Mar 3, 2013

4 Cara Mengamankan Smartphone Anda

4 Cara Mengamankan Smartphone Anda


Smartphone sepertinya sudah merupakan kebutuhan, banyak sekali vendor yang membuat smartphone dari yang harga terjangkau hingga harga yang selangit. Tapi permasalahannya sekarang adalah banyak smartphone yang kurang begitu aman. Baik oleh oleh tangan orang lain atau karena program-program jahat yang sengaja dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Hacking ternyata tidak hanya terjadi untuk komputer saja, tetapi kini sasarannya adalah perangkat mobile, termasuk tablet dan smartphone. Bagi anda yang menyimpan file-file penting di smartphone seperti foto, video pesan bahkan nomor PIN bank, harap berhati-hati karena data tersebut bisa saja diambil atau hilang oleh berbagai sebab. 


Berikut 4 cara mengamankan smartphone anda

  1. Gunakan Kunci Smartphone. Dengan informasi pribadi yang begitu banyak yang ada di dalam smartphone, tak heran semua orang dari anak remaja hingga pebisnis yang beralih ke smartphone untuk menyimpan data-data pentingnya. Agar smartpone anda tidak mudah dibuka oleh orang lain atau tertekan secara tidak sengaja, sebaiknya smartphone anda dikunci. 
  2. Gunakan Password. Selain menggunakan kunci smartphone, sebaiknya anda juga menggunakan password agar orang lain tidak bisa membukanya. Tapi sebaiknya password yang anda buat yang mudah untuk dihafal dan jangan mudah ditebak oleh orang lain bahkan teman, keluarga atau rekan kerja sekalipun. 
  3. Instal Software Pengaman. Virus dan malware ternyata tidak menyerang pada komputer atau laptop saja, ternyata smartphone pun rentan terhadap virus. Sebaiknya smartphone anda di install software anti virus. Untuk perangkat Android anda bisa mencarinya di Google Play ada yang gratis, dan juga yang berbayar, begitu juga untuk smartphone lainnya baik yang menggunakan sistem operasi iOS, Windows atau BlackBerry. 
  4. Ganti Kartu SIM. Kartu SIM merupakan identitas pengguna smartphone, tetapi jika kartu SIM ini sudah sering mendapat teror dan gangguan yang disebabkan oleh orang lain atau karena data kartu SIM anda sudah diambil informasinya oleh hacker. Sebaiknya segera ganti kartu SIM anda, karena cepat atau lambat data-data penting yang anda miliki bisa diambil oleh orang lain.
Sumber
4 Cara Mengamankan Smartphone Anda
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon