ads

Tips Cara Aman Belanja Online

Kamis, 11 Juli 2013

Sekarang membeli barang sangat mudah, selain karena banyak toko-toko di sekitar kita juga ada banyak toko online. Anda tidak harus susah-susah pergi ke luar rumah, cukup ketik-ketik di depan laptop atau komputer yang terakses internet di dalam rumah, transfer dengan internet banking atau SMS Banking, dan tidak berapa lama barang yang dipesan pun datang.


Tapi banyak pula masyarakat yang masih ragu dengan kebenaran dari toko online. Karena ada beberapa orang yang pernah tertipu setelah membeli barang di toko online, uangnya sudah ditransfer, tetapi barangnya tidak kunjung datang. 


Pada bulan Ramadan ini mungkin diantara anda yang enggan datang ke toko atau mall untuk membeli barang seperti barang elektronik, smartphone, tablet, kamera, laptop, peralatan rumah tangga, alat kesehatan/kecantikan, mainan, tas, aksesori, dan pakaian secara langsung. Selain takut batal puasanya karena haus dan lapar, juga karena riskan membawa barang belanjaan. 

Nah jika anda mengalami hal seperti ini ada baiknya anda berbelanja secara online. Anda cukup melakukan aktivitas belanja dari rumah atau dimana saja. Tapi belanja online juga pasti mengandung resiko seperti tertipu atau barang tidak sesuai harapan. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda membaca tips aman belanja online. 

Berikut tips cara aman belanja online

  1. Cari toko online yang terpercaya. Sebelum memutuskan bertransaksi, ada baiknya anda melihat “review” atau “reward” yang diberikan pelanggan atau teman tentang toko online yang akan anda beli barangnya. Anda bisa menanyakan kepada teman anda melalui jejaring sosial facebook atau twitter. Apakah bagus atau tidak toko online tersebut, lalu barang yang dikirim tepat waktu dan sesuai pesanan atau tidak. Toko online terpercaya yang direkomendasikan menurut penulis adalah Lazada
  2. Bandingkan Harganya. Jika anda sudah yakin dengan barang yang anda beli, sebaiknya anda studi banding dengan toko online lainnya. Misalnya anda akan membeli tablet yang anda inginkan. Lihat dulu harga tablet di toko online yang lain apakah lebih murah atau tidak. Tapi awas jangan tertipu dengan toko online palsu yang memberikan harga jauh melebihi harga pasaran. 
  3. Baca kebijakan toko online tersebut. Baca dengan teliliti kebijakan toko online yang akan anda beli. Jangan sampai ada kebijakan yang merugikan salah satu pihak, termasuk perihal pengembalian barang yang rusak pada saat diterima oleh pembeli. 
  4. Cari tanda bahwa situs itu aman. Lihat dan cari bahwa situs toko online yang kita kunjungi aman dengan mencari tanda berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi Anda, dan periksa tanda itu ada. Pada saat Anda meminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke 'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih aman. 
  5. Lihat cara pembayaran dan biaya Kirim. Kadang ada orang yang tergiur dengan harga murah, tetapi tidak memperhatikan cara pembayaran dengan kartu kredit atau transfer. Sebaiknya anda berhati-hati saat menggunakan kartu kredit jangan sampai salah dan dimanfaatkan oleh orang lain. Selain itu Anda juga harus memperhitungkan ongkos kirim dan biaya transfer yang harus ditanggung. Juga biaya asuransi jika membeli barang elektronik atau barang pecah-belah. Usahakan berbelanja di toko yang rekening banknya sama dengan rekening kita. Sebab, transfer antar-bank biasanya dikenakan biaya tambahan. Jika sudah yakin dengan toko online tersebut silakan anda transfer atau bayar.
  6. Periksa paket barang kiriman. Setelah barang datang, ada baiknya anda periksa dulu apakah sesuai dengan yang tertera pada waktu pemesanan atau tidak, sebaiknya anda foto dulu kondisi lengkap barang tersebut. Jika tidak sesuai sebaiknya anda segera melapor ke toko online untuk meminta pengganti barang tersebut. 
  7. Simpan bukti transaksi. Setelah melakukan transaksi baik pada saat pemesanan, pembayaran dan barang datang, sebaiknya anda simpan bukti-bukti tersebut jika di kemudian hari ada permasalahan. 
  8. Gunakan PC/Laptop yang aman. Sebelum belanja online sebaiknya gunakan PC atau laptop yang aman atau sudah terinstal antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC atau laptop terlindung dari ancaman virus terbaru. 
  9. Sign Out dan Matikan PC. Setelah menggunakan laptop atau PC untuk transaksi online, jangan sampai lupa untuk sign out atau keluar dari situs toko online atau situs perbankan yang anda gunakan. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian matikan PC atau laptop anda arena biasanya ada malware yang sengaja ditanam untuk mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. 
Mudah-mudahan dengan tips ini anda akan merasa aman dalam membeli barang secara online.

1 komentar on Tips Cara Aman Belanja Online

  1. Selamat Pagi, Belanja di Lazada memang menyenangkan dan aman, saya berhasil membeli kamera untuk acara lebaran kemaren :D

    Mohon maaf apa bisa bantu isi kuesioner penelitian saya tentang belanja online, kuesioner diisi secara online disini http://goo.gl/TtxTqf

    Terima kasih banyak

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam