ads

Panduan Penggunaan Perangkat Android

Senin, 08 Oktober 2012

Perangkat Android saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Dalam sehari jumlah aktivasi perangkat android baru bisa mencapai 1,3 juta unit. Tentu tidak mengherankan bila banyak pengguna baru yang perlu banyak belajar untuk mengenal kecanggihan platform buatan Google ini. Lantas hal-hal dasar apa saja yang perlu anda ketahui agar anda memperoleh manfaat optimal dari menggunakan perangkat berbasis Android ini. 


Agar anda tidak kebingungan dalam mengoperasikan perangkat Android baru anda, berikut ini panduan menggunakan perangkat Android : 
  1. Tombol Power. Dengan menekan dan menahan tombol power, selain akan membawa anda pada fungsi menyalakan atau mematikan perangkat juga dapat menjadi jalan pintas bagi anda untuk mengaktifkan flight mode dan silent mode. 
  2. Tombol Search. Kebanyakan perangkat Android telah dilengkapi dengan fungsi pencarian suara (voice search) yang menyajikan hasil pencarian Google berdasarkan kata yang Anda ucapkan. Untuk masuk ke fungsi pencarian suara silakan tekan dan tahan tombol search selama beberapa saat. 
  3. Tombol Beranda (Home Key). Dengan menekan tanda beranda Anda akan melihat tampilan awal perangkat Android beserta shortcutnya. Shortcut tersebut bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda. 
  4. Teks. Ketika anda menekan teks dan menahan teks tersebut maka sistem akan secara otomatis menampilkan kursor yang memungkinkan anda memilih bagian teks yang akan anda salin, setelah Anda menandai teks yang ingin disalin, silakan anda tekan dan tahan sekali lagi hingga muncul pilihan cut, copu atau paste. Selanjutnya tekan dan tahan pada bagian kosong hingga kembali muncul menu cut, copy dan paste untuk kemudian anda pilih paste guna memunculkan teks yang anda salin. 
  5. Desktop. Tekan dan tahan jari anda pada halaman depan perangkat anda sehingga keluar pilihan untuk menambahkan widget, shortcut, folder hingga wallpaper ke halaman depan. 
  6. Widget. Merupakan elemen atau bagian antarmuka grafis atau GUI baik berupa teks, tombol dan sebagainya yang menyuguhkan informasi atau pengaturan yang dapat dikurangi atau ditambahkan oleh pengguna. Dengan widget anda dapat menghiasi halaman depan perangkat Android anda dengan beragam ikon yang menyajikan informasi atau jalan pintas seting sebuah perangkat. 
  7. Web Shortcut. Tidak semua website favorit anda memiliki aplikasi resmi yang mendukung platform Android. Untuk itu ada baiknya Anda memasang shortcut ke web favorit di halaman depan. 
  8. Apps Shortcut. Sama seperti web shortcut, Anda dapat juga membuat akses pintas ke aplikasi yang kerap anda gunakan di halaman depan. Bagi anda yang menggunakan Android Ice Cream Sandwich anda dapat menciptakan shortcut dengan cara menekan dan menahan ikon aplikasi pada halaman menu dan memindahkannya ke halaman depan, sedangkan bagi perangkat Android Gingerbread atau froyo anda dapat melakukan dengan cara menekan dan menahan jari anda pada halaman denpan hingga masuk ke shortcut lalu pilih application. 
  9. Contact Shortcut. Dengan contact shortcut anda kini dapat mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon langsung dari halaman depan. Caranya sama yakni menekan dan menahan jari pada halaman depan hingga masuk ke shortcut lalu pilih direct dial atau direct message. 
  10. Homescreens. Antarmuka Android terdiri dari banyak homescreen yang dapat anda isi dengan beragam shortcut dan widget dengan fungsi yang berbeda untuk masing-masing homescreen. Anda dapat mengisi homescreen dengan widget multimedia yang terdiri dari pemutar musik, video, atau kamera dan galeri. 
  11. Folder. Merupakan sebuah wadah yang dapat menampung beragam shortcut, ikon dan widget dalam satu tempat. 
  12. Wallpaper. Anda dapat menggunakan wallpaper untuk mempercantik tampilan perangkat Android anda. Selain memasang wallpaper dari internet, anda juga dapat memasang foto anda sendiri dengan cara menekan dan menahan bagian kosong dari halaman depan perangkat Android anda lalu masuk ke wallpaper dan memilih galeri. 
  13. Screen Lock. Anda khawatir informasi yang anda simpan didalam perangkat Android anda dilihat orang, tidak usah khawatir karena anda dapat mengunci perangkat anda dengan masuk ke menu => settings => Location and security => screen lock. Anda dapat memilih nomor sebagai PIN, huruf sebagai password atau pola garis sebagai pattern lock. Jika perangkat anda sudah menggunakan Android Ice Cream Sandwich anda bisa merekam wajah anda dan menggunakanya sebagaia kunci ponsel. Dengan memanfaatkan kamera depan, ponsel atau tablet akan mengenali wajah pemiliknya dan membuka secara otomatis. 
  14. Backlist Contact. Anda merasa terganggu dengan panggilan telepon dari seseorang, tenang anda dapat memblokir panggilan dari kontak tersebut dengan cara masuk ke contackt atau people pada Android Ice Cream Sandwich dan Jellybean, lalu tekan tombol menu baik fisi atau virtual lalu berikan tanda centang pada “send calls directly to voicemail”. 
  15. Gold List Contact. Kebalikan dari backlist contact, gold list contact memungkinkan Anda untuk menandai panggilan dari orang penting dengan menggunakan nada dering khusus. Dengan demikinan Anda tidak perlu melihat ponsel untuk mengetahui siapa yang memanggil anda. 
  16. Nada Dering MP3. Anda dapat menggunakan nada dering dari bawaan atau koleksi Anda sendiri. Untuk mengubah nada dering dari koleksi ringtone bawaan, Anda cukup masuk ke settings =>sound=>phone ringtone. Sementara jika anda ingin memilih nada dering dari koleksi lagu MP3 anda, anda cukup mainkan MP3 tersebut dengan masuk ke pemutar musik bawaan ponsel dan menekan menu lalu pilih “set as ringtone” 
  17. Matikan Pemberitahuan Email. Anda sering mendapatkan email spam, jika seperti itu sebaiknya anda mematikan pemberitahuan email. Caranya cukup masuk ke settings =>accounts and sync lalu hilangkan tanda centang pada email Gmail. 
  18. Mematikan Wi-Fi. Ketika anda sedang dalam perjalanan ada baiknya anda mematikan Wi-Fi ini berfungsi untuk menghemat baterai agar tidak cepat habis. 
  19. Mematikan Bluetooth. Sama seperti Wi-Fi, dengan membiarkan Bluetooth menyala terus di perangkat anda, maka baterai ponsel anda akan cepat habis. 
  20. Mematikan Autobrigthness. Autobrigthness atau kecerahan otomatis memang memudahkan anda dalam melihat ke layar ponsel anda meski pada kondisi lingkungan dengan pencahayaan yang berubah-ubah. Akan tetapi Autobrigthness dapat menyedot daya yang cukup besar. 
  21. Power Saving Menu. Pada beberapa merek dan tipe smartphone Android tertentu biasanya ditemukan menu penghematan daya secara otomatis yang berfungsi supaya baterai tidak cepat habis. 
  22. Task Manager. Aplikasi yang berjalan dalam mode background, tentu akan menyebabkan daya baterai dari ponsel Anda terkuras tanpa Anda sadari. Untuk itu menginstal task manager untuk menutup aplikasi yang berjalan dalam mode background tentu akan sangat bermanfaat untuk memperpanjang masa siaga baterai ponsel Anda. 
  23. Video, Game dan Bunyi Speaker. Memutar video atau bermain game dengan ponsel tidak disangsikan lagi merupaka cara paling cepat untuk menghabiskan baterai ponsel anda. Untuk itu jika anda sedang dalam perjalanan jauh serta memerlukan ponsel anda agar terus siaga maka anda harus menahan diri dari dua aktivitas tersebut. 
Semoga bermanfaat. Diutip dari Tabloid Pulsa Edisi 244.

1 komentar on Panduan Penggunaan Perangkat Android

  1. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang panduan penggunaan perangkat amdroid... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam