ads

Suaramu Terdengar Lintas Propinsi Lintas Negara

Sabtu, 08 Desember 2012
(Firman Fauzan Penyiar Pop FM Jakarta) 

Dulu radio sangat berarti sebelum dan sesudah kemerdekaan sebagai media paling berperan dalam memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Informasi dari radio ini dianggap sebagai pemersatu bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajah. Walaupun waktu itu tidak semua penduduk Indonesia yang memiliki radio, tetapi hampir setiap desa memiliki radio yang berukuran besar, tidak seperti sekarang. 

Keberadaan radio saat ini hampir tiap rumah memiliki bahkan kini bisa dibawa kemana-mana melalui gadget seperti handphone atau smartphone atau di dashboard mobil. Mereka memilih radio yang sesuai dengan seleranya masing-masing, ada yang mendengarkan radio yang memutar lagu-lagu pop, lagu dangdut, rock, lagu-lagu lawas, ada yang khusus berita dan lain sebagainya. 

Kalau dulu kita mendengarkan radio yang lokasinya dekat dengan dimana kita berada. Tapi saat ini kita bisa mendengarkan radio yang lokasinya jauh dengan lokasi kita, bisa lintas kota, propinsi bahkan lintas negara. Ini dimungkinkan karena adanya layanan live streaming melalui akses internet. Sehingga bagi anda penggemar acara radio atau penyiar radio tertentu bisa menikmatinya kapan saja dimana saja asal tersambung dengan akses internet. 

Ditengah kemajuan teknologi, memang keberadaan radio semakin tersisihkan dengan pemutar musik yang ada di handphone, smartphone, tablet, PC, notebook, dan gadget lain seperti iPod atau yang lainnya. Tapi masih banyak orang yang membutuhkan radio seperti saat di perjalanan, di kamar dan sudah bosan dengan lagu-lagu pilihan yang ada, biasanya mereka akan mendengarkan radio. 

Bagi saya sendiri, radio sudah saya menjadi bagian hidup saya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Dulu saya membeli radio dengan hasil jerih payah sendiri berjualan es keliling desa, dan labanya saya belikan radio. Saya sangat bangga dengan menggantungkan radio tersebut kemanapun saya pergi, kecuali saat sekolah. Dan yang saya sukai dari radio adalah musik, penyiar dan beritanya. 

Radio yang saya sukai adalah radio yang memadukan antara berita atau informasi, musik, suara penyiarnya yang tidak terlalu banyak bicara, diselingi dengan humor dan penempatan spot iklan yang pas seperti radio Pop FM Jakarta yang ada digelombang 103 FM. Walaupun saya lokasinya jauh dari Jakarta, tetapi saya bisa mendengarkannya celotehan penyiar seperti Abby Zacky, Panji Putra, Sammy, Tasia, Firman Fauzan dan lain-lain lewat live streaming dengan menggunakan akses internet. 

Cara request lagupun sudah berubah mengikuti perkembangan zaman, kalau dulu request lagu menggunakan kartu pilihan pendengar, tetapi kini melalui sms, facebook dan twitter. Dan Pop FM Jakarta sudah menggunakan cara ini untuk setiap acara-acaranya. Selamat mendengarkan Pop FM Jakarta dimanapun anda berada.

2 komentar for Suaramu Terdengar Lintas Propinsi Lintas Negara:

  1. sama-sama... saya kalo sudah janji harus ditepati mas...

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam