ads

Liga Blogger Indonesia Lomba Blog Paling Unik

Rabu, 03 Oktober 2012
Kalau mendengar atau melihat liga volley ball sepertinya sudah biasa, liga sepak bola apalagi, tapi kalau liga blogger sepertinya saya baru dengar. Blogger dari Semarang atau lebih dikenal dotsemarang memang sangat kreatif dan inovatif dengan menyelenggarakan Liga Blogger Indonesia. Liga Blogger Indonesia merupakan kompetisi blogger paling unik yang pernah ada, karena sistemnya yang berbeda dengan kompetisi lainnya. 

Kompetisi ini dinilai bukan dari peringkat teratas dari kata kunci tertentu, atau bagus tidaknya tulisan dari si pemilik blog. Tapi panitia memiliki penilaian tersendiri dengan memberikan poin kepada blogger yang telah menyelesaikan tantangan yang diberikan kepada peserta liga. Tiap minggu tantangannya akan berbeda-beda, dan pesertanya diharapkan mengikuti tantangan tersebut. Juara Liga Blogger Indonesia adalah peserta yang memiliki poin tertinggi di akhir liga nanti. 


Poin teratas Liga Blogger Indonesia adalah 3 sama seperti poin dalam permainan sepakbola. Dengan ketentuan 1 poin jika postingan di blog lebih dari 3 postingan selama seminggu minimal dan maksimal tidak terbatas tapi akan tetap dihitung 3. Peserta Liga Blogger akan mendapat tambahan 1 poin jika jumlah komentar minimal 5 komentar dari jumlah total 3 postingan yang ada di blog, Selain itu peserta Liga Blogger akan mendapat 1 poin jika menyelesaikan tema yang diberikan tiap pekannya. 

Walaupun Liga Blogger Indonesia ini tidak memberikan hadiah yang wah, seperti lomba-lomba lainnya, tetapi hebatnya jumlah peserta lomba ini membludak, melebihi ekspektasi panitia sebelumnya. Kemudian setelah dilihat daftar pesertanya, ternyata peserta yang mengikuti lomba ini banyak dari kalangan para penulis buku, blogger-blogger senior yang sudah malang-melintang di dunia perbloggeran Indonesia. Tapi buat blogger pemula tidak usah berkecil hati. Karena dengan seringnya mengikuti lomba menulis, lomba SEO atau lomba yang lainnya, kita bisa mengukur sampai sejauh mana tulisan kita bisa dipahami dan dimengeri orang lain. 

Tujuan dotsemarang mengadakan Liga Blogger Indonesia ini adalah untuk memberikan apresiasi atau reward kepada rekan-rekan blogger sehingga harapannya agar rekan-rekan blogger dapat terangsang untuk selalu mengupdate blognya, serta bisa berfikir secara cepat, tepat, dan kreatif menurut saya sudah berhasil. Walaupun menurut saya masih ada kekurangan dalam hal penilaian yang memasukkan unsur banyaknya komentar dalam penilaian, karena di beberapa postingan banyak komentator yang tidak mau menyebutkan identitasnya alias Anonim yang bisa saja ditulis oleh si pemilik blog atau komentator pesanan atau suruhan. Tapi saya tetap memberikan acungan jempol buat dotsemarang yang telah menjadi pelopor Liga Blogger Indonesia. 

7 komentar for Liga Blogger Indonesia Lomba Blog Paling Unik:

  1. mantabss kang Dino

    trims yah :D

    BalasHapus
  2. wah lombanya memang unik ya ...

    BalasHapus
  3. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  4. wah, idenya cemerlang nih, salut.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam