ads

Hati-hati Kartu SIM Anda Dapat Dihack Dalam Waktu 2 Menit

Senin, 22 Juli 2013

Setiap ponsel yang digunakan pasti membutuhkan kartu SIM (Subscriber Identity Module), kartu SIM digunakan untuk mengaktifkan ponsel agar bisa digunakan untuk menelepon, mengirim SMS atau mengakses internet. Tapi tahukah bahwa kartu SIM yang anda gunakan ternyata bisa juga dihack atau dibajak oleh orang lain dengan waktu kurang dari 2 menit. 


Demikian diungkapkan Karsten Nohl dari Security Research Labs yang menemukan celah sehingga pembajak dapat mengetahui enkripsi panggilan GSM beberapa tahun yang lalu. Serta dapat mengirim beberapa pesan SMS dari kartu SIM yang dimiliki. Tidak hanya itu bahkan data yang tersimpan di kartu SIM bisa diketahui oleh pembajak. 


Nohl menjelaskan bahwa sekitar seperempat dari kasus ini, atau sekitar 750 juta pengguna ponsel rentan terhadap serangan ini, karena masih banyak operator seluler yang mempertahankan SIM dengan metode keamanan DES (Data Encryption Standard). 

Nohl dan tim Security Research Labs telah membagikan hasil penelitiannya selama dua tahun tersebut kepada GSM Association, sebuah kelompok dagang yang mewakiliki industri ponsel internasional atau global. Nohl juga berencana mempresentasikan temuannya dalam konferensi Black Hat di Las Vegas Amerika Serikat, pada bulan Agustus mendatang. Nah sekarang berhati-hatilah dengan kartu SIM Anda,  sebaiknya jangan menyimpan informasi penting seperti username dan password, PIN ATM atau kartu kredit di kartu SIM Anda. 

0 komentar:

Poskan Komentar test