ads

Laos Harus Melepas Isolasi dan Membuka Diri

Sabtu, 31 Agustus 2013

Laos adalah salah satu negara ASEAN yang mempunyai karakteristik unik, karena Laos merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang tidak memiliki pesisir pantai dan laut. Oleh sebab itu Laos memposisikan diri sebagai negara daratan. Laos baru bergabung dengan ASEAN sejak 1997 dan baru membuka diri seluasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. 

Negara Laos belum banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan ASEAN, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya seperti Myanmar, Vietnam dan Thailand. Laos hanya mempunyai satu partai politik yaitu Partai Revolusioner Rakyat Laos (LPRP). Negara ini dikepalai oleh seorang presiden dan kepala pemerintahan seorang Perdana Menteri.

Seandainya saya negara menjabat sebagai Kepala Pemerintahan Laos, saya harus mengubah diri dari mengisolasi menjadi membuka diri. Menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara ASEAN dan bukan negara komunis di dunia sangat penting. Ini tidak lain semata-mata ikut serta dalam perdamaian dunia dan mewujudkan visi ASEAN 2015 sebagai komunitas tunggal. 

Laos harus menjalin hubungan kerjasama dengan semua negara ASEAN dan mencari solusi permasalahan yang dihadapinya. Terutama kebebasan para warganya dalam perjuangan kebebasan mengeluarkan pendapat melalui tulisan di internet karena pemerintahnya memfilter informasi yang ditulis warganya di jaringan internet. Sedangkan masyarakat ASEAN yang lain sudah bisa menikmati akses internet dan kebebasan mengeluarkan pendapat di media sosial atau internet. 

Kerjasama dalam bidang perekonomian dengan melakukan perdagangan oleh negara Laos untuk kesejahteraan rakyat dan negaranya. Laos jangan hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri lalu digunakan untuk negaranya sendiri, tetapi Laos harus bekerjasama dengan negara lain dalam kegiatan ekspor dan impor terutama dari negara-negara ASEAN untuk meningkatkan pendapatan negaranya. 

Laos juga harus bekerjasama dengan negara lain dalam bidang pendidikan dan budaya dengan mengadakan pertukaran pelajar atau memberikan bea siswa kepada anak sekolah atau mahasiswa dengan membiayai sekolah atau kuliahnya di negara lain di wilayah ASEAN. Laos juga bisa meniru sistem pembelajaran dari negara-negara ASEAN yang sudah maju sistem pendidikannya. Begitu juga dengan pertukaran budayanya. Dari Laos memperkenalkan budayanya ke negera lain dan budaya negara lain diperkenalkan kepada Laos agar saling mengenal dan memahami satu sama lain. 

Negara Laos juga harus bisa bekerjasama dengan negara lain dalam mempromosikan pariwisatanya. Seperti kita ketahui negara Laos juga mempunyai obyek wisata andalannya masing-masing. Semakin banyak menarik wisatawan dari mancanegara, semakin besar pula pendapatan yang diterima oleh rakyat dan negara tersebut. 

Kerjasama dengan negara lain juga perlu dilakukan oleh Laos terutama dalam bidang pertahanan dan keamanan. Keamanan di wilayah ASEAN ini sangat penting untuk terwujudnya visi ASEAN sebagai komunitas tunggal baik di bidang ekonomi dan politik. Sehingga wilayah ASEAN selalu aman dan damai, tidak ada konfrontasi dan intervensi dari negara ASEAN lainnya. 

Dengan demikian, jika saja Laos membuka diri maka diharapkan Laos akan bisa berpartisipasi dan memperkenalkan dirinya kepada negara-negara lain di wilayah ASEAN bahkan juga dunia. Sehingga akan tercipta kondisi keamanan yang kondusif di wilayah ASEAN dan bisa menjadi contoh dari wilayah-wilayah lain yang sering terjadi konflik.

0 komentar:

Poskan Komentar test