ads

Kelebihan Kamera Smartphone Dibandingkan SLR

Kamis, 30 Mei 2013

Anda belum punya kamera SLR (Single Lens Reflex) ? Tapi sudah memiliki smartphone dengan kualitas kamera yang lumayan bagus bukan?. Tenang saja walaupun anda menggunakan kamera smartphone tapi anda bisa menghasilkan hasil jepretan yang mengagumkan yang hampir setara dengan kamera SLR. 


Kualitas foto smartphone vs SLR pastinya akan berbeda karena prosesornya juga berbeda.Tetapi kamera smartphone saat sekarang memiliki kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan kamera SLR.  Berikut kelebihan kamera smartphone dibandingkan dengan SLR :
  1. Memiliki kamera smartphone itu lebih murah bila dibandingkan dengan kamera SLR. Karena dengan harga yang sama anda bisa mendapatkan smartphone dan kamera keren. 
  2. Kamera smartphone penggunaannya juga lebih mudah dibanding kamera SLR. 
  3. Lebih praktis saat akan digunakan untuk sharing dengan teman-teman yang lain jika anda menggunakan kamera smartphone. 
  4. Dengan kamera smartphone anda bisa lebih leluasa mengabadikan momen dengan spontan tanpa harus ribet. 
Untuk menghasilkan foto yang terbaik sebaiknya anda harus memperhatikan beberapa hal dalam pengambilan gambar/foto. Berikut Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto : 
  1. Pendekatan dekoratif yaitu foto yang anda ambil layaknya membuat laporan yang gunanya untuk melengkapi sebuah cerita. 
  2. Pendekatan artistik. Pendekatan ini yang paling penting, yang termasuk dalam pendekatan artistik dalam pengambilan foto adalah : 
  • Dalam membuat komposisi foto, anda harus perhatikan Rule of Thirds. Dimana anda membagi foto ke dalam tiga bagian yakni garis, vertikal & horizontal. 
  • Anda harus menaruh objek foto di tengah frame, pastikan komposisinya pas mengikuti Rule of Center.Jadikan jarak objek anda berada di tengah frame seimbang antara jarak atas-bawah-kanan-kiri dari objek tersebut. 
  • Elemen lain yg harus diperhatikan dalam fotografi adalah lighting atau pencahayaan. Penting sekali anda memahami pengaturan cahaya supaya hasil foto yang anda hasilkan semakin keren. Untuk lighting dengan cahaya matahari, perhatikan Golden Time, yaitu jam 6-10 siang atau 4-6 sore untuk hasil foto maksimal. Saat Golden Time tersebut cahaya matahari lagi bagus-bagusnya. Jadi tidak terlalu terang, dan tidak terlalu gelap. 
  • Anda juga bisa menambahkan teknik lighting saat editing foto, yang harus kamu perhatikan adalah koreksi saturasi, kontras dan masking foto anda saat edit lighting foto. Untuk pengambilan gambar yang fokus anda harus steady, melakukan touch focus sebelum pengambilan foto dan mengaktifkan anti-shake. 
  • Komposisi foto yang 'nyeleneh' atau tidak sengaja juga bisa jadi foto yang bagus asal anda memperhatikan estetika gambar juga. Misalnya anda mau menaruh objek foto ditengah, pastikan ada objek yang framing objek utama anda.Kalau anda mau foto gedung tinggi, cobain fotonya dengan black and white. Hasil fotonya akan jadi lebih dramatis lho. 
Selamat mencoba tips ini ya mudah-mudahan anda berhasil jadi fotografer. Jika sudah bisa anda bisa beralih ke kamera SLR. Informasi ini diambil dari akun twitter @XL123

0 komentar:

Poskan Komentar test