ads

5 Perusahaan Teknologi Terbesar Dunia Yang Dipimpin Oleh Perempuan

Minggu, 11 Agustus 2013
(Marissa Mayer sebagai CEO Yahoo!)
Pemimpin perusahaan teknologi mayoritas adalah pria. Hanya sekitar 5 persen saja dari perusahaan teknologi terbesar yang dikendalikan oleh kaum perempuan. Dari 500 CEO perusahaan teknologi terbesar kini jumlah CEO perempuan sudah bertambah menjadi 20 orang dari sebelumnya mayoritas dikuasai oleh kaum pria. 

Kehadiran CEO perempuan di perusahaan teknologi terbesar dunia yang paling dikenal adalah Marrisa Mayer. Tetapi sebenarnya ada beberapa perempuan lain yang menjadi CEO wanita yang mengendalikan perusahaan teknologi terbesar dunia. 


Berikut daftar 5 CEO wanita yang mengendalikan perusahaan teknologi terbesar dunia
  1. Ursula Burns. Dia menjadi Ibu pimpinan dan CEO dari perusahaan Xerox. Pada tahun 2009, ia menjadi orang Afrika-Amerika yang menjadi CEO wanita yang memimpin sebuah perusahaan yang termasuk dalam Fortune 500. Pada usia 29 tahun ia bergabung dengan Xerox sebagai pegawai magang di bidang teknik mesin. Dia juga merupakan wanita pertama yang berhasil sebagai pimpinan sebuah perusahaan Fortune 500. Pada tahun 2009, Forbes memasukannya di peringkat ke- 14 wanita paling berpengaruh di dunia. Pada tahun 2010, Presiden Barack Obama menunjuk Ursula Burns sebagai Wakil Ketua Dewan Ekspor Presiden. 
  2. Virginia Rometty. Pimpinan dan CEO IBM, dia adalah perempuan pertama yang memimpin perusahaan tersebut. Dia bergabung dengan perusahaan pada tahun 1981 dan memegang posisi Senior Vice President dan Group Executive untuk Penjualan, Pemasaran, dan Strategi sebelum menjadi presiden dan CEO pada Januari 2012. Dia telah ditunjuk oleh majalah Fortune sebagai "50 Wanita Paling Berpengaruh dalam Bisnis" selama delapan tahun berturut-turut, peringkat pertama pada tahun 2012, dan ia menduduki peringkat ke-15 di majalah Forbes "Dunia 100 Wanita Paling Berpengaruh" pada tahun yang sama. Dia juga termasuk dalam daftar 50 Paling Berpengaruh dari Majalah Bloomberg Markets pada September 2012. Karirnya diawali setelah lulus pada tahun 1979, Rometty bekerja untuk General Motors Institute pada tahun 1981. Ia bergabung dengan IBM sebagai system engineer pada tahun 1991. Pada tanggal 25 Oktober 2011 IBM mengumumkan bahwa dia akan menjadi presiden dan CEO perusahaan berikutnya setelah Sam Palmisano mundur tetapi ia mempertahankan posisinya sebagai ketua. Penunjukan Rometty yang menandai pertama kalinya seorang wanita menjadi CEO IBM. Pada tanggal 26 September 2012 IBM mengumumkan bahwa Rometty mengambil peran tambahan sebagai pimpinan IBM menggantikan Samuel Palmisano yang pensiun. 
  3. Meg Whitman. Dia adalah presiden dan CEO Hewlett-Packard. Pada bulan Januari 2011 Whitman bergabung dengan dewan Hewlett-Packard direksi. Dia ditunjuk sebagai CEO pada tanggal 22 September 2011. Dia pun fokus pada divisi Penelitian & Pengembangan HP, keputusan besarnya selama satu tahun pertamanya sebagai CEO adalah dengan mempertahankan perusahaan untuk tetap di bisnis PC, yang berada di lereng kehancuran ketika ia bergabung dengan perusahaan tersebut. Dia menjabat sebagai eksekutif di The Walt Disney Company di mana dia adalah wakil presiden perencanaan strategis sepanjang tahun 1980. Pada 1990-an, ia menjabat sebagai eksekutif untuk DreamWorks, Procter & Gamble, dan Hasbro. Whitman menjabat sebagai presiden dan CEO eBay 1998-2008. 
  4. Debra Reed. Dia bergabung dengan perusahaan Sempra Energy pada tahun 1978, dan dia menjadi wanita pertama yang memimpin perusahaan 10 tahun kemudian. Sempra Energy memiliki dua bidang besar, Sempra Utilities, termasuk perusahaan gas Pacific Enterprise / Southern California dan San Diego Gas & Electric Sempra Energy yang mengembangkan infrastruktur energi, utilitas dan beroperasi menyediakan layanan lainnya. 
  5. Marissa Mayer. Pada tanggal 16 Juli 2012 lalu Mayer diangkat sebagai Presiden dan CEO Yahoo!. Dia juga merupakan anggota dewan direktur perusahaan. Pada Februari 2013, Mayer mengawasi personelnya dengan perubahan kebijakan utama di Yahoo!. Pada tanggal 20 Mei 2013, Mayer memimpin Yahoo untuk memperoleh Tumblr dalam akuisisi 1,1 miliar dolar. Pada 2013, Mayer berada di peringkat 32 dalam daftar Forbes sebagai 100 wanita paling berpengaruh. Dia adalah CEO Yahoo! pada usia 37, yang membuatnya CEO termuda dari sebuah perusahaan Fortune 500. Sebelumnya, dia adalah seorang eksekutif dan juru bicara utama Google. Mayer bergabung dengan Google pada tahun 1999. Selama 13 tahun di Google dia adalah seorang insinyur, desainer, manajer produk dan eksekutif. Dia juga mengawasi tata letak dari situs pencarian Google. 
Sumber

1 komentar on 5 Perusahaan Teknologi Terbesar Dunia Yang Dipimpin Oleh Perempuan

  1. keren banget mereka ya gan, nisa tidak ya kita seperti mereka, hehe

    http://acaratelevisindonesia.blogspot.com/

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam