Nov 25, 2012

Aplikasi Pencari Lokasi Tes HIV/AIDS

Aplikasi Pencari Lokasi Tes HIV/AIDS


Bagi sebagai besar orang yang terkena penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) atau AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), memeriksakan diri dan berobat ke klinik atau Rumah Sakit, ada perasaan enggan dan malu. karena nanti masyarakat akan mengecap jelek kelakuannya. Padahal penyakit HIV/AIDS penyebabnya tidak hanya karena hubungan bebas saja, tetapi bisa dari menggunakan jarum bekas orang lain yang mengandung darah yang terinfeksi HIV, atau menerima transfusi darah dari orang yang terinfeksi HIV, atau dari ibu hamil yang positif HIV dan menyusui sendiri bayi tersebut.

Untuk itu saya sebagai blogger perlu menjelaskan kepada masyarakat melalui tulisan bahwa HIV/AIDS tidak akan menular melalui :
  1. Bersalaman atau berpelukan, 
  2. Berciuman, 
  3. Batuk atau bersin, 
  4. Memakai peralatan rumah tangga yang sama seperti alat makan, handphone, kamar mandi, kamar tidur dan lain-lain, 
  5. Gigitan nyamuk atau serangga, 
  6. Satu kerjaan, satu sekolah, atau berkendaraan bersama 
  7. Memakai fasilitas umum seperti kolam renang, WC umum, sauna dan lain-lain. 
Teknologi terus berkembang seiring dengan perjalanan waktu. Kali ini ada aplikasi yang memungkinkan penderita HIV bisa mengidentifikasi rumah sakit atau klinik terdekat yang menyediakan layanan tes HIV. Aplikasi buatan NAM ini diberinama HIV Test Finder, dengan aplikasi ini pengguna dapat mengetahui lokasi klinik atau rumah sakit terdekat yang bisa mengetahui apakah anda benar-benar terinfeksi HIV atau tidak. 

Aplikasi NAM ini bisa diakses melalui web browser, facebook atau smartphone iPhone. Tapi sayangnya aplikasi ini baru bisa dinikmati di Inggris belum sampai ke Indonesia. Saat ini sudah lebih dari 700 lokasi tes HIV di Inggris sana. 

Nah walaupun aplikasi ini belum bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia, tetapi kita bisa membantu para penderita HIV/AIDS dengan cara : 

  1. Tidak mengucilkan penderita atau orang yang terinfeksi HIV/AIDS. 
  2. Ajak mereka bersosialiasi dengan orang lain, sehingga mereka tidak terlalu memikirkan keadaan dirinya yang bisa menimbulkan depresi bahkan kematian.
  3. Berikan semangat kepada mereka dengan memanfaatkan pengalamannya untuk dibagikan kepada orang lain yang belum terkena agar terhindar dari penyakit HIV/AIDS. 
  4. Berobat secara rutin mudah-mudahan dan berdoa kepada Sang Pencipta agar diberikan mukjizat dan kesembuhan orang yang terkena HIV/AIDS. 
Selain membantu penderita HIV/AIDS kita juga bisa menghindari terjadinya penyakit HIV/AIDS dengan cara : 
  1. Tidak melakukan hubungan seks secara bebas, setialah pada pasangan anda. 
  2. Gunakan kondom jika anda belum yakin bahwa pasangan anda terbebas dari HIV/AIDS. 
  3. Jangan menggunakan jarum suntik bekas digunakan oleh orang lain. 
  4. Apabila anda menggunakan transfusi darah dari orang lain, sebaiknya darah tersebut didapat dari tempat-tempat yang resmi atau ditunjuk oleh pemerintah. 
  5. Jika seorang ibu sudah terinfeksi HIV/AIDS sebaiknya jangan menyusui anaknya, karena si anak akan ikut terjangkit.
Sekarang ada 8 Aplikasi Tes PMS (Penyakit Menular Seksual) yang bisa dilakukan dari rumah tahun 2020 :

1. STDCheck.com yakni situs yang memberikan opsi untuk tes HIV yang dapat mendeteksi infeksi baru, dan mereka juga memberikan informasi mendalam tentang setiap PMS yang mereka uji."

2. Persona Labs yakni situs untuk konsultasi dokter, dan mereka akan memberikan resep untuk mengobati PMS tertentu.

3. HealthLabs.com situs yang melayani tes PMS dengan opsi pembayaran yang fleksibel, Anda dapat menggunakan kartu FSA atau HSA untuk membayar tes ini."

4. QuestDirect situs yang menawarkan pengujian konfirmasi untuk beberapa PMS untuk mengurangi risiko positif palsu. 

5. NURX Alih-alih hanya mengumpulkan urin dan/atau darah, mereka juga meminta Anda mengusap barang terlarang, mengusap tenggorokan, dan / atau mengusap rektal. 

6. MyLAB  BOX situs yang menawarkan kit yang memungkinkan Anda untuk mengusap mulut dan rektum sendiri, tidak hanya menguji PMS genital.

7. Everlywell yakni situs yang menyediakan alat tes Everlywell menggunakan metodologi berbeda untuk menguji pria dan wanita. Pria diuji dengan urine dan darah, wanita dengan usap barang terlarang dan darah."

8. LetsGetChecked.  "Seorang perawat akan menelepon Anda jika Anda dites positif untuk membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. Perawat juga tersedia untuk menjawab pertanyaan selama proses."

Penyakit menular seksual, atau dikenal sebagai PMS (Penyakit Menular Seksual) atau IMS (Infeksi Menular Seksual), sangat umum terjadi. Jika Anda sering melakukan hubungan badan bukan dengan pasangan Anda, maka Anda berpotensi berisiko. 

Aplikasi Pencari Lokasi Tes HIV/AIDS
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon