ads

Trojan Android Terbaru Hampir Mustahil Untuk Dimusnahkan

Minggu, 09 Juni 2013

Tim TI (Teknologi Informasi) perusahaan keamanan Kaspersky mengklaim telah menemukan trojan Android "paling canggih". Sebelum melangkah lebih jauh sedikit penjelasan mengenai Torjan. Trojan adalah istilah untuk Trojan Horse atau Kuda Troya yang didefinisikan sebagai sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. 


Trojan yang dimaksud oleh Kaspersky adalah "Backdoor.AndroidOS.Obad.a," yang dapat mengirim SMS ke nomor Premium, download malware lain dan menginstalnya pada perangkat yang terinfeksi, serta mengirim malware ke perangkat lain melalui Bluetooth, dan remote melakukan perintah di konsol. 


Obad juga sangat baik persembunyiannya, dengan cara membingungkan kode, dan menggunakan beberapa lubang keamanan yang sebelumnya tidak tercatat dalam sistem operasi Android untuk membuatnya sangat sulit untuk dianalisa. Setelah trojan berjalan di perangkat, maka dengan cepat trojan tersebut mendapatkan hak Perangkat Administrator. Kemudian merusak sistem yang ada perangkat Android tersebut. 

"Salah satu fitur dari Trojan ini adalah bahwa aplikasi berbahaya tersebut tidak dapat dihapus setelah memperoleh hak administratornya dengan memanfaatkan kerentanan Android yang sebelumnya tidak diketahui, tetapi bukan dari daftar sebuah aplikasi dengan hak perangkat administrator. " kata Ahli Lab Kaspersky Roman Unuchek. 

Perwakilan Kaspersky mengatakan mereka telah memberitahu Google tentang kerentanan tersebut. Tapi satu berita baik tentang trojan ini adalah bahwa trojan ini  tidak menyebar terlalu luas. Hanya mencapai tidak lebih dari 0,15% dari semua upaya infeksi malware di perangkat Android.

0 komentar:

Poskan Komentar test