ads

Seribu Pesona Di Kepulauan Seribu

Kamis, 11 Juli 2013
(Foto Pulau Tidung diambil dari Pulautidung.my.id) 
Mendengar kata Pulau Seribu pasti Anda akan teringat gugusan pulau-pulau kecil disebelah utara Kota Jakarta. Keindahan pulau-pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi tidak hanya oleh wisatawan lokal, tetapi oleh wisatawan mancanegara. Beberapa pulau di kepulauan Seribu bahkan sudah memiliki fasilitas yang memadai sebagai tempat wisata Internasional. 

Dari gugusan kepulauan Seribu, ada beberapa pulau yang sudah dikenal oleh masyarakat, seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Pari dan Pulau Sepa. Pulau Tidung sendiri dapat ditempuh hanya 2,5 jam perjalanan dari Muara Angke Jakarta menggunakan kapal Feri, sedangkan dengan kapal cepat hanya 1,5 jam saja.

Pulau Tidung banyak menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara karena selain pantainya yang indah dengan ciri khas dermaga kayu panjangnya, juga memiliki pesona bawah laut yang sangat indah, terumbu karang dan ikannya sangat menakjubkan sehingga lokasi sekitar Pulau Tidung ini sangat cocok untuk kegiatan norkling, diving, dan memancing. 

Selain keindahan pantai dan bawah laut Pulau Tidung, di sekitar pulau tersebut juga yakni Pulau Pramuka juga memiliki keunikan tersendiri karena di pulau ini ada budidaya ikan kerapu, serta anda dapat mengunjungi penangkaran penyu sisik dan ikan hiu. Serta anda juga bisa belajar secara langsung menanam pohon bakau atau Mangrove di sekitar pantai tersebut. 

Anda juga bisa mengunjungi nusa keramba atau resto apung yang menyediakan jajanan kuliner langsung di Pulau Karya di sekitar Pulau Tidung. Benar-benar wisata alam yang sangat menyenangkan, menikmati perpaduan wisata alam, wisata bawah laut, dan wisata kuliner. 

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam kepulauan Seribu ini, anda bisa bermalam di penginapan dengan fasilitas yang memadai. Disini juga anda akan dapat menikmati keindahan pulau Tidung dengan mengelilingi pantai mengendarai sepeda, serta menikmati sunset dan sunrise. 

Bagi penggemar snorkling, disini juga disediakan peralatan untuk snorkling lengkap dengan rompi pelampung, kaki katak dan tentu kapal snorklingnya. Tapi perlu diingat bahwa untuk bisa snorkling, sebaiknya anda berlatih terlebih dahulu, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Sebenarnya masih banyak pulau-pulau lain yang ada di kepulauan Seribu yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Untuk membangkitkan kembali pariwisata di tanah air khususnya Jakarta, memang sangat penting peranan pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk blogger untuk mempromosikan obyek wisata, atraksi seni dan budaya, adat istiadat yang dimiliki oleh tiap-tiap daerah yang ada di seluruh Indonesia afar diketahui oleh masyarakat dunia. 

Karena manfaat dari pariwisata ini bisa dinikmati oleh penduduk yang ada di sekitarnya, misalnya dengan menyediakan atraksi seni dan budaya, pengunjung akan kembali dan mengajak temannya datang lagi, menjual aksesoris dan oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Serta menyediakan layanan jasa lainnya seperti penginapan, sewa peralatan menyelam, dan lain sebagainya. Serta dinikmati oleh berbagai pihak misalnya jasa penginapan, transportasi, penerbangan dan juga mendapatkan income bagi pemerintah.

Saya sebenarnya ingin sekali menikmati keindahan kepulauan Seribu. Ini tidak lain karena mendengar cerita dan membacar tulisan rekan-rekan blogger yang sudah lebih dahulu pergi ke Kepulauan Seribu sambil memamerkan foto-foto terbaiknya di blog. Mudah-mudahan saya bisa mengunjungi ke Kepulauan Seribu di waktu yang akan datang.



4 komentar for Seribu Pesona Di Kepulauan Seribu:

  1. sangat indah sekali ya sob one thousend islands hehehe

    BalasHapus
  2. pulau yang sangat indah,,kapan ya bisa kesana

    BalasHapus
  3. mantap kali gan pulaunya,,saya suka

    BalasHapus
  4. indonesia memang menyimpan banyak tempat - tempat yang indah untuk kita berwisata,,

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam