ads

Garansi iPhone Bermasalah Tim Cook Minta Maaf di China

Selasa, 02 April 2013
Apple baru saja menjelaskan kepada media China karena permasalahan yang berkaitan dengan garansi untuk iPhone di Cina, khusus smartphone iPhone 4 dan 4S. Permasalahannya, Apple tidak mengganti ponsel pengguna yang rusak dengan smartphone yang baru, Apple hanya mengganti komponen yang komponen utama yang rusak saja, sedangkan hukum di China mengharuskan mengganti dengan perangkat yang baru jika barang yang dibeli belum genap dua tahun sudah bermasalah. Berbeda dengan di Amerika Serikat jika smartphone iPhone rusak masih dalam garansi maka Apple selalu mengganti dengan perangkat yang baru. 

Untuk mengatasi masalah ini secara langsung, Tim Cook, CEO Apple, merilis sebuah surat yang di situs Apple Cina, di mana ia meminta maaf atas ketidakpuasan beberapa pelanggan dan menawarkan empat poin solusi untuk mengatasi masalah ini, Poin pertama mengubah kebijakan perbaikan iPhone 4 dan 4S, memberikan perbaikan dan penggantian garansi yang jelas di website untuk menghindari kebingungan pelanggan, meningkatkan pelatihan kepada Penyedia Layanan Resmi Apple dan memastikan pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Layanan Apple jika diperlukan.

Mengenai poin pertama, Apple akan menggantikan smartphone yang rusak jika dalam waktu 15 hari setelah pembelian sudah rusak, mengganti komponen jika kerusakan itu lebih dari 15 hari dan jika itu tidak berhasil maka mereka akan mengganti semua komponen tetapi pada bagian penutup belakang telepon . 

Sejak bulan April 2013, Apple justru cukup mengganti iPhone 4 atau 4S bukannya mengganti semua komponen dan kemudian mereset garansi selama satu tahun. Pilihan kedua tetap tidak berubah, Walaupun begitu, jika hanya beberapa komponen yang perlu diperbaiki cukup diganti dan diberikan garansi selama 90 hari untuk suku cadangnya. Apple berharap dengan penjelasan ini akan cukup untuk menenangkan pelanggannya dan media di China. 

Apple tidak akan terganggu dengan permintaan maaf kepada publik, dan mereka melihatnya bukan sebagai masalah besar. Dengan cara seperti ini Apple mengklaim bahwa perusahaannya tetap berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang memuaskan kepada pelanggan. 

1 komentar on Garansi iPhone Bermasalah Tim Cook Minta Maaf di China

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam