May 16, 2013

Card Reader Pembaca e-KTP Akan Diproduksi Masal

Card Reader Pembaca e-KTP Akan Diproduksi Masal


Gencarnya pemberitaan mengenai e-KTP yang tidak boleh terlalu sering difotocopy karena akan merusak e-KTP tersebut akhirnya kini banyak pihak yang membuat card reader agar bisa membaca data yang ada di e-KTP tersebut. Kabarnya Kepala Badang Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Marzan Iskandar membenarkan bahwa BPPT akan memproduksi alat pembaca kartu (card reader) untuk kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) secara massal tahun ini. Sehingga pada Januari 2014 sudah dapat digunakan untuk memeriksa e-KTP. 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 471.13/1826/SJ, tertanggal 11 April 2013, yang mengimbau seluruh kepala daerah agar memfasilitasi unit kerja atau badan usaha, yang memberikan pelayanan masyarakat, dengan menyediakan card reader sesegera mungkin. Surat Edaran tersebut juga ditembuskan kepada para menteri, kepala lembaga pemerintah non-kementerian, kepala lembaga lain, Kepala Kepolisian RI, Gubernur Bank Indonesia, serta seluruh pimpinan Bank. 

Mendagri berharap instansi pemerintah, baik di pusat dan daerah, segera menyiapkan alat “card reader”, sehingga pada 2014 nanti dapat diimplementasikan penggunakan KTP elektronik secara terintegrasi.  Dalam surat edaran tersebut tertulis, “Apabila masih terdapat unit kerja atau badan usaha yang memberikan pelayanan tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena akan sangat merugikan masyarakat khususnya pemilik e-KTP”.

Semua unit kerja/badan usaha yang memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah memiliki ‘card reader’ paling lambat akhir tahun 2013, dengan alasan KTP nonelektronik terhitung sejak 1 Januari 2014 tidak berlaku lagi di wilayah hukum Indonesia” demikian bunyi surat tersebut. Kita sebagai warga negara tinggal menunggu implementasi dari pemerintah dan dapat dijadikan sebagai Single Identity untuk segala administrasi.

Card Reader Pembaca e-KTP Akan Diproduksi Masal
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon