ads

Inilah Fitur Terbaru Android Jelly Bean 4.3

Sabtu, 27 Juli 2013
Google baru saja mengumumkan secara resmi kehadiran sistem operasi Android terbaru yakni Android Jelly Bean 4.3. Android terbaru ini mengusung sejumlah penambahan fitur dengan beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan sistem operasi Android sebelumnya yang lebih memanjakan penggunanya. 


Android Jelly Bean terbaru ini menawarkan sistem keamanan yang lebih baik, user interface lebih menarik, hingga pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan, dan menjadi daya tarik utama Android Jelly Bean 4.3. 


Berikut fitur terbaru Android Jelly Bean 4.3

  1. Multiple User. Fitur ini sebenarnya sudah ada di Android 4.2.2 hanya saja penggunanya harus menginstal aplikasi tambahan seperti SwitchMe tapi di Android Jelly Bean 4.3 ini kemampuan multiple user sudah mendapatkan improvisasi, kini pengguna dapat membatasi profil user tertentu dalam mengakses aplikasi. Kelebihannya pada fitur multiple user kali ini setiap profil user akan memiliki lokasi penyimpanannya tersendiri sehingga dapat menampung konfigurasi home screen, widget, hingga setingan pribadi penggunanya. Dengan hadirnya kemampuan multiple user ini, pengguna yang sering berbagi penggunaan smartphone atau tablet miliknya dengan orang lain atau siapa saja, akan terhindar dari kemungkinan yang tidak diinginkan. Seperti misalnya transaksi belanja online yang secara tak sengaja terakses oleh anak atau teman.
  2. OpenGL ES 3.0. Fitur lain yang hadir pada Android 4.3 adalah penyematan OpenGL ES 3.0. Dengan kehadiran OpenGL ES 3.0 sangat erat kaitannya dengan tampilan grafis yang lebih mumpuni. Tentunya OpenGL ES 3.0 erat kaitannya dengan game-game terbaru yang sudah menggunakan grafis tingkat tinggi yang akan hadir ke depannya. Dengan hadirnya OpenGL ES 3.0, Android Jelly Bean 4.3 diklaim akan memberikan keleluasaan bagi pengembang game untuk menghadirkan game terbaru dengan tampilan grafis yang lebih baik lagi. Namun tentunya harus menggunakan chip grafis yang mendukung penggunaan OpenGL ES 3.0 agar pengguna dapat merasakan kelebihan dari grafis yang ditawarkan tersebut. 
  3. Bluetooth Smart Ready. Teknologi Bluetooth kini semakin canggih di Android Jelly Bean 4.3. Pasalnya di Android 4.3. Google menghadirkan kemampuan bluetooth yang disebut dengan Bluetooth Smart Ready. Kemampuan ini memfungsikan Bluetooth layaknya sebuah sensor seperti untuk mengecek detak jantung. Hal tersebut dimungkinkan karena API (Appplication Programing Interface) pada Android Jelly Bean 4.3 telah mendukung Bluetooth Generic Attribute Profile (GATT) services. Dengan memanfaatkan API tersebut, developer (pengembang) dapat menghadirkan aplikasi yang unik dan juga bermanfaat. 
  4. Data Notification Access. Notifikasi (pemberitahuan) yang kerap tampil pada bagian atas perangkat Android juga mendapatkan perubahan. Fitur baru di Android 4.3 mungkin akan lebih dirasakan oleh developer (pengembang). Kini developer memiliki kesempatan untuk mengetahui notifikasi yang didapatkan oleh penggunanya. Keuntungan dari kemampuan ini adalah developer (pengembang) dapat dengan mudah menawarkan aplikasi yang sesuai kebutuhan pengguna berdasarkan data notifikasi yang diterima oleh pengguna aplikasi tersebut. Hal ini membuka era baru tentang aplikasi pintar yakni dengan dapat mengetahui kebiasaan penggunanya. 
  5. Digital Rights Management (DRM).  DRM pada Android Jelly Bean 4.3 akan semakin canggih. Google menambahkan DRM APIs yang memudahkan perusahaan media menampilkan kontennya. Misalnya streaming video dengan definisi tinggi akan lebih mudah dilakukan. Dengan kata lain, modular DRM framework terbaru yang disematkan Google pada Android Jelly Bean 4.3 memungkinkan para developer lebih mudah mengintegrasikan DRM ke dalam masing-masing protokol streaming miliknya misalnya MPEG Dynamic Adaptive Streaming over HTTP (DASH). Bagaimana canggih bukan?. Bagi anda pemilik Android tertentu yang sudah menggunakan versi 4.0 atau lebih baru bisa mengupdate Android Jelly Bean 4.3 tersebut. 

0 komentar:

Poskan Komentar test