ads

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Di Dunia Mulai Dibangun

Selasa, 19 Maret 2013

Manusia terus berlomba-lomba mengambil sumber minyak bumi dan gas dari dalam bumi yang kita pijak ini. Selain kegunaannya untuk bahan bakar kendaraan dan digunakan untuk keperluan industri dan rumah tangga, bahan-bakarpun digunakan untuk pembangkit listrik. Abu Dhabi sebagai negera yang terkenal karena minyak dan gas buminya ternyata terus berinovasi mencari sumber terbarukan. 

Abu Dhabi terkenal tidak hanya terkenal karena gurunnya yang luas, pantainya yang indah dan kekayaan alamnya yang berupa minyak dan gas bumi. Sekarang Abu Dhabi sedang membangun pembangkit tenaga listrik tenaga surya terbesar di Asia dan juga di dunia. The Shams Power Company melihat kondisi alam Uni Emirat Arab yang panas dan banyak gurun merupakan sebuah peluang untuk membuat pembangkit listrik tenaga surya. Tidak tanggung-tanggung pembangkit tenaga listrik ini dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 100 MW di kota Abu Dhabi. Pembangkit listrik tenaga surya ini diberinama Shams 1.

Stasiun Tenaga listrik tenaga surya Shams 1 akan menggunakan 258.048 cermin parabola yang menyerap sinar matahari. Di tengah-tengah dari cermin parabolik ini ada tabung yang mengalir minyak. Cermin berkonsentrasi dengan sinar matahari melalui tabung ini untuk memanaskan minyak, yang kemudian naik ke penukar panas. Pertukaran panas ini membuat turbin listrik tenaga uap menghasilkan listrik. 

Langkah ini sangat sesuai diterapkan di negara yang kaya akan minyak dan gas ini dalam hal energi terbarukan. Bahan bakar fosil sebagai penyumbang utama terhadap pemanasan global dan untuk itu negara-negara lain di dunia berharap membuat proyek-proyek energi terbarukan agar anak cucu kita bisa menikmati tenaga listrik di masa yang akan datang. 

2 komentar for Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Di Dunia Mulai Dibangun:

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam