7 Alasan Kenapa iPhone 5 Mahal di Indonesia


Tanggal 14 Desember nanti 3 operator seluler besar di Indonesia yakni Telkomsel, Indosat dan XL akan meluncurkan smarthpone buatan Apple yaitu iPhone 5. Sayangnya harga iPhone 5 dengan memori 16GB ini dibanderol dengan harga 8,1 juta. Padahal harga iPhone 5 di tetangga kita Singapura hanya 7,4 juta saja, sedangkan harga dari toko Applenya sendiri hanya 649 dolar atau sekitar 6,25 juta. 


Dari sekian banyak operator dan distributor yang menjual produknya di Indonesia, mereka biasanya menjual produknya lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain termasuk iPhone 5. Berikut 7 alasan kenapa iPhone 5 mahal di Indonesia


  1. Biaya pajak yang tinggi. Karena smartphone ini dikategorikan barang mewah maka pajak yang harus dibayar oleh vendor lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain. 
  2. Luasnya Wilayah Indonesia. Karena wilayah Indonesia yang sangat luas maka biaya operasional, SDM, ongkos kirim dan biaya lainnya dibebankan kepada konsumen. Sehingga harga iPhone 5 di Jakarta dengan di wilayah lain sama untuk yang belanja di outlet resmi operator atau toko online tertentu. Tapi untuk penjual eceran biasa bahkan harganya jauh lebih mahal. 
  3. Banyak Dibeli oleh Calo. Setiap produk smartphone terbaru termasuk iPhone 5 di jual di Indonesia, biasanya mereka rela antri berjam-jam bahkan sebelum toko buka. Mereka memanfaatkan jasa orang lain yang mau antri dengan imbalan tertentu. Orang yang memiliki uang akan membeli iPhone tersebut dan dijual kembali dengan harga yang lebih mahal lagi, atau bagi orang yang mempunyai uang untuk membeli malas antri dia membayar orang untuk antri. 
  4. Orang Indonesia gila gadget. Setiap produk baru dari vendor-vendor terkenal seperti Apple, Samsung, BlackBerry dan Nokia selalu diburu oleh orang Indonesia yang senang dengan gadget. Semahal apapun harganya selalu diburu orang Indonesia, mereka rela antri sejak malam hari demi gadget impiannya. 
  5. Orang Indonesia senang gonta-ganti handphone atau smartphone. Kebiasaan orang Indonesia sering gonta-ganti handphone atau smartphone membuat vendor berlomba-lomba meluncurkan produknya di Indonesia, konsumen Indonesia akan rela menjual gadget lamanya dengan harga rendah dan membeli gadget yang baru. 
  6. Sebagian orang Indonesia memilih gadget bukan karena fungsi tetapi karena gengsi. Semakin mahal harga gadget yang dimiliki maka semakin terlihat stata sosialnya. Termasuk jika seseorang memiliki gadget seperti iPhone, Samsung Galaxy S III, dan BlackBerry berarti mereka termasuk golongan “the have”. 
  7. Keuntungan yang besar bagi distributor dan operator seluler. Dengan menjual gadget yang lebih mahal dari negara tetangga, berarti keuntungan yang besar bisa didapat oleh distributor dan juga operator seluler. Apalagi iPhone 5 menggunakan SIM card khusus bernama nanocard dan juga dibundel oleh operator seluler tersebut.
Lazada Indonesia

26 komentar:

  1. Mahal, mending yang udah ada. Ga akan d bawa mati ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmg sih tdk dibawa mati, tp hidup cuma sekali masa ga pingin punya? hidup cuma sekali mas bro hehehe

      Hapus
    2. ttp aja gak boleh terlalu 'gila gadget' gan... lagian aifon kebanyakan fiturnya masih itu-itu aja, gk lebih... gk kayak Andro** sama WP yang fiturnya berkembang, dan harganya lebih murah... hahaha

      Hapus
    3. Alasan ente sih konyol gan..kita hidup penuh impian boleh gan..ngarep pengen punya pun boleh,,biar ada semangat kerja buat penuhi harapan itu..jgn terlalu membatasi harapan ente gan,ntar ujung2nya malah mengeluh hidup ini ga adil..:sad

      Hapus
    4. yg punya duit monggo, yg nggak mampu beli ngutang hehehe..
      Lgan cuma hp ae, uangx d buat traktir2 temen2 lbh enak. Perut kita kenyang temen2 jg kenyang. Badan gemuk tanda kemakmuran gan.. Hehehe

      Hapus
    5. apa sih kehebatan iphone sampe2 mahal banget... masih mending samsung.. ada yg murah juga serba guna.. contoh nya aja galaxy y.. terjangkau tapi gk kalah canggih.. banding kan aja sertivikasi nya.. lagian juga sayang uang nya... yg jelas apa sih kehebatan iphone 5 ampe harga nya gk ke jangkau??

      Hapus
  2. Karya anak manuasia luar biasa..keren nie hrs punya biar memudahkan dan bisa tau yg terbaru

    BalasHapus
  3. Hidup fremason rule

    BalasHapus
  4. mending beli mtor...laptop kn ada jg...

    BalasHapus
  5. Pake smartphone yang kemarin aja ah. Yang penting masih bisa bantu ane untuk kerja nih. Kalo belum rusak, belum mau ane ganti.

    BalasHapus
  6. Buat temen2 yg belum punya iphone 5,nanti kalau saya dapat uang,akan saya beliin satu-satu,biar g saling pinjem.

    BalasHapus
  7. Mending pake yang ada aja skarang. Punya gw udah sangat menunjang kebutuhan gw bngt! dan udah lebih dari cukup.hehehe... Menurut gw punya gw udh canggih dan harga nya ga semahal iphone 5.

    BalasHapus
  8. itu hp buat manula aja harganya kek harga bebek panggang
    siapa jg yg mau beli.. biasa jg harga segitu bs dpt 2-3 hp yg g kalah canggih

    BalasHapus
    Balasan
    1. "siapa jg yg mau beli?"LOL.. Kalo ga ada yg beli ga mungkin sampe keluar iPhone 5 bro.. Setiap produk apple selalu laris dipasaran.

      Hapus
  9. Sama aja tuh produck yg satu ini..cuma ukuran dan chargernya aja yg beda...simcardnya juga ngk flexible dg simcard yg sdh ada...ribet ah..s.glxy sIII is the best.:)

    BalasHapus
  10. Mending uang.a d sumbangin k anak yatim. . . Dr pd d foya2 kan. . . . Harta kt kan sbgain.a milik fakir miskin jg. . . . Dr pd d pakai dgn tdk jLs,, mending memberi pd yg lbh membutuhkand. . . Dpat amal jg. . . .

    BalasHapus
  11. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan yah utnuk itu salam kenal dari saya dan jangan lupa kunjungan baliknya
    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    BalasHapus
  12. mahal, singapore baru 7jt. indo ampe 8,2jt. gila benar beda 1jt

    BalasHapus
  13. Maklumlah org indo kampungan dgn yg begituan padahal Biasa2 saja,,,trus di tunden.com bisa dapet harga murah

    BalasHapus
  14. Mahal,, mending cari kerja disini
    http://aksesskerja.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. mending pake android yang murah aja dah keren.

    BalasHapus
  16. produk apple mahal tp berkualitas

    BalasHapus
  17. Emang benar harganya mahal amat gan...., ane udah syukur punya iPhone 3Gs 16 GB yg waktu itu harganya tahun 2010 berkisar 6,5 juta

    BalasHapus
  18. Gila mahal bener ipod touch aja cuma 2,500,000nmendingan andro dah

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan