ads

5 Langkah Mengoptimalkan Kinerja Tablet Android

Senin, 12 November 2012

Bagi anda penggemar gadget dan pengguna tablet, tentunya perangkat yang satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi atau media hiburan semata seperti musik, video dan game) tetapi juga dapat mendukung aktivitas sehari-hari seperti sosial media, push email hingga pekerjaan kantor atau software perkantoran. 

Sebenarnya perangkat canggih ini menyediakan beragam fitur yang membuatnya semakin digandrungi pencinta teknologi di dunia. Namun tidak sedikit pengguna tablet Android yang termasuk pemula belum mengetahui kemampuan apa saja yang dimiliki tablet yang sudah menguasai pasar dunia saat ini. Nah berikut saya akan berbagi tips mengenai apa saja yang dapat anda manfaatkan agar tablet anda berfungsi secara optimal.

Berikut 5 langkah mengoptimalkan kinerja tablet Android

  1. Manfaatkan Play Store. Salah satu kelebihan tablet Android adalah adanya Play Store atau dulu Google Play. Dengan adanya Play Store anda bebas memilih aplikasi yang anda inginkan dari yang berbayar hingga yang gratisan. Jumlahnya yang sudah mencapai 700 ribuan membuat anda leluasa mencari aplikasi dari hiburan, pendidikan hingga aplikasi perkantoran. Syarat menggunakan Play Store anda harus menggunakan email Gmail. 
  2. Berlangganan Paket Internet. Aplikasi yang terinstal di tablet anda terkadang membutuhkan update atau koneksi internet yang terus menerus. Jika tablet anda menggunakan kartu SIM sebaiknya anda berlangganan paket internet sesuai dengan operator yang anda gunakan. Jika tablet anda hanya menggunakan WiFi, berarti anda hanya memanfaatkan akses Wifi gratisan atau saya sarankan anda membeli modem yang bisa hotspot atau handphone yang bisa wifi. 
  3. Gunakan Layanan Online Storage. Meskipun tablet menyediakan media penyimpanan yang besar, namun karena begitu banyaknya file yang terus bertambah akhirnya membuat memori bekerja lebih lambat. Nah, Sebaiknya anda memanfaatkan media penyimpanan online yang menyediakan beragam kelebihan untuk urusan upload dan download file. Beberapa penyimpanan online yang dapat digunakan Daum Cloud, Memopal, LeapDrive, Box.net, Comodo Cloud dan Dropbox. Kesemuanya merupakan layanan backup online yang menyediakan media penyimpanan cloud atau awan untuk beragam file seperti gambar, video, lagu, dokumen, program atau aplikasi lainnya. 
  4. Menggunakan Aplikasi Cleaner. Cara lain untuk memaksimalkan kinerja Android anda adalah dengan memanfaatkan aplikasi cleaner. Aplikasi Cleaner mampu menghapus secar otomatis cache dan history dengan jeda waktu yang dapat diatur serta menghapus semua catatan pencarian dan navigasi saat menggunakan browser. Ada banyak sekali aplikasi cleaner yang bisa di download dari Play Store. 
  5. Mengamankan Tablet. Tablet android yang menggunakan layar sentuh sebaiknya selalu dalam keadaan terkunci saat tidak digunakan. Selain menghemat baterai tentu saja menghindari pemakaian yang tidak diinginkan. Mengunci layar dapat diatur berdasarkan pengaturan yang anda rancang sendiri baik menggunakan gesture atau pola tertentu atau bisa juga dengan menuliskan kata sandi. Bila fitur pengamanan ini dirasa masih kurang. Anda dapat mendownload aplikasi lain yang sejenis dari Play Store.

0 komentar:

Poskan Komentar test