ads

Sejarah Sumpah Pemuda

Senin, 22 Oktober 2012

Sebentar lagi bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Setiap tanggal 28 Oktober seluruh elemen bangsa selalu memperingati hari “Sumpah Pemuda” biasanya diisi dengan upacara atau kegiatan yang bermanfaat lainnya. Sedikit mengulas sejarah lahirnya Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II, yang dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai "Hari Sumpah Pemuda". 

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Moehammad Yamin. 


Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu "Indonesia Raya" karya Wage Rudolf Supratman yang dimainkan dengan biola saja tanpa syair, atas saran Sugondo kepada Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia. 

Berikut Sumpah Pemuda versi orisinal :

Pertama 
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. 

Kedoea 
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. 

Ketiga 
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. 

Nah itu sekelumit sejarah sumpah pemuda. Tapi buat kita sebagai generasi penerus, sebaiknya kita mengisi kemerdekaan yang telah dicapai oleh Bangsa Indonesia ini dengan hal-hal yang positif. Kita harus sadar bahwa masa muda hanya sekali dan jangan sampai disia-siakan. Apalagi diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti tawuran, narkoba, minum-minuman keras, pergaulan bebas, pornoaksi, tindak kekerasan, dan kegiatan tidak bermanfaat lainnya. 

Sekarang mari kita isi dengan hal-hal yang positif yang menjadi cita-cita pemuda pada masa sebelum kemerdekaan. Mereka berharap pemuda-pemudi saat ini bisa mengharumkan nama baik bangsa Indonesia dengan prestasi dan karya-karya yang membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia. Seperti dalam hal pendidikan, olahraga, teknologi dan bidang-bidang lainnya. Oleh karena itu ayo pemuda-pemudi Indonesia kalian bisa berprestasi dan berkreasi.

1 komentar on Sejarah Sumpah Pemuda

  1. maju terus pemuda Indonesia... penjajahan sekarang justru dari sekitar kita dan diri kita

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam