ads

7 Merek Global Paling Berharga Di Dunia

Selasa, 21 Mei 2013

Apple kembali dinobatkan sebagai merek global paling berharga di dunia dalam laporan tahunan BrandZ. Laporan itu dirilis hari ini, menurutnya Apple memiliki nilai merek sebesar 185 Miliar Dolar, naik dari tahun lalu sebesar 183 Miliar Dolar. Berdasarkan data keuangan dan pendapat dari pembeli potensial, Apple mempertahankan peringkat puncaknya terlepas dari melemahnya saham selama beberapa bulan terakhir. 


"Meskipun pasar yang lebih kompetitif dan penantang semakin inovatif, kemampuan Apple untuk mempertahankan posisi no.1 yang menunjukkan nilai merek yang kuat dalam dunia bisnis," kata Nick Cooper, managing director Millward Brown Optimor, dalam sebuah pernyataan . "Orang-orang masih menyukai merek Apple terlepas dari harga sahamnya." 


Tetapi nilai Apple naik hanya 1 persen dari tahun lalu, dibandingkan dengan lompatan sebesar 19 persen pada tahun 2012 dan lompatan 84 persen pada tahun 2011. Dengan demikian, beberapa pemain teknologi lainnya mengungguli pertumbuhan Apple tahun ini. 

Posisi kedua ditempati oleh Google dengan nilai merek sebesar 113 miliar dolar, kenaikan 5 persen dari tahun lalu. Operator seluler AT & T nilainya naik 10 persen menjadi 75 miliar. Dan operator Cina China Mobile diperoleh nilai sebesar $ 55 miliar, kenaikan 18 persen dari tahun 2012.

Saingan utama Apple, yakni Samsung berada di posisi 30 dari daftar. Tapi nilai itu melonjak sebesar 51 persen dari tahun lalu, yang mencapai nilai merek 21 miliar dolar. Samsung terus berlomba untuk memimpin di pasar smartphone dengan inovasi dan biaya iklan yang sangat besar 1,6 Miliar dolar pada tahun lalu. 

Pemain teknologi lain nilainya merosot tajam. IBM kehilangan 3 persen dari nilai tahun lalu, sementara Microsoft merosot 9 persen dan Facebook merosot sampai 36 persen. Sementara perusahaan non teknologi seperti Mc Donalds dan Cocacola berada di posisi 4 dan 5. 

1 komentar on 7 Merek Global Paling Berharga Di Dunia

  1. Samsung keren ya? Terus inovasi dan memimpin teknolgi smartphone khususnya Indonesia :)

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam