ads

Microsoft Luncurkan Aplikasi Tanggap Darurat Bencana HelpBridge

Kamis, 17 Januari 2013

Bencana alam sering datang tiba-tiba, tidak hanya harta benda yang hilang terkadang memisahkan kita dengan orang-orang yang kita cintai. Untuk menemukan orang-orang yang kita cintai, biasanya kita meminta bantuan tim SAR (Search And Rescue) yang ada di lokasi bencana. Tapi kini ada sebuah aplikasi buatan Microsoft yang di beri nama HelpBridge yang dirancang untuk memudahkan dan mengirim pesan selama dan setelah bencana alam. 


HelpBridge memiliki sistem kerja yang sederhana dengan tampilan di layar utama dengan dua tulisan merah besar, salah satunya "I need help” atau “Aku butuh bantuan" dan tulisan lainnya, "I’m OK” atau “Aku baik-baik" Pengguna akan mengetahui di mana lokasi mereka berada dan lokasinya dapat ditampilkan dalam peta dengan pilihan untuk berbagi lokasi. Sebuah pesan singkat dapat dimasukkan jika memang diinginkan, kemudian dikirim ke daftar pengguna kontak. 


Selain kemampuan messaging, HelpBridge juga dapat menampung dana dan barang setelah dalam keadaan darurat, serta mencari lokasi relawan. Uang dapat disumbangkan kepada Palang Merah, atau organisasi kemanusiaan lainnya, sedangkan barang dapat disumbangkan ke daftar penerima yang disediakan oleh aplikasi. Selain itu, HelpBridge juga dapat menghubungkan pengguna ke daftar real-time dari instansi dan lokasi yang membutuhkan relawan. Aplikasi ini nantinya dapat diterapkan di Android, iOS dan Windows Phone, sayangnya aplikasi ini baru tersedia untuk pelanggan seluler di Amerika Serikat. 

1 komentar on Microsoft Luncurkan Aplikasi Tanggap Darurat Bencana HelpBridge

  1. wah wah, keren bnget...
    jdinya dlam keadaan darurat, bisa sngat berguna... :)

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam