ads

ID Byte Conference 2013, Kita Bisa Belajar Dan Sukses Seperti Mereka

Jumat, 14 Juni 2013
(Menteri Perdagangan Bpk Gita Wirjawan memberikan sambutan di IDByte Conference 2013)

Kemarin tanggal 13 Juni 2013, saya mengikuti acara IDByte Conference di Hotel The Ritz Carlton Pasific Place bersama dengan rekan blogger dari Bogor Harris Maulana dengan tiket gratis karena memenangkan lomba menulis “Andai Saya Juri Bubu Awards” yang diadakan oleh Beritasatu.com bekerjasama dengan IDByte beberapa waktu lalu. 
(Foto bareng dengan Harris Maulana, dan Galuh dari Beritasatu.com)

Saya tertarik mengikuti acara ini karena dihadiri oleh pakar-pakar teknologi tingkat Internasional perwakilan dari situs-situs yang sedang berjaya saat ini, seperti dari Google, Facebook, Twitter, Paypal, Rakuten, Evernote dan lain-lain. Acara ini sangat bergengsi karena dihadiri oleh para pakar teknologi, pencinta teknologi digital dan juga para startup dari Indonesia dan dunia. 
(Ibu Shinta sedang memberi sambutan) 
Acara ini dibuka dengan sambutan dari founder Bubu Ibu Shinta. Pemilik dan pemrakarsa Bubu Awards ini memang sangat getol dalam menjaring para startup dari Indonesia dan mempromosikan mereka menjadi terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Tema IDByte tahun ini Untuk itu Shinta memotivasi para pemula dengan ajang seperti ini. Selain itu Bubu juga memberikan penghargaan kepada instansi, individu atau startup dalam dunia digital. 

Acara kemudian dilanjutkan sambutan dari Menteri Perdagangan Bapak Gita Wirjawan. Pada kesempatan ini Bapak Gita Wirjawan mencontohkan ketenaran Agnes Mo nika dan Coboy Junior tidak hanya di dunia nyata tetapi juga di dunia maya, dimana mereka mampu menjadi artis terpopuler di twitter Indonesia. 
(Dave McClure dari 500.co)
Pembicara pertama menghadirkan Dave McClure founder 500 startups. Dalam kesempatan ini Dave memberikan tipsnya kepada peserta konferensi bagaimana mendirikan sebuah startup. Dalam mendirikan startup tidak hanya ide, tetapi harus ada tim dan yang pasti pendanaan, serta buat startup yang berbeda dengan yang sudah ada. 

Pembicara kedua menghadirkan Mark Kircshner VP Marketing Rakuten Worldwide. Menurut Mark, e-commerce di Indonesia berbeda dengan negara lain, karena Indonesia memiliki penduduk yang sangat banyak dan wilayah yang sangat luas. Ada beberapa lokasi seperti di Jakarta dengan tingkat kemacetan yang tinggi maka cara pengirimannya pun berbeda dengan memanfaatkan sepeda motor. 
(Troy Malone dari Evernote)
Acara dihentikan sejenak untuk makan siang. Setelah makan siang acara dilanjutkan dengan menghadirkan pembicara ketiga yaitu Troy Malone Head of APAC Evernote. Pada kesempatan ini Troy mengungkapkan bahwa Evernote berkembang pesat dan telah memiliki beberapa kantor di belahan penjuru dunia. Evernote sebagai aplikasi pencatat tulisan atau artikel di perangkat mobile. 
(Diskusi Panel Mengenai Mobile Advertising)
Setelah Troy Malone acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan praktisi telekomunikasi yang membahas mengenai Mobile Advertising. Pada diskusi panel ini menghadirkan Herwinto Chandra Sutantyo, Head of Mobile Advertising dari XL, Kevin Henry, Group Head Data and VAS dari Indosat dan Adrian Suherman, VP of Mobile Advertising dari Telkomsel. Pada kesempatan ini mengulas cara baru dalam periklanan yakni dengan yang namanya Mobile Advertising. Cara ini dirasa tepat sasaran karena programnya ditentukan ditempat tertentu dan menyasar segmentasi yang diinginkan oleh pengiklan. 

Diskusi panel kedua membahas tentang Venture Capital yang menghadirkan Amit Anand dari Jungle Venture, Suryanto Wijaya dari Corfina Group, Adrian Ligtenberg dari Ice House dan dimoderatori oleh Pieter Kemps dari Amazon Web Service. Pada kesempatan ini mengungkapkan kelebihan dari aplikasinya masing-masing. Dengan memberi motivasi kepada peserta konferensi membangun sebuah startup memerlukan dana. Banyak cara dalam menggalang dana untuk startup atau membuat aplikasi. Tapi tentunya startup atau aplikasi tersebut harus memiliki prospek yang cerah dan berbeda dengan yang sudah ada. 
(Dan Neary dari Facebook)
Setelah selesai diskusi panel acara dilanjutkan dengan pembicara keempat. Kali ini pembicara yang keempat adalah Dan Neary Head of APAC Facebook, sepertinya Dan Neary ini banyak ditunggu oleh peserta konferensi terbukti dengan mendapat sambutan yang meriah ketika dia tampil di panggung. Dan Neary mengungkapkan kelebihan dan tren pengguna facebook tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Pengguna aktif facebook saat ini adalah 1,1 Miliar pengguna, 750 juta orang menggunakan aplikasi mobile untuk membuka facebook bahkan membawa perangkat tersebut saat berada di kamar mandi. 
(Sandiaga Uno dari Indonesia Setara)
Pembicara kelima adalah Sandiaga Uno dari Indonesia Setara. Saya mengutip hal penting yang mungkin sangat bermakna buat saya dan mungkin juga anda. Moto kunci sukses Sandiaga Uno “ Kerja Keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas” jika anda menggunakan moto tersebut Insya Allah anda akan sukes. 

Setelah pembicara kelima acara ID Byte conference selesai, acara dilanjutkan setelah makan malam yaitu penyerahan BUBU Awards. Acara ini dibuka oleh Ibu Mari Elka Pangestu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 
(Suasana penyerahan BUBU Awards 2013)

Pada kesempatan ini BUBU Awards 2013 diserahkan kepada : 

Deal Pos sebagai Pemenang web kategori produk/pelanggan terbaik 
Cinema21 sebagai Pemenang web kategori hiburan terbaik 
Unilever Indonesia sebagai Pemenang web kategori perusahaan terbaik 
Satu Layanan sebagai Pemenang web kategori pemerintahan terbaik 
Rumah Belajar sebagai Pemenang web kategori seni, budaya dan pendidikan terbaik 
Kokiku sebagai Pemenang kategori web kategori jalan-jalan dan wisata terbaik 
Tiket sebagai Pemenang web kategori e-commerce terbaik 

Sedangkan untuk pemenang penghargaan Aplikasi terbaik BUBU Awards 2013 diberikan kepada : 

Java Jazz pemenang kategori hiburan terbaik 
Pic Mix pemenang kategori media sosial terbaik 
Flow The Cloud pemenang kategori game terbaik 
Shop E-Commerce Asistant pemenang kategori utility terbaik 
Hasnul Suhaimi dari XL pemenang kategori Pemimpin Bisnis Digital terbaik 
William Wongso pemenang kategori Orang yang paling berpengaruh di dunia digital 
Annis Baswedan dari Pengajar Muda pemenang kategori Pemimpin Komunitas Digital terbaik 
Sedangkan penghargaan khusus dari Intel diberikan kepada Digital Mommie sebagai pemenang kategori pendidikan dan Sparkins sebagai pemenang kategori kesehatan. 

Itulah data semua pemenang BUBU Awards 2013. Dengan ajang IDByte Conference dan BUBU Awards ini semakin memacu anak bangsa untuk terus berinovasi dan berkompetisi di era digital ini. Saya yakin anak-anak muda bangsa ini bisa belajar dan sukses seperti mereka (perusahaan digital dunia) tetapi tentunya dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

(Penyerahan hadiah BlackBerry Z10 kepada Kang Harris Maulana) 
Di acara ini ada lomba twit dengan hastag #IDByteBlackberry dengan hadiah 2 buah BlackBerry Z10, tapi sayang saya tidak berhasil padahal sudah saya kerahkan segala daya upaya saya dan sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh panitia hanya kalah dengan kang Harris Maulana dari segi kuantitas tetapi mungkin panitia punya penilaian yang berbeda. Padahal twit saya diisi dengan twitpic dan teks yang tidak kalah menarik dengan yang lain. 

Kang Harris Maulana saja yang notabenenya twitnya paling banyak berada di peringkat kelima dari daftar yang dibacakan MC tapi untungnya pemenang ke-1 tidak berhasil menunjukkan smartphone BlackBerry, peringkat ke-2 dan ke-4 tidak ada jadi Kang Harris lah pemenangnya. Selamat buat Kang Harris Maulana atas hadiah smartphone BlackBerry Z10.

0 komentar:

Poskan Komentar test