ads

Tips Membuat Password Yang Kuat Dan Aman

Senin, 10 Juni 2013

Membuat password yang kuat sebenarnya tidak terlalu sulit, tinggal perpaduan antara huruf dan angka saja sudah kuat, tetapi password kuat belum tentu aman, karena mungkin bisa ditebak oleh teman atau orang lain yang mengenal anda. Bisa juga digunakan oleh orang yang lain karena anda pernah menggunakan username dan password yang sama di situs, blog atau jejaring sosial.


Selain itu untuk mengamankan password agar tidak dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, sebaiknya anda mengetahui privasi dan tips keamanan yang ada di tempat anda menggunakan password. Hal ini dilakukan untuk menghindari orang lain masuk menggunakan password anda. 


Berikut tips membuat password yang kuat dan aman

  1. Membuat kata sandi yang sulit ditebak. "Password." "123456" atau “qwertyuiop” atau yang satu baris di keyboard tanggal lahir sering digunakan oleh banyak pengguna. Padahal password ini sangat mudah ditebak dan rentan digunakan oleh banyak orang. Buatlah password yang rumit dan orang lain tidak bisa menebaknya. Perpaduan huruf dan angka atau karakter biasanya akan membuat orang lain sulit untuk menebaknya. 
  2. Gunakan password yang berbeda untuk setiap layanan penting. Pastikan Anda memiliki password yang berbeda untuk setiap akun online penting yang Anda miliki. Orang jahat akan mencuri username dan password dari satu situs atau jejaring sosial, dan kemudian menggunakannya untuk mencoba untuk login ke banyak situs lain di mana Anda kemungkinan memiliki akun. 
  3. Jangan Memberikan Password kepada orang lain. Ini sangat penting karena banyak sekali yang karena kedekatan hubungan, akhirnya memberikan username dan password kepada orang yang memiliki hubungan dekat tersebut. Tapi ketika ada satu masalah mereka biasanya akan menggunakan password tersebut untuk hal-hal yang negatif. 
  4. Simpan sandi Anda di tempat yang aman. Menurut Penelitian menunjukkan bahwa mereka khawatir terlalu banyak password malahan akan menyulitkan si pengguna untuk menghafal password tersebut. Tapi jangan khawatir jika Anda telah membuat begitu banyak password yang sulit untuk mengingatnya, buatlah daftar dan menuliskannya. Tapi pastikan Anda menyimpan daftar tersebut di tempat yang aman, di mana data tersebut tidak akan hilang atau orang lain akan menemukannya. Jika Anda lebih memilih untuk mengelola password Anda secara digital, password manager terpercaya mungkin menjadi pilihan yang baik. Web Browser Chrome dan banyak web browser lainnya memiliki manajer password secara gratis. 
  5. Menetapkan opsi pemulihan. Anda mungkin pernah lupa dengan password Anda? Nah sebaiknya anda mengatur opsi pemulihan, seperti alamat email alternatif atau nomor telepon, yang akan membantu memberikan mengingat kembali agar password tersebut bisa digunakan kembali. Memiliki telepon pemulihan up-to-date atau alamat email adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda bisa kembali ke akun Anda dengan cepat jika ada permasalahan. 
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat.

1 komentar on Tips Membuat Password Yang Kuat Dan Aman

  1. tapi menurunt saya yg lebih efektif untuk psword adalah perpaduan angka dengan huruf, dijamin pasti kuat and tidak mudah tuk dibobol

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam