ads

Memanfaatkan Ponsel Untuk Menghasilkan Uang

Minggu, 28 Oktober 2012

Sekarang hampir semua orang mempunyai ponsel, dari yang berharga murah hingga yang berharga mahal, dari petani hingga pejabat tinggi. Sadar atau tidak sekarang ponsel sudah menemani kemanapun anda pergi. Bahkan bisa mengalahkan kecintaan kita pada orang-orang yang kita sayangi. Anak, suami atau istri, pacar, atau keluarga sering ditinggal pergi, tetapi ponsel tidak akan ketinggalan saat anda pergi. 

Ponsel sebenarnya tidak hanya digunakan untuk menelepon dan sms-an saja, tapi ponsel sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menjual barang dan menghasilkan uang. Apalagi pesatnya perkembangan teknologi ponsel ditunjang dengan maraknya jejaring sosial, memungkinkan anda menghasilkan uang dengan menggunakan ponsel.

Berikut cara memanfaatkan ponsel untuk menghasilkan uang

  1. Aktifkan Internet. Internet adalah kunci utama untuk memulai bisnis khusus di dunia maya. Dengan mengaktifkan internet di ponsel anda, maka anda akan seperti membuka ruangan harta karun. Fitur-fitur yang sebelumnya tidak digunakan, kini bisa dimanfaatkan untuk membuka email, messenger, blogging, jejaring sosial, browsing, hingga file sharing. 
  2. Akun Email. Buatlah akun email yang akan menjadi hal yang berharga dalam menunjang bisnis anda. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, akun email merupakan sarana untuk membuat jejaring sosial yang nantinya berguna untuk pemasaran bisnis anda. Email juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim informasi terbaru dari produk anda. Selain itu bisa dimanfaatkan untuk bergabung dengan mailing list atau forum-forum yang sesuai dengan produk yang anda tawarkan. 
  3. Buatlah Blog. Membuat blog tidaklah serumit seperti membuat website atau toko online sendiri. Saat ini telah banyak layanan blog gratis yang menyediakan fasilitas yang tidak kalah dengan website professional, seperti blogspot.com dan wordpress.com. Kedua layanan ini memiliki kelebihan selain gratis juga kompatibel dengan browser ponsel, dan bisa update langsung dari ponsel. Tinggal memikirkan nama blog yang paling mewakili produk anda. 
  4. Manfaatkan Kamera Ponsel. Anda tidak perlu lagi mengundang fotografer professional untuk menciptakan foto terbaik dari produk anda. Anda hanya perlu mengambil foto dengan gambar yang terlihat jelas dan informatif. Di BlackBerry anda bisa menggunakan aplikasi Munched untuk membubuhkan tulisan yang sesuai dengan produk anda. 
  5. Info Produk Up to Date, Lengkap dan Efektif. Untuk menunjang foto yang dicantumkan di blog sebaiknya deskripsikan dengan detil produk anda, agar pembaca menjadi tahu dan mengerti tentang gambar dan produk tersebut. Hal penting lainnya adalah jika ada perubahan harga atau spesifikasi produk, segeralah update blog anda. Sedikit saja informasi melenceng dari kondisi produk anda bisa akan membuat konsumen kecewa. Informasi di blog harus selalu sesuai dengan produk aslinya. 
  6. Mempunyai Jejaring Sosial. Jejaring sosial seperti perpanjangan tangan kita. Infokan barang anda ke rekan-rekan melalui facebook, dan twitter dengan sejelas-jelasnya tanpa privasi mengurangi privasi mereka. Cantumkan link ke blog anda di status facebook atau profil twitter, lalu mention dan follow teman-teman anda. Sebarkan foto produk anda melalui instagram, kemudian tag rekan-rekan anda sehingga mereka bisa melihat produk terbaik yang anda miliki. Buatlah Fan Page dan group facebook. Undanglah rekan-rekan anda untuk bergabung di sana dan tawarkan produk yang anda miliki.
  7. Gunakan Fitur Chatting. BlackBerry Messenger cukup efektif digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan calon pembeli. Keuntungannya sekali anda bertukar pin dengan konsumen, maka anda akan terhubung dengannya secara terus-menerus. Anda juga bisa membuat group untuk toko anda, dengan demikian setiap ada update produk baru, anda melakukan broadcast ke seluruh anggota group dalam sekali klik. Whatsapp adalah alternative lainnya, aplikasi messaging ini kian menanjak popularitasnya setelah banyak diminati pengguna Android dan iPhone. Masih banyak aplikasi chatting lainnya seperti ChatOn, Line Messenger, Kik Messenger, YM dan lain-lain semuanya gratis dan fiturnya lengkap. 
  8. Main Ke Forum dan Komunitas. Masuklah ke forum-forum online untuk bertemu konsumen dan mencari pelanggan baru. Forum seperti VIVA forum, Kaskus sangat efektif untuk memasarkan produk anda. Mengingat jumlah anggotanya yang sangat banyak. Selain forum anda juga bisa bergabung dengan komunitas seperti Komunitas Android, iOS atau BlackBerry.
  9. Gunakan Peta. Untuk menunjukkan dimana lokasi toko anda bisa menggunakan peta digital seperti Google Maps di Android, Ovi Maps di Symbian dan peta BlackBerry. Tak hanya menunjukkan secara presisi mengenai lokasi, Anda bahkan dapat memandu konsumen untuk sampai ke sana. 
Sumber Tabloid Pulsa Edisi 245

9 komentar for Memanfaatkan Ponsel Untuk Menghasilkan Uang:

  1. Mantap infonya gan thanks salam knal..PPC indo bru... http://www.klikiklanblogger.com

    BalasHapus
  2. Sangat membantu untuk promosi bisnis online dan yang lainnya be smart....

    BalasHapus
  3. Iya nih belum kesampaian punya toko onlinenya

    BalasHapus
  4. Betul gan, peluang ternyata memang ada dimana-mana. Artikelnya sip banget.

    BalasHapus
  5. Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas... www.okartikel.com

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam