ads

Pendiri WikiLeaks Julian Assange Luncurkan Mesin Pencari Saingan Google

Kamis, 11 April 2013

Julian Assange, pendiri Wikileaks baru saja meluncurkan mesin pencari baru, yang merupakan sebuah portal yang memiliki 1,7 juta arsip data diplomatik Amerika Serikat. Mesin pencari ini dinamakan sebagai PLUS D (The Public Library of United States Diplomacy), mesin pencari ini meliputi banyak informasi yang bocor dari Departemen Luar Negeri yang dipublikasikan selama Cablegate, saat memo Henry Kissinger sebagai Menlu Amerika Serikat. 


Laporan tersebut mengatakan bahwa sekitar 251.000 sambungan komunikasi antara tahun 2003-2010 telah disadap dan Assange telah mengkonfirmasinya bahwa dokumen-dokumen Departemen Luar Negeri AS itu sudah terdaftar di PLUS D sudah dipublikasikan dan sebagian besar informasi tersebut dapat diakses di Agen Pencatat dan Arsip Nasional Amerika Serikat. 


Assange juga menambahkan bahwa kemungkinan berbagai dokumen publik sebanyak dua juta arsip ada di PLUS D yang akan membuat wartawan lebih mudah untuk melakukan investigasi, dengan menggunakan algoritma pencarian yang menjadi "saingan Google." 

0 komentar:

Poskan Komentar test