ads

Nissan NSC-2015 Mobil Yang Bisa Dikendalikan Menggunakan Smartphone

Kamis, 04 Oktober 2012

Inovasi teknologi terus berlanjut kali ini datang dari dunia otomotif. Perusahaan otomotif Jepang yakni Nissan baru saja memamerkan sebuah konsep mobil terbarunya dengan nama NSC-2015 di pameran CEATEC 2012 Smart Mobility Zero. Mobil ini selain bisa dikendarai secara manual dengan memegang setir, juga bisa dikendalikan menggunakan smartphone Samsung Galaxy SIII yang menggunakan jaringan LTE (Long Term Evolution). 


Mobil ini menggunakan serangkaian sensor, kamera dan servos, sehingga mobil ini mampu memutarkan roda kemudi ditambah mengaktifkan throttle dan shifter untuk navigasi melintasi jalan raya, mengenali tanda-tanda di jalan seperti zebra cross, atau tanda di area parkir sehingga mobil ini bisa tetap jalan, atau berhenti dengan sendirinya. 


Ide pembuatan mobil ini adalah membuat mobil yang bisa berkendara sendiri di jalanan, mencari tempat parkir dan menyelipkan dirinya di sana, lalu mobil ini kembali lagi dihadapan Anda dengan hanya menyentuh satu tombol. Jadi tidak usah menyuruh valet untuk memarkirkan mobil anda. Selain itu Anda bisa mengecek kondisi mobil ini dari jarak jauh dengan bantuan smartphone. Anda juga akan mendapat pemberitahuan jika mobil ini ada yang mencoba mengganggu atau membawa kabur. 

Namun karena legalitasnya belum sepenuhnya mengijinkan untuk sebuah mobil yang bisa jalan sendiri tanpa ada seseorang yang duduk di belakang kemudi. Jadi harus menunggu sampai ada kesepakatan antara pemerintah, kepolisian dan produsen mobil. 

1 komentar on Nissan NSC-2015 Mobil Yang Bisa Dikendalikan Menggunakan Smartphone

  1. wah kalo hapenya nyemplung gimana ya? nabrak ga tuh..?

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam