ads

X-51A Pesawat Dengan Kecepatan Enam Kali Kecepatan Suara

Jumat, 26 Oktober 2012

Militer AS telah bekerja keras untuk menciptakan sebuah pesawat yang mampu terbang dengan kemampuan hipersonik. Pesawat ini diberi nama X-51A Waverider. Dalam uji coba pesawat ini dirancang bisa mencapai kecepatan hingga 3600 mph atau Mach 6 atau enam kali kecepatan suara. Kecepatan suara sama dengan 344m/detik atau 1238km/jam. 


Militer AS telah mengadakan uji coba pesawat X-51A pada bulan Agustus lalu, tetapi pesawat gagal dan terjun ke laut. Dalam uji terbang tersebut, pesawat ini hanya mampu mempertahankan penerbangannya selama 15 detik karena ada masalah dengan control salah satu sirip pesawat. Selama uji terbang pesawat ini mampu mencapai Mach 4,8 tetapi tidak dapat mengaktifkan mesin scramjet yang dirancang untuk mendorong pesawat mencapai kecepatan enam kali kecepatan suara. Tes pertama pesawat X-51A dilakukan pada tahun 2010, dan penerbangan berjalan sesuai dengan rencana. 


Pihak militer belum memutuskan kapan waktu yang tepat untuk uji terbang pesawat tersebut. Tetapi Manajer Program menginginkan musim semi atau musim panas mendatang. Penyelidikan terhadap kegagalan pesawat selama uji penerbangan pada bulan Agustus lalu karena "masalah getaran acak”. Demikian dikatakan Manajer Program Charlie Brink. 

5 komentar for X-51A Pesawat Dengan Kecepatan Enam Kali Kecepatan Suara:

  1. kalau di lihat dari kecepatannya,lama-lama bisa jadi amerika berambisi dan menciptakan tehnology pesawat super lagi dengan kcepatan sama dengan kedipan mata.

    salam kenal

    BalasHapus
  2. wah lama2 bisa kecepatan cahaya nih

    BalasHapus
  3. kalau kec cahaya,kayaknya gak. mungkin

    BalasHapus
  4. kalau kecepatan cahaya, bakalan hancur materi pesawatnya

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam