ads

Discover The Wonderful of Indonesia

Rabu, 28 Agustus 2013
(Keajaiban Indoneisa diambil dari Indonesia.travel)

"Discover the wonderful of Indonesia" atau dalam Bahasa Indonesianya “Temukan Keajaiban Indonesia” menurut saya merupakan tagline untuk branding Indonesia yang paling tepat saat ini dengan mengungkapkan dan mendeskripsikan Indonesia dengan kata-kata yang singkat agar mudah diingat oleh orang.  Kita tidak ingin ketinggalan dengan Malaysia yang lebih berhasil mem-branding negaranya dengan “Truly ASIA” atau "ASIA Sesungguhnya".

Tagline “Temukan Keajaiban Indonesia” paling sesuai karena Indonesia memiliki berbagai keajaiban dan kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara lain di Asia Tenggara bahkan juga dunia. Keajaiban-keajaiban tersebut dapat menarik kunjungan wisata dari dalam dan luar negeri.

Keindahan alam Indonesia tidak bisa tertandingi oleh negara-negara lain di wilayah ASEAN, Asia bahkan juga dunia. Indonesia yang memiliki sekitar 17 ribuan pulau yang memiliki bermacam-macam obyek wisata alam dari pantai, dasar laut, danau, sungai, rawa, gunung, kawah gunung, air terjun, kebun raya, kawah panas bumi, pesawahan dan lain sebagainya. 

Selain keindahan alam Indonesia yang sangat luar biasa, Indonesia juga memiliki keajaiban dalam budayanya yang sangat luar biasa. Budaya Indonesia sangat bervariasi mulai dari rumah adat, tarian adat, lagu daerah, peralatan musik, seni gambar, seni patung, seni suara, seni sastra, pakaian adat, baju pengantin, makanan khas, kerajinan, tradisi dan upacara adatnya, hingga tradisi yang unik dan menarik tidak ada di negara lain dan hanya dimiliki oleh Indonesia. 

Indonesia juga memiliki keajaiban lain yang tidak dimiliki oleh negara lain sebagai bentuk hasil mahakarya para leluhur bangsa Indonesia, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, serta Candi-candi lain yang tersebar di wilayah Indonesia. Selain itu ada beberapa bangunan bersejarah lainnya seperti Masjid agung Demak, Kudus, Cirebon dan lain sebagainya yang merupakan penggabungan seni dan budaya dengan negara lain. 

Keajaiban Indonesia yang lain adalah Indonesia memiliki bangunan bersejarah dalam rangka merebut kemerdekaan Indonesia. Banyak museum-museum yang dibangun karena dianggap bersejarah sebagai bekas tempat-tempat perjanjian dengan Belanda, Jepang, dan negara-negara sekutu lainnya dan tidak dimiliki oleh negara lain. Selain itu banyak pula museum yang berisi hal-hal yang unik dan menarik seperti museum kereta api di Ambarawa, museum pos di Bandung dan lain sebagainya. 

Indonesia juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang tidak dimiliki oleh negara manapun di dunia. Indonesia memiliki hewan langka Komodo yang penyebarannya hanya ada di Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur, tidak ada di negara lain. Begitu juga dengan badak bercula satu yang habitatnya ada di Ujung Kulon. Burung cendrawasih yang hanya ada di hutan Papua. Serta keindahan flora atau tanam-tanaman langka seperti Bunga Bangkai yang hanya tumbuh di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia dan tidak dimiliki oleh negara-negara lain. 

Kini Indonesia pun berbenah dengan membuat tempat penginapan, pusat belanja, pusat kebugaran, pusat olahraga, pusat rekreasi atau hiburan untuk memanjakan wisatawan lokal dan mancanegara agar datang ke Indonesia dan tidak kalah dengan negara lain di ASEAN atau dunia. 

Oleh sebab itu tagline dan brand untuk Indonesia “Discover The Wonderful of Indonesia” sudah sangat tepat, tinggal pemerintah dan masyarakat Indonesianya yang harus berbenah. Pemerintah menyediakan fasilitas dan sarana transportasi untuk memudahkan pengunjung dari dalam dan luar negeri. Selain itu promosi wisata di luar negeri harus gencar seperti negera lain. 

Sedangkan untuk masyarakat Indonesia ciptakan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Wujudkan kembali masyarakat Indonesia yang ramah, murah senyum, sopan, dan berperilaku baik kepada siapapun agar semakin banyak wisatawan yang datang ke Indonesia. 

0 komentar:

Poskan Komentar test