ads

Tips Memilih Laptop/Notebook, Ultrabook atau Netbook

Rabu, 06 Maret 2013

Bagi anda yang akan membeli komputer jinjing, biasanya anda kebingungan memilih apakah membeli laptop/notebook, ultrabook atau netbook. Apalagi banyak merek dan tipe yang ditawarkan oleh vendor dengan bermacam fitur dan keunggulan masing-masing. Tapi sebenarnya sebelum membeli laptop/notebook, ultrabook atau netbook. 

Ada beberapa hal yang mungkin perlu anda jawab sendiri. Pertanyaan pertama memilih komputer jinjing untuk pekerjaan, kuliah, main game, atau yang lainnya. Dengan menjawab salah satunya maka anda akan fokus dalam memilih komputer jinjing. Kedua seberapa besar budget atau anggaran anda. 

  1. Mencari Referensi Harga dan Spesifikasi. Sebelum membeli laptop, sebaiknya anda mencari referensi harga dengan cara browsing atau menuju website toko resmi yang disediakan oleh layanan online tersebut agar anda memiliki gambaran harga dan spesifikasinya disesuaikan dengan dana dan kebutuhan anda. 
  2. Pilih Merk Berkualitas. Pilih laptop/notebook, ultrabook atau netbook yang bermerk yang sudah teruji kualitasnya dan memiliki jaringan yang luas sehingga kalau ada permasalahan tidak usah terlalu jauh untuk berkonsultasi atau memperbaikinya. 
  3. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda. Pilih laptop sesuai kebutuhan anda, jika anda ingin membeli laptop hanya karena anda sering kerja di luar kota, bepergian, kuliah atau sekolah, sebaiknya anda memilih laptop/notebook atau netbook dengan ukuran 10 - 12 inci, karena mudah dibawa, praktis, tidak terlalu berat, daya tahan baterai cukup lama, memori lumayan besar, tidak cepat panas dan ada fasilitas bluetooth, webcam dan Wifi. Jika anda ingin membeli laptop untuk programmer atau bermain game baik untuk game online ataupun offline, sebaiknya anda membeli laptop dengan ukuran layar 12-17 inci. Dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB, VGA minimal 1 GB dengan dukungan sound card, baterai tahan lama, ada fasilitas Bluetooth, webcam, WiFi dan processor khusus game atau multi core. Jika anda seorang pebisnis sebaiknya menggunakan ultrabook selain memiliki fitur yang unggul juga memiliki prestise yang tinggi dihadapan rekan bisnis anda. 
  4. Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan. Jika anda akan membeli laptop murah dengan anggaran 2 – 3,5 jutaan sebaiknya anda memilih netbook dengan spesifikasi yang lumayan bagus. Disarankan cari netbook yang memiliki fitur Wifi, webcam, baterai tahan lama, RAM minimal 1GB, dan prosesor yang lumayan bagus. Sedangkan bagi anda yang memiliki dana antara 3,6 – 6 jutaan sebaiknya anda memilih laptop atau notebook yang didalamnya bisa digunakan untuk membuka CD/DVD, memiliki prosesor dan RAM lebih tinggi dari netbook, memiliki fitur WiFi, Bluetooth, webcam dan baterai tidak cepat panas tahan lama. Jika anda memiliki dana berlebih dan memiliki fitur paling tinggi maka belilah ultrabook. Selain tipis, dengan prosesor mumpuni dan kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh netbook atau laptop. 
  5. Pilih Yang Bergaransi. Jika anda membeli dari toko komputer, sebaiknya pertimbangkan garansi toko yang ada pada laptop yang anda beli, karena jika terjadi kerusakan pada laptop bisa diperbaiki atau bahkan ditukar dengan yang baru. Cari produk dengan garansi yang lumayan lama minimal 1 tahun. 
  6. Purna Jual Tinggi. Pertimbangkan daya jual kembali laptop kita. Jika kita memilih laptop dari merk terkenal maka harga jualnya pun masih tetap tinggi, berbeda dengan laptop dari merk biasa yang harganya jatuh. 
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat.

9 komentar for Tips Memilih Laptop/Notebook, Ultrabook atau Netbook:

  1. wah,,boleh juga nih tipsnya,,kebetulan saya lagi cari-cari laptop nih,,terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah berbagi tipsnya,,boleh juga nih tipsnya

    BalasHapus
  3. tipsnya boleh juga nih,,terima kasih sudah berbagi tipsnya

    BalasHapus
  4. boleh juga nih infonya,,terima kasih usudah berbagi tipsnya

    BalasHapus
  5. kalo saya sih punya pendapat merek laptop itu tidak selamanya bagus,
    sebab perkembangan teknologi dan cepatnya perubahan di era informasi membuat semakin banyaknya produsen baru.

    Tentu itu membuat produsen lama harus bersaing. Seperti nokia yang dulunya merek hp paling bagus, sekarang popularitasnya sudah digerser oleh samsung dan apple.

    Hal yang sama mungkin juga terjadi di dunia komputer karena sama-sama dalam kategori perangkat teknologi.

    salam kenal yah,
    saya pemilik blog rastor72.blogspot.com
    ^_^

    BalasHapus
  6. thanks tipsnya gan, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. wow,, tipsnya keren,, ada rekomendasi laptop yang bagus gak gan ?

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam