ads

Tips Menghemat Baterai Tablet Android

Selasa, 04 Desember 2012

Persoalan baterai memang merupakan permasalahan klasik, tidak hanya untuk perangkat bersistem operasi BlackBerry, iOS, Symbian, Windows, tetapi juga untuk sistem operasi Android. Sejauh ini para vendor sudah mulai mengantisipasi dengan menambah kapasitas baterai yang lebih besar hingga mampu bertahan hingga beberapa jam. 


Selain mencari perangkat yang memiliki baterai berkapasitas besar, tentunya kita harus bisa menghemat penggunaan baterai. Kali ini yang akan dibahas adalah tips menghemat baterai tablet Android. Berikut ini tips menghemat baterai tablet Android adalah sebagai berikut : 


  1. Matikan GPS, Bluetooth dan Wifi Jika tidak dibutuhkan. Manfaatkan GPS,Bluetooth dan WiFi saat diperlukan saja. Pasalnya, fitur-fitur ini menyedot daya baterai yang cukup besar. Karena GPS terus terkoneksi dengan satelit atau jaringan operator, sementara WiFi dan Bluetooth akan terus berusaha mencari koneksi yang tersedia. 
  2. Atur Mobile Network. Selain bakal terus-menerus terkoneksi dengan data/internet, yang tentunya juga menguras pulsa, mengaktifkan terus fitur ini juga akan dapat menyedot baterai. Untuk pengaturannya masuk ke menu “Settings” > Wireless & Networks > Mobile Networks > Enable always on Mobile Data. 
  3. Pengaturan Screen, Timeout dan Brightness. Tampilan active homescreen juga dapat menguras baterai. Untuk itu, lakukan sedikit pengaturan. Pilih yang paling standar misalnya 30 detik di menu “Setings” > Display > Screen Timeout. 
  4. Cermat Memilih Wallpaper. Untuk menghemat baterai, pastikan menggunakan wallpaper standar, bukan yang sifatnya 3D/animasi. Untuk melakukan pengaturan ini, tekan menu di modus “Homescreen” > Wallpaper lalu pilih wallpaper yang hemat baterai. Di beberapa tablet, pengaturan ini sebenarnya bisa berbeda. 
  5. Matikan Automatic Updates. Menu ini sejatinya membantu memantau beragam fasilitas maupun fitur termasuk notifikasi penting lain. Namun ada baiknya melakukan pengaturan secara periodic. Cara pengaturannya adalah masuk ke “Settings” > Accounts & Sync.
  6. Matikan fitur Auto-sync pada gmailnya 
  7. Matikan koneksi socmed seperti twitter dan facebook.  
  8. Jangan melakukan multitasking yang banyak (misal dengerin musik sambil maen game atau sambil surfing website.

1 komentar on Tips Menghemat Baterai Tablet Android

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam