapat mengatur pengiriman informasi bila alarm deteksi pergerakan diatur dengan pemberitahuan berupa pesan singkat atau sms. 
  6. Pada prinsipnya aplikasi ini serupa dengan yang terdapat pada CCTV di ATM yang kebanyakan hanya merekam bila ada pergerakan. Artinya bila tidak ada pergerakan maka aplikasi ini tidak akan merekamnya. 
  7. Bila sumber perekaman berasal dari webcam yang memiliki piksel pas-pasan, aplikasi ini menyediakan pengaturan yang membuat hasil pengambilan gambar atau perekaman webcam menjadi lebih optimal. Anda dapat mengatur ketajaman warna, saturasi, dan lainnya dengan lebih sempurna.
  8. Bila pada PC aplikasi berjalan dengan baik, selanjutnya adalah mengecek hasil rekaman tersebut melalui tablet. Caranya buka di tablet halaman www.gotocamera.com dan sign in dengan mengisi username dan password yang anda berikan saat menginstal aplikasi Gotocamera di PC. Anda bisa mengklik image saja atau menampilkan streaming pada tablet tersebut. Bila sudah benar maka hasilnya bisa dilihat. Anda juga dapat memberikan akses tersebut kepada orang lain yang melihatnya melalui PC, tablet atau jalur internet lainnya. 

Semoga bermanfaat Dikutip dari Tabloid Pulsa Edisi 244

6 komentar for Cara Memantau Keluarga Menggunakan Tablet:

  1. calon BOM bulan oktober nih :)

    BalasHapus
  2. terima kasih ya infonya... sangat membantu sekali

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat info-infonya...

    BalasHapus
  4. wah,,hebat bener ya tehnologi ini, bisa ga ya buat mantau para tukang rusuh di negri kita ini,,,

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam