ads

Mencetak Blogger Baru Untuk Indonesia

Minggu, 04 November 2012

Jumlah penduduk usia muda di Indonesia sangat besar lebih dari 50% berusia dibawah 27 tahun. Usia ini merupakan usia produktif dan berpotensi memberikan kontribusi untuk negara Indonesia menjadi negara yang maju dan hebat, serta diperhitungkan oleh negara lain. Tapi juga berpotensi merusak nama baik bangsa Indonesia. 

Pemuda Indonesia kini terkenal dengan tawurannya saja oleh dunia luar. Sekarang kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa anak muda kita punya potensi yang membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia. Beberapa anak muda kita sudah banyak yang berprestasi dengan menjuarai lomba-lomba bertaraf internasional, baik itu olimpiade sains, matematika, teknologi, olahraga dan keseniannya.

Sayangnya saat ini saya belum bisa memberikan medali layaknya atlet, belum bisa memberikan sesuatu yang membanggakan buat bangsa ini, tetapi saya berusaha semampu saya untuk memberikan yang terbaik di dunia yang saya tekuni sekarang ini. Saat ini saya mengajar di Sekolah Menengah Pertama di daerah Indramayu, walaupun lokasinya agak sedikit pelosok, tetapi saya tidak ingin anak didik saya gaptek, tidak kenal dengan yang namanya teknologi terutama teknologi komunikasi dan informasi. 

Awalnya saya mengajarkan internet kepada anak didik saya dengan bermodalkan sebuah bluetooth dongle dan handphone Nokia 3120 classic dengan laptop beserta proyektor,  untuk bisa menjelaskan tentang manfaat internet kepada anak didik saya. Dari internet kita bisa mencari informasi yang kita butuhkan hanya dalam beberapa saat saja. 

Setelah jaringan internet masuk ke wilayah kami, pihak sekolah lalu memasang sambungan internet dan membeli perangkat komputer dan mendapat hibah dari Dinas Pendidikan untuk anak didik kami. Kini semua siswa bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan tinggi tidak seperti dulu lagi. 

Setelah fasilitas ada, saya berusaha memberikan materi mengenai manfaat internet yang sehat dan aman dengan cara memperkenalkan kepada siswa dengan yang namanya blog. Saya kebetulan sudah menggeluti blog dari tahun 2009, sejak di sekolahan kami belum ada akses internet.

Beberapa manfaat dari Ngeblog saya jelaskan kepada peserta didik saya, diantaranya adalah bisa berbagi pengetahuan kepada siapa saja yang berkunjung ke blog kita, bisa mendapatkan hadiah dari lomba blog, bisa mendapatkan penghasilan dari pay per klik, pay per post atau dari iklan yang muncul di blog kita, bisa mendapat kesempatan di undang acara-acara blogger baik level lokal, nasional maupun internasional. Tetapi yang paling penting adalah membiasakan siswa untuk belajar menulis dari hasil karya sendiri. 

Pada awalnya mereka kebingungan saat mengisi blognya, apa yang harus diisi di dalam blog mereka. Lalu saya jelaskan bahwa tulisan atau postingan di blog itu bervariasi tergantung kesenangan atau kesukaan si pemilik blog. Kesukaan orang berbeda-beda ada yang menyukai teknologi, fashion, kuliner, wisata, politik, pendidikan, dan lain sebagainya. Dengan diberikan gambaran tersebut akhirnya mereka mulai menulis di blog. 

Selain itu saya juga menjelaskan bagaimana cara menambah trafik pengunjung ke blog kita, agar blog kita semakin dikenal di dunia maya. Ada banyak agar blog kita banyak pengunjungnya antara lain, sering berkunjung ke blog orang lain atau blog walking, menulis kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari, menyebarluaskan tulisan kita melalui jejaring sosial seperti twitter dan facebook atau mindtalk, atau melalui Lintas.me.Dengan cara ini diharapkan pengunjung blog akan datang secara drastis.  

Sejak tahun 2010 samapai sekarang saya masih mengajar tentang cara membuat blog kepada siswa-siswi saya, kalau tiap angkatan berjumlah rata-rata 350 siswa, maka sampai tahun 2012 ini sudah sekitar 1.050 siswa yang mengetahui cara membuat blog dan memiliki blog pribadi. Maka tidak heran jika rekan-rekan dan murid-murid saya memberi julukan bapak Blogger kepada saya. 

Itulah aksi saya yang bisa dipersembahkan untuk bangsa Indonesia yakni mencetak blogger baru untuk kemajuan Indonesia. Saya selalu mengingatkan kepada siswa dan siswi saya, jika kalian tertarik menjadi blogger, jadilah blogger yang memberi manfaat bagi orang lain. Jangan menggunakan media blog untuk menjelek-jelekan orang lain, memasang gambar-gambar yang tidak patut, dan tetap menghargai hasil karya orang lain. 

Diharapkan dengan mencetak blogger baru ini, nantinya akan muncul blogger-blogger handal yang tidak hanya mengharumkan namanya sendiri, tetapi nama sekolah, daerah dan bangsa Indonesia. Itulah Aksi Untuk Indonesiaku.

2 komentar for Mencetak Blogger Baru Untuk Indonesia:

  1. Wah pak guru ya. Ngajar di mana pak?

    BalasHapus
  2. saya ngajar di SMP Negeri 1 Gabuswetan Indramayu Jawa Barat

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam