Cara Mengetahui Data NUPTK Tanpa Software


Mulai tanggal 20 Mei 2013 lalu Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia melakukan perubahan dalam websitenya. Salah satu yang signifikan adalah Cara Mengetahui NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Seluruh Indonesia. Kalau sebelumnya untuk mengetahui NUPTK harus mendownload dan menginstal aplikasi khusus, tapi sekarang tidak lagi. 


NUPTK sendiri merupakan nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan. NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan. 


Untuk mengetahui NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) sekarang cukup sederhana. Berikut Cara Mengetahui NUPTK Tanpa Software/Secara Online : 

  1. Buka website http://padamu.kemdikbud.go.id/#!/unduh 
  2. Ketikan Nama Anda di kolom Nama/NUPTK 
  3. Lalu Ketik Kota dimana anda mengajar atau bekerja pada kolom Kota Lokasi Sekolah 
  4. Setelah itu Tekan Cari Data 
  5. Maka tidak berapa lama akan muncul data NUPTK yang anda 
Kelebihan sistem sekarang anda bisa melihat detil NUPTK secara jelas, misalnya Nomer NUPTK, Sekolah Induk, dan Nomer NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), serta anda bisa mengunduh dan mencetak file tersebut dengan cara menekan pada tulisan Unduh lalu pilih sesuai dengan pertanyaan yang muncul di form tersebut. Lalu tekan Unduh Formulir A01. Formulir ini bisa dicetak secara langsung. 


Selamat mencoba semoga informasi ini bermanfaat.

2 komentar:

  1. artikel bagus,,terima kasih infonya

    BalasHapus
  2. Terima kasih gan, sekarang Saya Sudah bisa mencari NUPTK guru se indonesiaa

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan