ads

Tips Memilih Ponsel Kamera

Kamis, 11 Oktober 2012

Indonesia kini menjadi tujuan utama vendor-vendor luar negeri dalam menggelontorkan ponsel terbarunya. Beragam jenis ponsel dengan desain, fitur dan harga yang kompetitif merambah segala segmentasi. Umumnya ponsel-ponsel yang beredar di pasaran telah memiliki fitur super lengkap sehingga keberaadaan ponsel kini tidak lagi sebatas alat komunikasi belaka tetapi sudah menjadi multifungsi, pengganti beragam perangkat. 


Dari sekian banyak fitur ponsel, kamera menjadi fitur yang sangat populer, lantaran fungsinya menggantikan kamera digital. Desain ponsel yang semakin simpel, menarik dan dikemas mobile, tentunya sangat membantu mereka yang hobi dengan fotografi ataupun mewakili habit narsis. Banyak bermunculan ponsel kamera di tanah air, membuat konsumen bingung untuk memilih ponsel kamera. 

Berikut tips memilih ponsel kamera
  1. Desain Ponsel Kamera. Desain ponsel, ukuran dan berat menjadi tolak ukur dalam memilih ponsel kamera karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan dalam penggunaannya. Pilihlah ponsel kamera yang simpel dan ringan serta mudah dibawa-bawa karena akan memudahkan dalam kegiatan memotret ataupun merekam video. 
  2. Resolusi kamera. Resolusi merupakan jumlah piksel yang tersusun dalam sebuah gambar digital. Resolusi ditentukan dengan jumlah dan kumpulan piksel yang membentuk foto dan titik dalam bidang gambar yang sangat menentukan kualitas gambar. Semakin besar angka megapiksel, semakin jelas dan bagus kualitas foto saat dicetak. 
  3. Autofocus, Lensa dan Sensor Kamera. Fitur autofocus menjadi wajib karena dapat memfokuskan objek tertentu pada hasil foto. Karena adakalanya hasil foto akan terlihat focus saat dilihat di layar ponsel, tetapi pada saat dilihat di komputer atau di print menjadi blur atau buram. Sementara untuk jenis lensa saat ini yang ada di pasaran adalah jenis lensa Carl Zeiss. Sedangkan untuk jenis sensor kamera, ada dua tipe yaitu, CCD (Charge Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Umumnya fitur ini hanya ada di ponsel kamera level menengah dan premium. 
  4. White Balance, Exposure, Sciene Mode. White Balance membantu pengaturan exposure (bukaan lensa) yaitu mengkondisikan cahaya sekitar. Tanpa white balance dan exposure pengguna akan mendapatkan hasil foto yang kurang maksimal. Sementara jenis Sciene mode sangat membantu untuk pengaturan exposure kamera sesuai dengan kondisi pencahayaan saat malam, siang, indoor (incandescent dan flourscent). 
  5. Flash Light. Flash light merupakan faktor penting sebuah kamera, karena fitur ini dibutuhkan untuk pengambilan foto di dalam ruangan. Ada tiga macam tipe lampu flash yaitu Single LED flash, Dual LED flash dan Xenon flash. Cahaya yang dihasilkan dari lampu Xenon adalah ± 1000 kali lebih terang dari tipe LED, namun Xenon flash memerlukan daya baterai yang lebih besar sehingga boros baterai. 
  6. Fitur Makro. Fitur makro biasanya disematkan pada ponsel kamera menengah ke atas, fitur ini digunakan untuk memfokuskan objek yang dekat dengan lensa (biasanya berjarak kurang dari 2 meter) dan menghasilkan foto dengan kualitas lebih tajam dan detil. 
  7. Face Detection, Smile Detection dan Image Stabilisation. Face detection yaitu teknologi yang mampu mengenali wajah dan melakukan fokus di wajah. Sementara Smile Detection merupakan fitur yang dirancang untuk mengaktifkan tombol shutter secara otomatis ketika objek foto tersenyum. Sedangkan Image Stabilization merupakan fitur anti shake (bergerak). Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki tangan gemetar saat mengambil objek foto. 
  8. Akses Tombol Khusus Kamera. Kehadiran akses tombol khusus kamera sangat penting karena mampu memudahkan pengguna dalam menggunakan fitur kamera. 
  9. Kualitas Rekaman Video. Ponsel dengan fitur kamera biasanya sudah di bundle dengan fitur rekaman video, fitur ini ditentukan oleh seberapa besar frame per second (FPS) yang dimiliki oleh ponsel. Semakin tinggi FPSnya maka semakin bagus kualitas video yang dihasilkan. 
  10. Upload Social Networking. Fasilitas upload langsung ke situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan youtube menjadi fasilitas wajib bagi para maniak media sosial, karena bisa secara langsung share hasil jepretan maupun rekaman video mereka tanpa harus memindahkan data terlebih dahulu ke piranti lain. 
  11. Kapasitas Memory. Dalam memilih ponsel kamera, kapasitas memori merupakanfaktor penting karena dengan kapasitas yang lebih besar secara otomatis resolusi foto yang lebih besar tercover dan jumlah foto yang disimpan akan lebih banyak. 
Semoga tips ini bermanfaat. Dikutip dari Tabloid Pulsa Edisi 244.

3 komentar for Tips Memilih Ponsel Kamera:

  1. terima kasih ke-11 tips tersebut akan saya pergunakan sebagai bahan pertimbangan
    sukses selalu

    BalasHapus
  2. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good results.
    If you know of any please share. Appreciate it!



    Review my weblog; steam wallet codes

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam